https://ejournal.unib.ac.id/abdipaud/issue/feed Jurnal ABDI PAUD 2024-01-23T17:00:23+00:00 Zahratul Qalbi zahratulqalbi@unib.ac.id Open Journal Systems <p align="justify">Journal Title :<strong> ABDI PAUD</strong></p> <p align="justify">ISSN Online :<strong> <a href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/1610947796" target="_blank" rel="noopener">2775-7366</a></strong></p> <p align="justify">ISSN Cetak : <a href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/1614055827" target="_blank" rel="noopener"><strong>2775-569X</strong></a></p> <p align="justify">Frequency <strong> : Juny and Desember</strong></p> https://ejournal.unib.ac.id/abdipaud/article/view/32175 PENYULUHAN TENTANG PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS (HIGH ORDER THINKING SKILLS) 2023-12-31T06:02:28+00:00 Rafhi Febryan Putera zahratulqalbi@unib.ac.id Delrefi zahratulqalbi@unib.ac.id Zahratul Qalbi zahratulqalbi@unib.ac.id Wembrayarli zahratulqalbi@unib.ac.id <p>Mitra pada kegiatan pengabdian ini adalah Guru Taman Kanak-Kanak di Kota Padang dan <br />Mahasiswa Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Permasalahan pada saat ini adalah pemerintah <br />mengharapkan para peserta didik mencapai berbagai kompetensi dengan penerapan HOTS atau <br />Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Solusi yang ditawarkan adalah memberikan penyuluhan kepada<br />mahasiswa dan guru-guru Taman kanak-kanak tentang pentingnya pembelajaran berbasi HOTS (High <br />Order Thinking Skills) pada abad ke-21 untuk diterapkan di sekolah. Kegiatan ini diberikan kepada guru <br />dan mahasiswa sebanyak 52 orang. Kegiatan dilaksanakan pada hari Senin tanggal 5 Juni 2023. Target <br />luaran dari kegiatan ini adalah berita di media massa dan video kegiatan yang di upload di youtube. <br />Pembelajaran yang diterapkan pada kurikulum 2013 edisi revisi menuntut siswa untuk dapat cakap <br />berpikir tingkat tinggi (High Order Thingking). Sistem pembelajaran dirancang sesuai dengan tuntutan <br />abad ke-21 menekankan bahwa kompetensi pada abad ke-21 berbasis pada 4C meliputi Berpikir Kritis <br />(critical thingking), kerjasama (collaboration), komunikasi (communication), dan kreativitas (creativity).</p> 2023-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Zahratul Qalbi, Delrefi https://ejournal.unib.ac.id/abdipaud/article/view/31981 IMPLEMENTASI “TILAWATI TAJWID” BUKU TILAWATI TAJWID METODE DRILLING BERBASIS MOBILE APPS DI TPQ ABDUL AZIZ 2023-12-22T13:42:53+00:00 Ananda Regita Romadhona romadhonaregita09@gmail.com Nuri Aisyah Aneka Sari nuriaisyah899@gmail.com Arizqa Diani Sabillah arizqa.diani01@gmail.com Mahda Alvianita rmahdaalfianita232@gmail.com Ima Chusnul Chotimah imachus.stkipjb@gmail.com <p>Pembelajaran di Taman Pendidikan Quran (TPQ) menjadi wadah bagi anak-anak untuk mempelajari<br>ilmu agama islam dan menjadi pondasi pendidikan akhlaq budi pekerti bagi anak. Dalam pembelajaran<br>saat ini, sebagian besar menggunakan tilawati sebagai media ajar. Ilmu tajwid adalah suatu cabang<br>pengetahuan untuk mempelajari cara-cara membaca alquran dengan baik dan benar. Tujuan dari<br>implementasi “Tilawati Tajwid” ini adalah untuk meningkatkan wawasan anak serta guru di Taman<br>Pendidikan Quran (TPQ) dalam memahami materi tajwid dengan mudah menggunakan media IT berupa<br>mobile apps disertai metode drilling. Mitra dari kegiatan ini adalah guru dan murid di TPQ Abdul Aziz, Perak, Jombang. Hasil dari implemetasi “Tilawati Tajwid” disambut baik oleh guru dan juga anak-anak di<br>TPQ Abdul Aziz, yang mana selama kegiatan berlangsung guru dan anak-anak sangat antusias dan<br>bersemangat. Mereka sangat tertarik dengan “Tilawati