Main Article Content

Abstract

Penerapan social distancing mengharuskan pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring. Penerapan pembelajaran daring tidak sepenuhnya siap untuk dilaksanakan khususnya oleh SMK N 1 Percut Sei Tuan. Rendahnya kemampuan siswa dalam menggunakan Google Classroom memberikan hambatan terhadap proses pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan ini solusi yang dapat diberikan adalah dengan pelatihan. Tujuan dari pelatihan adalah untuk memberikan siswa kemampuan penggunaan Google Classroom. Pelatihan yang dilakukan berbentuk virtual communication menggunakan aplikasi Zoom Meeting. Metode pelatihan dilakukan dalama tiga kegiatan yaitu sosialisasi dan pendataan peserta pelatihan, pelaksanaan pelatihan, evaluasi pelatihan, dan pelaporan hasil pelatihan. Pengukuran hasil evaluasi pelatihan menggunakan angket dengan skala likert. Teknik analisis data menggunakan analisis deksiptif. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa siswa secara umum kompeten terhadap penggunaan Google Classroom. Hal ini ditunjukkan dengan hasil evaluasi kemampuan siswa dalam menggunakan Google Classroom setelah mengikuti pelatihan yaitu sebesar 76% peserta merasa sangat kompeten dan hanya 24% peserta saja yang merasa kompeten. Pelatihan berbentuk virtual communication merupakan pilihan yang tepat untuk meningkatkan keterampilan saat pandemic Covid-19

Article Details

References

  1. Direktorat PSMK, 2020, Pembiayaan Operasional Non Personalia untuk Optimalisasi Mutu Lulusan SMK, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  2. Fajrillah, Dkk, 2020, MOOC Platform Pembelajaran Daring di Abad 21, Yayasan Kita Menulis., Indonesia.
  3. Media Indonesia, 2020, Covid-19 dan Pembelajaran Daring, Retrieved 05 09, 2020, from media indonesia https://mediaindonesia.com/read/detail/298964-covid-19-danpembelajaran-daring