Main Article Content

Abstract

Pengabdian ini membahas tentang dengan memberikan penyuluhan tentang robot beroda dapat meningkatkan kreatifitas siswa di SMA Negeri 8 Kota Bengkulu khususnya dibidang robotika. Rumusan masalahnya adalah bagaimana meningkatkan kreatifitas siswa SMA Negeri 8 Kota Bengkulu dibidang robotika. Metode Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) ini terdiri dari metode ceramah dan evaluasi. Metode ceramah memberikan pemahaman dan materi langsung yang disampaikan tim dosen dibidang robotika. Sedangkan metode evaluasi adalah mengevaluasi pemahaman para peserta melalui angket pertanyaan apakah para peserta sudah faham dengan materi robot beroda. Dari kegiatan pengabdian didapat hasil bahwa siswa/i SMA Negeri 8 Kota Bengkulu memiliki rasa antusias atau tertarik dibidang robot beroda terlihat dari pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh siswa/i SMA Negeri 8 Kota Bengkulu. Disamping itu ilmu robotika merupakan modal awal untuk bisa memasuki ke jenjang universitas dibidang elektro peminatan robotika.

Article Details

Author Biographies

Yanolanda Suzantry Handayani, (SINTA ID : 6712478) ,Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu

Id  Orcid : 

https://orcid.org/

0000-0002-3390-7093

Id Google scholar :  https://scholar.google.com/citations?user=6bqTdU0AAAAJ&hl=id

Adhadi Kurniawan, Fakultas Teknik Universitas Bengkulu

Program Studi Teknik Elektro

Annisa Fitria Edriana, Fakultas Teknik Universitas Bengkulu

Program Studi Teknik Sipil

References

  1. Endra Pitowarno. 2006. ROBOTIKA: Desain, Kontrol dan Kecerdasan Buatan. Yogyakarta: Andi Offset
  2. Febrianti Yeyen, Djahir Yulia, Fatimah Siti. 2016. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Dengan Memanfaatkan Lingkungan Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 6 Palembang. Jurnal Profit Volume 3, Nomor 1, Mei 2016. Universitas Sriwijaya.
  3. Hotman P. 2012. Siregar, Mekanika Robot Berkaki. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  4. Jatmiko, Wisnu, dkk. 2012. Robotika Teori Dan Aplikasinya. Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia : Jakarta.
  5. Miselina Rossy , Muhid Abdul. 2020. Pengaruh Kegiatan Robotika Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Usia SD. JPDN Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, Volume 6, Nomor 1, Juli 2020, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
  6. Notoatmodjo S. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.
  7. Rahimuddin, Syarif Syarifuddin, Syam Rafiuddin, Arzaq, Setiawan Agung , AlQadri Syahrul. 2019. Robot Penggerak Dua Roda Sebagai Media Pembelajaran Robotik bagi Siswa SMA 05 Barru. TEPAT Jurnal Teknologi Terapan untuk Pengabdian Masyarakat Volume 2, Nomor 2, Tahun 2019. Unversitas Hasanuddin.
  8. Sani. 2014. Pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
  9. Susanto.2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
  10. Uno, Nurdin. 2014. Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta : Bumi Aksara.
  11. Winarno dan Deni Arifianto. (2011). Bikin Robot itu Gampang. Jakarta: Kawan Pustaka.