Tajwid” secara keseluruhan sehingga membuat<br>proses pembelajaran menjadi asik dan juga materi menjadi lebih mudah dipahami. Harapannya “Tilawati<br>Tajwid” tidak hanya dipelajari di dalam pengajian saja tetapi juga dapat dipelajari dirumah karena disertai<br>dengan mobile apps yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja. Sehingga materi tajwid dapat tertanam<br>dengan baik dan membuat guru dan anak dapat membaca Al-Quran dengan baik dan benar menggunakan<br>ilmu tajwid yang tepat</p> 2023-12-22T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://ejournal.unib.ac.id/abdipaud/article/view/32130 PENDAMPINGAN GURU DALAM MEMBUAT MEDIA PAPAN FLANEL DI PAUD ST KAROLUS 2023-12-29T05:33:14+00:00 Adriani Tamo Ina Talu inatalu@gmail.com Maria Disriany Vista Banggur mariabanggur1@gmail.com <p>Permasalahan yang dihadapi oleh lembaga PAUD St Karolus adalah lembaga PAUD belum menggunakan media sesuai dengan tema/subtema pembelajaran dan belum nampak variasi penggunaan media dalam pembelajaran. Hal ini dipengaruhi oleh karena kurang tersedianya media pembelajaran. Situasi ini tentunya memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak yang dilayani. Anak tidak distimulasi dengan baik saat kegiatan pembelajaran sehingga aspek perkembangan anak tidak berkembang dengan optimal. Berhadapan dengan permasalahan yang dialami oleh pengelola dan guru di PAUD St Karolus, ada beberapa solusi yang ditawarkan. Diantaranya adalah (1) Pengelola dan guru di PAUD St Karolus didampingi dan diberi pemahaman melalui sosialisasi dan diskusi terkait penggunaan variasi media dalam pembelajaran. (2) Guru didampingi dan dilatih dalam membuat media papan flanel. (3) Guru didampingi dalam menggunakan media papan flanel saat pembelajaran. Metode yang digunakan dalam PKM ini adalah modifikasi dari metode-metode penelitian sosial, pendekatan kuantitatif dan kualitatif (<em>social research methods;qualitative and quantitative approaches</em>) yaitu mengikuti model IPOAI yaitu <em>identifying (</em>identifikasi<em>), planning (</em>perencanaan<em>), organizing (</em>pengorganisasian<em>), acting (</em>pelaksanaan<em>), impact (</em>dampak<em>)</em>. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PKM adalah (1) Guru memahami konsep media pembelajaran yang sesuai dengan tema atau subtema dalam pembelajaran. (2) Guru mampu membuat media papan flanel. (3) Guru mampu menggunakan media papan flanel dalam pembelajaran.</p> 2023-12-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://ejournal.unib.ac.id/abdipaud/article/view/32170 PELATIHAN PENGGUNAAN KOMPUTER DAN APLIKASI PAUDPEDIA BAGI GURU-GURU PAUD DI SPS LENTERA MERDEKA KECAMATAN WAE RI’I KABUPATEN MANGGARAI 2023-12-30T14:04:39+00:00 Maria Dissriany Vista Banggur mariadissrianyvistabanggur@unikastpaulus.ac.id Adriani Tamo Ina Talu mariadissrianyvistabanggur@unikastpaulus.ac.id <p>Permasalahan yang ditemukan adalah guru belum memiliki kemampuan untuk mengoperasikan <br>komputer dan memanfaatkan berbagai macam aplikasi salah satunya aplikasi PAUDPEDIA yang dapat <br>membantu guru dalam menyiapkan materi yang bisa mendukung proses pembelajaran di PAUD. <br>Berdasarkan hasil observasi dan wawancara bersama para guru di SPS Lentera Merdeka Kecamatan Wae <br>Ri’i Kabupaten Manggarai ditemukan bahwa terdapat 3 orang guru yang belum melek teknologi dan <br>belum mampu memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran khusunya dalam mengoperasikan <br>komputer dan memanfaatkan berbagai macam aplikasi yang dapat membantu guru dalam mendukung <br>proses pembelajaran di PAUD. Para guru belum memahami bagaimana cara untuk mengoperasikan <br>komputer khususnya dalam mendukung pencarian materi