Main Article Content

Abstract

Saat ini keadaan dunia sedang digemparkan oleh penyebaran virus Corona (COVID-19) yang secara pesat menyebar ke beberapa wilayah belahan dunia. Dunia pendidikan sangat berkontribusi besar dalam memutus mata rantai penularan COVID-19 karena besarnya jumlah populasi pekerja di bidang pendidikan (tenaga pendidik), peserta didik, dan tenega kependidikan yang memiiki mobilitas serta interaksi yang tinggi di sekolah atau ditempat kerja. Tempat kerja atau sekolah merupakan tempat interaksi dan berkumpulnya banyak orang, yang merupakan faktor risiko tinggi penyebab penularan COVID-19, perlu adanya antisipasi dalam mencegah dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19 dilingkungan sekolah atau tempat kerja tersebut. Berdasarkan panduan penyelenggaraan pembelajaran dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, satuan pendidikan harus mulai melakukan persiapan protokol kesehatan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia walaupun daerahnya belum berada pada zona hijau.

Melalui Program Pengabdian Masyarakat (PPM) civitas akademika Fakultas Teknik Universitas Bengkulu yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Prodi Sistem Informasi dan Prodi Informatika turut serta dalam upaya membantu mitra untuk memenuhi daftar periksa kesiapan satuan pendidikan sesuai protokol kesehatan serta turut serta untuk memutus mata rantai penularan COVID-19 khususnya dilingkungan sekolah atau tempat kerja agar para tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik dapat lebih waspada dan meminimalisir penyebaran COVID-19.

Kegiatan Program Pengabdian Masyarakat (PPM) ini berupa; (1) Perancangan dan pemberian media literasi berupa poster, spanduk, dan x-banner yang akan diterapkan di SDIT Iqra 1 Bengkulu. Media literasi tersebut berisi tentang tindakan pencegahan dan penanggulangan penyebaran COVID-19. (2) Pembagian hand sanitizer di lingkungan SDIT Iqra 1 Bengkulu untuk memenuhi daftar periksa kesiapan satuan Pendidikan dalam penerapan protokol kesehatan penanganan COVID-19.

Keywords

Covid-19 Literasi Media New Normal

Article Details