Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mendiskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa SD dengan pembelajaran Discovery Learning. Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan matematis tingkat tinggi yang harus diajarkan sejak dini dimulai dari sekolah dasar. Melaui kegiatan Penugasan Dosen ke Sekolah (PDS) ini diharapkan mampu memotivasi guru-guru agar membiasakan siswa untuk menyelesesaikan soal-soal kontekstual dibandingkan dengan soal langsung. Dari hasil pengamatan melalui kegiatan PDS, siswa yang mulanya pasif ketika mendapatkan soal-soal kontekstual namun setelah dibiasakan dengan soal-soal pemecahan masalah melalui pembelajaran discovery learning terlihat siswa lebih aktif dan antusian dalam mengerjakan soal tersebut. Siswa sudah mampu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, menyelesaikan masalah, dan melakukan pengecekkan kembali semua langkah yang dikerjakan.
Article Details
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dipersilahkan mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Abdi Reksa yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC-BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Abdi Reksa bersifat akademik. Jurnal Abdi Reksa tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.
References
- Ilyas, Muhammad. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. Pustaka Ramadhan. Bandung.
- Indarwati Desi, Wahyudi, Ratu Novisita. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V SD. Satya Widya, Vol. 30 No. 1. Juni 2014.
- Juliana, Darma Eka, Fahrul Basri. (2017). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Pedagogy Volume 2 Nomor 1
- Ninik, Hobri, & Suharto. (2014) .Analisis Kemampuan Masalah untuk Setiap Tahap Model Polya dari Siswa SMK Ibu Pakusari Jurusan Multimedia pada Pokok Bahasan Program Linier. Kadikma, 61-68.
- E. Sujarwanto, A. Hidayat, & Wartono. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika pada Modeling Instruction pada siswa kelas XI. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 65-78
- Savittriani, Andik Purwanto, Eko Swistoro. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Penemuan Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik Di SMN 3 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika Volume 1 Nomor 1 2018.
- Sumartini, T.S. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STIKIP Garut. Vol 8(3): 14
References
Ilyas, Muhammad. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. Pustaka Ramadhan. Bandung.
Indarwati Desi, Wahyudi, Ratu Novisita. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V SD. Satya Widya, Vol. 30 No. 1. Juni 2014.
Juliana, Darma Eka, Fahrul Basri. (2017). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Pedagogy Volume 2 Nomor 1
Ninik, Hobri, & Suharto. (2014) .Analisis Kemampuan Masalah untuk Setiap Tahap Model Polya dari Siswa SMK Ibu Pakusari Jurusan Multimedia pada Pokok Bahasan Program Linier. Kadikma, 61-68.
E. Sujarwanto, A. Hidayat, & Wartono. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika pada Modeling Instruction pada siswa kelas XI. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 65-78
Savittriani, Andik Purwanto, Eko Swistoro. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Penemuan Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik Di SMN 3 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika Volume 1 Nomor 1 2018.
Sumartini, T.S. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STIKIP Garut. Vol 8(3): 14