yang berkaitan dengan anak usia dini dan <br>penggunaan berbagai macam aplikasi yang dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran di <br>kelas dan mencari berbagai jenis main yang bisa diterapkan pada anak usia dini. Kegiatan PkM <br>(Pengabdian kepada Masyarakat) ini diberikan kepada para guru di SPS Lentera Merdeka Kecamatan <br>Wae Ri’i Kabupaten Manggarai. Metode yang digunakan adalah diskusi, ceramah, demonstrasi dan unjuk <br>kerja. Metode diskusi dipakai pada saat mendiskusikan tentang bagaimana cara penggunaan komputer dan <br>berbagai macam aplikasi. Metode ceramah digunakan pada saat pelaksanaan PkM menyampaikan materi <br>mengenai penggunaan komputer dan aplikasi PAUDPEDIA. Metode demonstrasi digunakan pada saat <br>pelaksana PkM memberikan contoh pengoperasian komputer dan penggunaan aplikasi PAUDPEDIA. <br>Sedangkan metode unjuk kerja digunakan pada saat praktik menggunakan komputer dan memanfaatkan <br>aplikasi PAUDPEDIA</p> 2023-12-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://ejournal.unib.ac.id/abdipaud/article/view/32191 SOSIALISASI PENERAPAKAN KURIKULUM MERDEKA BAGI GURU KESETARAAN DI SKB 2 SUNGAI TARAB 2023-12-31T15:39:57+00:00 Rafhi Febryan Putera rafhifebryan@fip.unp.ac.id M. Habibi rafhifebryan@fip.unp.ac.id <p>Kurikulum merdeka belajar sudah dilaksanakan di berbagai unit satuan pendidikan di Indonesia mulai dari<br>SD sampai SMA. Fakta di lapangan menyatakan bahwa belum semua pemangku kepentingan memahami <br>tentang implementasi kurikulum merdeka belajar. Oleh karena itu tim pengabdian Jurusan Pendidikan<br>Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Padang telah melakukan pengabdian masyarakat di Sanggar<br>kegiatan Belajar (SKB) II Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar, dimana pengabdian ini bertujuan untuk <br>mensosialisasikan kurikulum merdeka belajar bagi guru- guru kesetaraan. Pengabdian ini mendapat <br>respon yang baik dan diapresiasi oleh Kepala SKB II Sungai Tarab. Hasil yang diperoleh dari pengabdian <br>ini adalah sebesar 60 % peserta menyatakan sangat puas dan 30 % peserta meyatakan puas dengan adanya <br>pengabdian ini. Diharapkan melalui kegiatan ini terjalin kerja sama antara pihak universitas dengan pihak <br>SKB untuk mengembangkan kualitas guru demi terciptanya pendidikan yang berkualitas.</p> 2023-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://ejournal.unib.ac.id/abdipaud/article/view/32529 IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN UNTUK GURU DI PAUD LILIK TERPADU KOTA PEKANBARU 2024-01-15T13:40:55+00:00 Suharni suharni@unilak.ac.id Adolf Bastian suharni@unilak.ac.id Sean Marta Efastri suharni@unilak.ac.id <p>Pembelajaran berbasis kurikulum merdeka belajar adalah berbentuk proyek. Banyak perubahan dalam mengiplementasikan pembelajaran. Guru harus membuat persiapan yang matang dan membuat bahan media pembelajaran yang menarik sehingga anak dapat mengembangkan kembali dalam kegiatan pembelajaran. Tidak semua sekolah yang mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar sejak awal sehinggga banyak sekolah yang harus menyesuiakan dengan kurikulum baru dan mengejar ketinggalan informasi dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar. Kurikulum merdeka belajar sejak awal diimpelementasikan oleh sekolah penggerak yang terpilih. Sedangkan tuntutan pemerintah kurikulum merdeka belajar harus diimplementasikan oleh semua sekolah saat ini. Hasil dari pengabdian sangat memberikan dampak positif bagi guru dan menambah pengetahuan guru cara mengimplemtasikan kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran. Guru dituntut mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar sehingga mereka harus banyak mengikuti pelatihan dan memepelajaran metode pembelajaran yang baru. Pengabdian ini sangat bermanfaat karena sangat dibutuhkan guru dalam mengimplemntasikan kurikulum merdeka belajar.