Main Article Content
Abstract
Pengabdian ini membahas tentang dengan memberikan penyuluhan tentang robot beroda dapat meningkatkan kreatifitas siswa di SMA Negeri 8 Kota Bengkulu khususnya dibidang robotika. Rumusan masalahnya adalah bagaimana meningkatkan kreatifitas siswa SMA Negeri 8 Kota Bengkulu dibidang robotika. Metode Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) ini terdiri dari metode ceramah dan evaluasi. Metode ceramah memberikan pemahaman dan materi langsung yang disampaikan tim dosen dibidang robotika. Sedangkan metode evaluasi adalah mengevaluasi pemahaman para peserta melalui angket pertanyaan apakah para peserta sudah faham dengan materi robot beroda. Dari kegiatan pengabdian didapat hasil bahwa siswa/i SMA Negeri 8 Kota Bengkulu memiliki rasa antusias atau tertarik dibidang robot beroda terlihat dari pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh siswa/i SMA Negeri 8 Kota Bengkulu. Disamping itu ilmu robotika merupakan modal awal untuk bisa memasuki ke jenjang universitas dibidang elektro peminatan robotika.
Article Details
Copyright (c) 2022 Yanolanda Suzantry Handayani, Adhadi Kurniawan, Annisa Fitria Edriana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dipersilahkan mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Abdi Reksa yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC-BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Abdi Reksa bersifat akademik. Jurnal Abdi Reksa tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.
References
- Endra Pitowarno. 2006. ROBOTIKA: Desain, Kontrol dan Kecerdasan Buatan. Yogyakarta: Andi Offset
- Febrianti Yeyen, Djahir Yulia, Fatimah Siti. 2016. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Dengan Memanfaatkan Lingkungan Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 6 Palembang. Jurnal Profit Volume 3, Nomor 1, Mei 2016. Universitas Sriwijaya.
- Hotman P. 2012. Siregar, Mekanika Robot Berkaki. Yogyakarta: Graha Ilmu.
- Jatmiko, Wisnu, dkk. 2012. Robotika Teori Dan Aplikasinya. Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia : Jakarta.
- Miselina Rossy , Muhid Abdul. 2020. Pengaruh Kegiatan Robotika Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Usia SD. JPDN Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, Volume 6, Nomor 1, Juli 2020, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
- Notoatmodjo S. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.
- Rahimuddin, Syarif Syarifuddin, Syam Rafiuddin, Arzaq, Setiawan Agung , AlQadri Syahrul. 2019. Robot Penggerak Dua Roda Sebagai Media Pembelajaran Robotik bagi Siswa SMA 05 Barru. TEPAT Jurnal Teknologi Terapan untuk Pengabdian Masyarakat Volume 2, Nomor 2, Tahun 2019. Unversitas Hasanuddin.
- Sani. 2014. Pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
- Susanto.2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
- Uno, Nurdin. 2014. Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta : Bumi Aksara.
- Winarno dan Deni Arifianto. (2011). Bikin Robot itu Gampang. Jakarta: Kawan Pustaka.
References
Endra Pitowarno. 2006. ROBOTIKA: Desain, Kontrol dan Kecerdasan Buatan. Yogyakarta: Andi Offset
Febrianti Yeyen, Djahir Yulia, Fatimah Siti. 2016. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Dengan Memanfaatkan Lingkungan Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 6 Palembang. Jurnal Profit Volume 3, Nomor 1, Mei 2016. Universitas Sriwijaya.
Hotman P. 2012. Siregar, Mekanika Robot Berkaki. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Jatmiko, Wisnu, dkk. 2012. Robotika Teori Dan Aplikasinya. Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia : Jakarta.
Miselina Rossy , Muhid Abdul. 2020. Pengaruh Kegiatan Robotika Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Usia SD. JPDN Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, Volume 6, Nomor 1, Juli 2020, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Notoatmodjo S. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.
Rahimuddin, Syarif Syarifuddin, Syam Rafiuddin, Arzaq, Setiawan Agung , AlQadri Syahrul. 2019. Robot Penggerak Dua Roda Sebagai Media Pembelajaran Robotik bagi Siswa SMA 05 Barru. TEPAT Jurnal Teknologi Terapan untuk Pengabdian Masyarakat Volume 2, Nomor 2, Tahun 2019. Unversitas Hasanuddin.
Sani. 2014. Pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Susanto.2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
Uno, Nurdin. 2014. Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta : Bumi Aksara.
Winarno dan Deni Arifianto. (2011). Bikin Robot itu Gampang. Jakarta: Kawan Pustaka.