Main Article Content

Abstract

Tujuan serta target khusus yang direncanakan dalam kegitan pengabdian masyarakat ini meliputi empat hal sebagai berikut: (1) Teridentifikasinya konsep-konsep matematika yang esensial yang bisa diajarkan dengan lebih mudah yaitu menggunakan media pembelajaran matematika berbasis ICT. Sebagai kriterianya adalah minimal 50% materi matematika SMP/MTs dapat diajarkan dengan media pembelajaran berbaisis ICT. (2) Terbentuknya Kelompok Kerja Guru (KKG) matematika dengan kemampuan dan pengetahuan yang memadai dalam pemanfaatan media pembelajaran berbaisis ICT. Sebagai kriterianya adalah minimal 75% dari guru mitra memiliki pengetahuan yang baik dalam pemanfaatan media pembelajaran berbaisis ICT dalam proses pembelajaran matematika. (3) Adanya produk media pembelajaran matematika yang inovatif dan eksploratif dengan target minimal 90% dari guru mitra menguasai materi yang ada dalam modul petunjuk pengaplikasian media pembelajaran berbaisis ICT. (4) Adanya peluang untuk mengembangkan jiwa kewirahusahaan, dengan memproduksi media pembelajaran matematika inovatif berbasis ICT yang memiliki nilai jual. Metode yang digunakan dalam mencapai tujuan tersebut adalah (1) Pembinaan Kelompok Kerja Guru (KKG) matematika dengan penekanan pembinaan yaitu penguasaan terhadap media pembelajaran berbaisis ICT yang memadai, diharapkan dapat mengatasi permasalahan pembelajaran matematika dan mampu menjadi wahana dalam memfasilitasi pengembangan profesionalisme para guru. (2) Memberikan pelatihan kepada para guru untuk merancang media pembelajaran matematika berbasis ICT dan mengimplementasikannya dalam kegiatan pembelajaran.

Article Details

References

  1. Ariawan, I. P. W. (2014). Pelatihan Pemanfaatan Software Geogebra Untuk Menunjang Pencapaian Standar Kompetensi Guru Matematika SMP Di Kecamatan Abang Kabupaten Karangasem. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Laksana, 3(2), 89–96. https://doi.org/10.23887/jwl.v3i2.9166
  2. Muslih, M. (2016). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis ICT pada Lembaga Pendidikan Non-Formal TPQ. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 16(2), 215–234. https://doi.org/10.21580/dms.2016.162.1090
  3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007.
  4. Rosdiana, R. (2016). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT Dan Pengaruhnya Terhadap Tingkat Kelulusan Ujian Nasional Siswa Pada Sekolah Menengah Di Kota Palopo (Studi Kasus Di 5 Sekolah Menengah Di Kota Palopo). Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(1), 73–88. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v4i1.253
  5. Suwardi. (2007). Manajemen Pembelajaran: Menciptakan Guru Kreatif dan Berkompetensi. PT Temprina Media Grafika.