</p> 2023-12-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.unib.ac.id/abdipaud/article/view/32530 PENGAJARAN FUN STORY BIBLE KEPADA ANAK SEKOLAH MINGGU DI HKBP PANGOMBUSAN 2024-01-15T13:47:43+00:00 Ester Kurniawati Halawa esterkurniawatihalawa2001@gmail.com Nita Lentiani Br Manik nitalentianimanik@gmail.com Tetti Sabarinta Solin tettysolin4@gmail.com <p>Kuliah Pratik Pengalaman Lapangan (KPPM) adalah program dari Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen IAKN Tarutung. Program tersebut adalah wujud pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan di luar kampus dengan melakukan kegiatan sesuai dengan bidang ilmu yang dipelajari oleh mahasiswa dengan tujuan untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan mahasiswa di bidang yang ditekuni dan memberi dampak positif bagi masyarakat tempat pelaksanaan. Mahasiswa KPPM desa Pangombusan menggunakan metode bercerita tentang Alkitab sambil membuat kreativitas, yaitu metode dengan memberikan kebebasan bagi anak untuk belajar agar tidak merasa bosan dengan apa yang diajarkan. Cerita Alkitab yang diajarkan adalah cerita yang mudah dan umumnya diajarkan di sekolah Minggu.</p> 2023-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.unib.ac.id/abdipaud/article/view/32719 IMPLEMENTASI SOLUSI EFEKTIF MENGATASI PEMBUANGAN SAMPAH SEMBARANGAN DI SEKITAR KELURAHAN PASAR SIBORONGBORONG 2024-01-23T13:43:59+00:00 Resta Putri Zega restazega4@gmail.com Irma Yanti Butar-Butar restazega4@gmail.com <p>Pembuangan sampah sembarangan di sekitar Kelurahan Pasar Siborongborong merupakan masalah <br>lingkungan yang memerlukan solusi efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan solusi <br>yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Melalui pendekatan partisipatif, kami melibatkan <br>masyarakat setempat, pemerintah daerah, dan pihak terkait dalam proses pengembangan solusi. Data awal <br>menunjukkan bahwa kurangnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah dan <br>minimnya fasilitas pengolahan sampah di wilayah tersebut menjadi faktor utama penyebab pembuangan <br>sampah sembarangan. Solusi yang diimplementasikan melibatkan kampanye penyuluhan, pendidikan <br>lingkungan, dan pemberdayaan masyarakat untuk memisahkan sampah organik dan non-organik. <br>Pemerintah daerah turut berperan dengan meningkatkan infrastruktur pengelolaan sampah, seperti <br>peningkatan jumlah tempat sampah dan pengolahan sampah yang ramah lingkungan. Selain itu, kerjasama <br>dengan pihak swasta dan LSM diperkuat untuk mendukung keberlanjutan program. Hasil implementasi <br>solusi ini menunjukkan peningkatan kesadaran masyarakat dalam membuang sampah pada tempatnya. <br>Data monitoring menunjukkan penurunan signifikan dalam jumlah sampah sembarangan. Adanya <br>partisipasi aktif dari masyarakat, pemerintah, dan pihak terkait menjadi kunci keberhasilan dalam <br>mengatasi permasalahan pembuangan sampah sembarangan di Kelurahan Pasar Siborongborong. Dengan <br>implementasi solusi ini, diharapkan dapat menjadi model untuk daerah lain dalam mengatasi masalah <br>serupa. Keberlanjutan program ini perlu dijaga melalui upaya pemeliharaan kesadaran masyarakat dan <br>optimalisasi infrastruktur pengelolaan sampah</p> 2023-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.unib.ac.id/abdipaud/article/view/32721 OPTIMALISASI KEGIATAN MEMBACA DAN PEMELIHARAAN KEBERSIHAN LINGKUNGAN MELALUI PEMBENTUKAN RUMAH BELAJAR DI SD SWASTA MAWAR SHARON 2024-01-23T14:57:22+00:00 