Main Article Content

Abstract

Permasalahan sampah tidak pernah habisnya dan masih menjadi masalah di mana-mana. Perilaku masyarakat yang masih tidak bijak dalam membuang sampah serta tidak bisa mengelola sampah dengan baik yang menjadi penyebabnya. Apalagi  setiap hari masyarakat pasti mengeluarkan sampah. Sampah akan semakin banyak dan menumpuk, ditambah lagi sampah plastik yang sulit terurai. Ini akan menjadi masalah apabila tidak segera ditindaklanjuti. Selain itu, TPA Sampah dimasyarakat juga sudah jarang ditemui karena kendala lahan yang terbatas, sementara populasi manusia terus bertambah. Dengan demikian, perlu adanya penanganan sampah untuk mencegah masalah yang lebih serius kedepannya. Penanganan sampah tersebut, salah satunya adalah dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk menanamkan kebiasaan berperilaku bijak dalam mengelola sampah sehari-hari. Pengelolaan sampah ini dapat diupayakan di tingkat lingkungan terkecil yang akan ditangani FT Unib 2020 dengan melakukan Pengabdian Pembinaan FT Unib 2020 melalui pembentukan Kelompok Penyangga Pengelolaan Sampah Lingkungan antar tetangga untuk mengambil pola Pisah – Kering – Bersih.

Article Details

References

  1. Alqap., ASF, Zuliantoni., Gunawan,A. (2018). Pengolahan limbah plastik berbasis mitra ber-kegiatan lingkungan. Jurnal Pengabdi, Universitas Tanjungpura, https://jurnal.untan. ac.id/index.php/JPLP2KM.
  2. Alqap, ASF, Zuliantoni., Gunawan,A. (2018). Edukasi oleh mitra pegiat lingkungan berfungsi sistem penyangga TPA. Seminar Nasional Memperkuat Produktivitas untuk Ketahanan Ekonomi Nasional, Hotel Aryaduta, 5 desember 2018.
  3. Susilo, R, A. (2013). Kajian umur pakai tempat pembuangan akhir (TPA) Putri Cempo Kota Surakarta. Skripsi Jurusan Teknik Sipil, UNS.
  4. Wijaya, Afoni., Alfansi,L., Benardin. (2013) Pengelolaan sampah di Kota Bengkulu. Jurnal Ekonomi dan Perencanaan Pembangunan, Vol.05, Ed 02.