Main Article Content

Abstract

Permasalahan yang dialami oleh bengkel Fami Motor saat ini adalah kesulitan dalam melakukan servis mesin kendaraan yang menggunakan sistem electronic fuel injection (EFI). Teknologi sepeda motor banyak yang telah menggunakan teknologi elektronik pada sistem kerja mesin, dan industri usaha kecil bengkel servis motor kesulitan jika terdapat pelanggan yang ingin melakukan servis mesin yang telah menggunakan teknologi elektronik. Selain sistem kerja mesin yang lebih rumit, alat untuk servis mesin EFI juga menggunakan perangkat elektronik sehingga dibutuhkan keahlian khusus. Maka dari itu dibutuhkan pelatihan untuk meningkatkan dan memberi keterampilan kepada bengkel Fami Motor untuk melakukan servis pada kendaraan berteknolofi EFI. Metode pelatihan yang digunakan adalah berbasis problem solving yaitu peserta pelatihan memperoleh perlakuan berupa permasalahan yang sering terjadi pada sepeda motor berteknologi EFI. Target luaran dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah berupa pengetahuan dan pelatihan keterampilan servis sepeda motor EFI. Hasil dari pelatihan ini yaitu peserta pelatihan memperoleh pengetahuan dan keterampilan tentang servis sepeda motor EFI terutama pada sepeda motor Yamaha.

Article Details

References

  1. Badan Pusat Statistik. (2020). Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis.
  2. Helina, F., & Hartadi, B. (2020). Analisa Pengaruh Campuran Premium dan Pertalite terhadap kinerja Mesin serta Efisiensi Bahan Bakar pada Motor Bensin 4 Langkah. universitas islam kalimantan .
  3. Irawan, A., & Tyagita, D. A. (2017). Rekayasa Teknologi Sistem Pengkabutan Bahan Bakar Kendaraan EFI. Prosiding.
  4. Saputra, B., Sudjadi, S., & setiyono, B. (2018). Perancangan Prototipe Kontroler Elektronik Air-To-Fuel Ratio Berbasis Proportional-Integral-Derivative Untuk Penghematan Bahan Bakar Pada Mesin Sepeda Motor Sistem Injeksi. Transient: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro, 7(2), 424–431. https://doi.org/10.14710/TRANSIENT.7.2.424-431
  5. Sugiarto, T., Amin, B., Purwanto, W., Arif, A., & Putra, D. S. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru Dan Siswa SMK Melalui Pelatihan Kompetensi Kejuruan Teknologi Otomotif. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 25–34. https://doi.org/10.24036/INVOTEK.V19I1.439
  6. Turmizi, T. (2018). Studi Kinerja Sistem Bahan Bakar Dengan Penggantian Karburator Dan Intake Manifold Pada Sepeda Motor Yamaha Mio Sporty Sebagai Solusi Penghematan Bahan Bakar. Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe, 2(1).