Main Article Content

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan IT Rabbi Radhiyya Rejang Lebong adalah Sekolah Menengah Kejuruan Swasta yang ada di Jln. Duku Ulu Curup Timur Rejang Lebong. Sekolah ini didirkan dengan visi menjadi Sekolah unggulan berwawasan berdasarkan tauhid, beribadah lurus, berakhlaq mulia dengan wawasan kreatif, inovatif dan berkarya untuk daerah serta memiliki melalui penguatan dunia usaha  dan  industri. sehingga menghasilkan lulusan yang profesional dan bermutu serta kompetitif secara nasional dan global. Sekolah ini mempunyai dua bidang keahlian dibidang Teknologi Informasi  yaitu Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dan Rekaasa Perangkat Lunak (RPL), kedua bidang keahlian ini menjadi traseter dari kemajuan teknologi 4.0, untuk mengahadapi tantangan global ini maka dibutuhkan pengembangan sumber daya manusia agar dipersiapkan sebaik-baiknya untuk menghadapi tantangan dunia kerja. Maka untuk itu sekolah ini rutin mengundang tenaga dari luar khususnya dari perguruan tinggi yang mempunyai bidang ilmu yang berhubungan dengan jurusan keahlian di sekolah, salah satunya pada kegiatan workshop dengan tema Workshop Network Administrator Muda Dalam Persaingan Dunia Kerja  Menuju Era Industri 4 .0 Kegiatan ini diisi oleh dosen yang memiliki keahlian dalam Jaringan Komputer khususnya dalam bidang Network Administrator Muda. Pada kegiatan ini juga disebarkan kuisioner kepada para peserta, hasil kuisoner yang disebarkan untuk melihat tingkat keberhasilan dari kegiatan yang dilakukan dan pentingnya workshop network administrator muda di sekolah. Di dapat 79 %-93% setuju dan penting penggunaan dilakukan dan perlu berkesinambungan setiap tahunnya untuk meningkatkan kemampuan tamatan untuk menghadapi era Industri 4.0 dan perlu ditingkatkan fasilitas agar bisa mendukung kebutuhan proses belajar dalam menghadapi dunia kerja

 

Kata kunci: teknik komputer dan jaringanr, era industri 4.0, workshop

Article Details

References

  1. R. Fahmi, “Comparison Study on Teacher Motivation At Taman Pembacaan Alquran (Tpq),” Islam Realitas J. Islam. Soc. Stud., vol. 3, no. 1, p. 79, 2017, doi: 10.30983/islam_realitas.v3i1.210.
  2. A. Supriatin and A. R. Nasution, “Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Praktik Pendidikan Di Indonesia,” Elem. J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 3, no. 1, p. 1, 2017, doi: 10.32332/elementary.v3i1.785.
  3. M. Srimulyani, “Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun RPP/RPLBK Dengan Pendekatan Saintifik/Pendekatan BK Melalui Metode Workshop di Sekolah Binaan Kota Malang Tahun 2017,” Pros. SENASGABUD, pp. 95–106, 2017.
  4. E. wisnu haryanto petrus christologus Indriyani, “Pengaruh Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan dengan Komitmen Organisasi sebagai Variabel Intervening pada Workshop SMK Katolik Santo Mikael Surakarta,” J. Manag. Bus. Educ., vol. 1, no. 1, 2016.
  5. A. Simbolon et al., “Inspirator Guru,” pp. 25–36, 2018.
  6. H. Prasetyo and W. Sutopo, “Perkembangan Keilmuan Teknik Industri Menuju Era,” Semin. dan Konf. Nas. IDEC 2017, pp. 488–496, 2017.
  7. L. Rohida, “Pengaruh Era Revolusi Industri 4.0 terhadap Kompetensi Sumber Daya Manusia,” J. Manaj. dan Bisnis Indones., vol. 6, no. 1, pp. 114–136, 2018, doi: 10.31843/jmbi.v6i1.187.
  8. S. Putrawangsa and U. Hasanah, “Integrasi Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Di Era Industri 4.0 Kajian dari Perspektif Pembelajaran Matematika,” J. Pemikir. dan Penelit. Pendidik., vol. 16, no. 1, pp. 42–54, 2018.
  9. H. Budiman, “Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan,” Al-Tadzkiyyah J. Pendidik. Islam, vol. 8, no. 1, p. 31, 2017, doi: 10.24042/atjpi.v8i1.2095.
  10. A. Aziz, “Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pengembangan Bisnis Pos,” Bul. Pos dan Telekomun., vol. 10, no. 1, p. 35, 2015, doi: 10.17933/bpostel.2012.100104.
  11. W. Komarasari, “Pengaruh Kapasitas Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Pengendalian Intern Akuntansi Terhadap Keterandalan Pelaporan Keuangan Daerah (Pada SKPD Kabupaten Bantul Bagian Akuntansi dan Keuangan),” J. Telaah Ris. Akunt., vol. 2, no. 2, pp. 65–66, 2016, doi: 10.1021/om050941q.
  12. H. B. A. Jayawardana, “Paradigma Pembelajaran Biologi Di Era Digital,” J. Bioedukatika, vol. 5, no. 1, p. 12, 2017, doi: 10.26555/bioedukatika.v5i1.5628.
  13. M. M. Hadibin, B. E. Purnama, and G. Kristianto, “Pembangunan Media Pembelajaran Teknik Komputer Jaringan Kelas X Semster Ganjil Pada Sekolah Menengah,” Indones. J. Netw. Secur., vol. 9330, no. 1, pp. 1–6, 2012.