Uranus Zamili uranuszamili87@gmail.com Putri Sari Mutiara Siburian uranuszamili87@gmail.com Culastry Simamora uranuszamili87@gmail.com Astuty Perawati Sianturi uranuszamili87@gmail.com <p>Pendidikan dan kebersihan lingkungan memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan kualitas <br>hidup anak-anak di Sekolah Dasar (SD). pengabdian masyarakat di SD Swasta Mawar Sharon bertujuan <br>untuk mengoptimalkan kegiatan membaca dan pemeliharaan kebersihan lingkungan melalui pendekatan <br>pembentukan Rumah Belajar. Melibatkan siswa, guru, orangtua, dan masyarakat, Rumah Belajar <br>diharapkan menjadi ruang interaktif yang merangsang minat membaca dan kesadaran akan kebersihan <br>lingkungan. Penelitian ini mengeksplorasi dan mengevaluasi efektivitas Pendekatan Pembentukan Rumah <br>Belajar dalam meningkatkan kegiatan membaca siswa serta kesadaran dan tindakan menjaga kebersihan <br>lingkungan. Metode pelaksanaan mencakup jadwal tatap muka, pelaksanaan kegiatan oleh tim KPPM, dan <br>evaluasi hasil kegiatan. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan membaca siswa <br>dan kesadaran akan kebersihan lingkungan. Dampaknya mencakup peningkatan akademis, kesehatan, dan <br>sosial, sementara pembahasan menyoroti pentingnya literasi dini, metode pengajaran interaktif, dan <br>dukungan orang tua. Kesimpulannya, kegiatan ini memberikan kontribusi positif pada literasi dan <br>kebersihan lingkungan di lingkungan sekolah dan masyarakat sekitar, dengan peran penting pendidikan <br>awal, metode pengajaran, dan partisipasi orang tua.</p> 2023-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.unib.ac.id/abdipaud/article/view/32725 UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MASYARAKAT MELALUI KEGIATAN GOTONG ROYONG DAN LES GRATIS KEPADA ANAK- ANAK DI DESA PARDOMUAN 1 2024-01-23T17:00:23+00:00 Dina Sari Silitonga nelsasilaban12@gmail.com Nelsa Citrayani Silaban nelsasilaban12@gmail.com Ribka Hosianna Matondang nelsasilaban12@gmail.com <p>Pengabdian kepada masyarakat merupakan sarana yang memungkinkan mahasiswa menerapkan <br>teorinya ke dalam kerja nyata masyarakat. KPPM juga merupakan pengalaman konkrit yang meliputi <br>pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dengan bantuan program pengabdian <br>masyarakat ini diharapkan mahasiswa mampu menerapkan disiplin ilmu yang masih pada tataran teori, <br>seperti pengabdian dan pendampingan langsung kepada masyarakat, selain penelitian yang bertujuan <br>untuk lebih mengembangkan ilmu yang telah diperoleh. Selain itu, KPPM juga memiliki keterampilan <br>mengatasi dan memecahkan masalah di masyarakat untuk mempelajari bagaimana membangun hubungan <br>manusia yang terintegrasi dalam masyarakat, tujuan utama yang akan dicapai nanti setelah lulus. Tentu <br>saja bukan hal yang mudah untuk menggerakkan sebegitu banyak warga desa Pardomuan 1 untuk <br>melakukan suatu kegiatan positif secara bersama-sama, butuh proses dan tahapan yang harus dipersiapkan <br>oleh perangkat desa pardomuan 1. Pelaksanaan kegiatan les anak-anak di Desa pardomuan 1 dilakukan <br>mulai jam 15.00 sampai dengan 17.00 WIB. Pada fase awal kegiatan didahului dengan memberikan <br>materi perkenalan tentang pelajaran serta contoh dari materi yang akan dipelajari oleh peserta didik, <br>selanjutnya memberikan pelajaran terkait. Les ini terbagi menjadi tiga kelas. Demikian juga pembelajaran <br>di arahkan untuk meningkatkan kualitas belajar peserta didik dalam mengikuti les terutama Calistung. <br>Dari hasil penelitian yang kami lakukan banyaknya warga atau masyarakat sekitar kurang peduli terhadap <br>kegiatan gotong-royong.</p> 2023-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024