Main Article Content

Abstract

Program Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan penyuluhan sosial atau sosialisasi sekaligus memberikan edukasi terkait dengan penanganan dan pencegahan penyebaran virus Covid 19 dalam rangka menciptakan keamanan dari penyebaran covid-19 dbagi pendaftaran pasien di RSHD Kota Bnegkulu. Target utama dari program Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah masyarat yaitu pasien yang berobat/berkunjung ke RSHD Kota Bengkulu, dengan pertimbangan bahwa RSHD merupakan Rumah Sakit rujukan Virus COVID-19. Kegiatan PKM ini dilaksanakan oleh Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) untuk memberikan wawasan atau edukasi kepada pasien di RSHD Kota Bengkulu mengenai beberapa hal dalam menangani dan mencegah penyebaran Virus COVID-19 terutama dibagian pelayanan pendaftaran pada masa New Normal. Metode pelaksanaan PKM ini berupa sosialisasi dan edukasi melalui pendampingan dan penyuluhan. Dengan adanya program PKM melalui sosialisasi dan edukasi ini, diharapkan target masyarakat pasien di RSHD Kota Bengkulu dapat mengurangi kepanikan terhadap virus Covid 19, tercipta peningkatan pemahaman masyarakat mengenai Covid-19, tercipta suatu strategi gerakan mencegah dan mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Rumah sakit tercipta media edukasi yang bisa menjadi pegangan masyarakat dalam menghadapi penyebaran virus corona, serta tetap menerapkan protokol kesehatan walau terdapat penurunan tingkat penyebaran sampai pemerintah memberikan instruksi di tahapan kehidupan selanjutnya.

Article Details

References

  1. Agus Sugiarto. 2015. Manajemen Kearsipan Modern dari Konversional ke Basis Komputer.
  2. Yogyakarta:Gava Media.
  3. Akdon, dan Riduwan, 2013, Rumusan dan Data Dalam Analisis Statistika, Bandung: Alfabeta Bowman, D.E. 1992 Health Information Management of Strategic Resource. Jakarta
  4. Departemen Kesehatan RI
  5. Departemen Kesehatan RI 1997 Pedoman Pengolahan Rekam Medis Rumah Sakit di Indonesia Revisi I. Direktorat Jenderal Pelayanan Medik. Jakarta
  6. Direktorat Jenderal Pelayanan Medik. 2006. Pedoman pengelolahan Rekam Medis Rumah Sakit di Indonesia Rev.II. Jakarta: DepKes RI
  7. Djoko Wijono, 2000. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Surabaya:airlangga university Endah Nur Fatimah, dkk(2015) Mudah Menyusun SOP. Indonesia:Pustaka Baru Press Hastono, sutanto priyo, (2007), modul analisis data, fakultas kesehatan masyarakat
  8. Universitas Indonesia
  9. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi online (internet) http://kbbi.web.id/ Diakses pada tanggal 12 Oktober 2021
  10. Komisi Akreditasi Rumah Sakit. Panduan Penyusunan Dokumen Akreditasi 2012. www.lamongankab.go.id. Diakes pada tanggal 28 Oktober 2021
  11. MENKES RI. 2007. Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 512. Tentang Izin Praktek Pormiki DPP. 2020. Surat Edaran DPP Pormiki no.HM.01.01/001/III/2020 tentang
  12. Kewaspadaan dan pencegahan penyebaran infeksi virus covid19. Pormiki.or.id 18 april Riwidikdo, handoko. (2009). Statistik Kesehatan: Belajar Mudah teknik analisis data dalam
  13. penelitian kesehatan (Plus Aplikasi Software SPSS. Yogyakarta; Mitra Cendikia press