Main Article Content

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membantu memberi pendampingan dan edukasi mengenai pencegahan Penyakit Tuberkulosis (TB) kepada masyarakat Kelurahan Bangetayu Wetan. Hal ini dilakukan karena risiko penyebaran penyakit Tuberkulosis, Penggunaan Obat TB, Hand Hygiene dan Etika Batuk. Tuberculosis merupakan penyakit menular yang menyerang paru-paru dan disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan edukasi dengan pendekatan sosialisasi dan diskusi kepada masyarakat Kelurahan Bangetayu Wetan, Waktu Pelaksanaan 26 Juli 2023. Kegiatan ini memberikan penjelasan kepada masyarakat terkait penyakit tuberkulosis, Penggunaan obat TB, Etika Batuk dan Hand hygiene yang dapat mencegah penularan penyakit tuberkulosis. Hasil ini menunjukkan bahwa edukasi melalui sosialisasi dan diskusi menggunakan metode secara langsung kepada masyarakat efketif meningkatkan pemahaman dan minat masyarakat dalam ikut mencegah penyakit tuberkulosis. Kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat berkelanjutan sehingga masyarakat dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga derajat kesehatan dan angka Tuberkulosis berkurang. 

Article Details

References

  1. Hasaini A. (2018). Pengaruh Teknik Relaksasi Napas Dalam dan Batuk Efektif Terhadap Bersihan Jalan Napas Pada KLien dengan TB Paru Di Ruang AlHakim RSUD Ratu Zalecha Martapura Tahun 2018. Dinamika Kesehatan, 2, 43. https://doi.org/https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
  2. Kemenkes, R. (2018). Modul Pelatihan Bagi Pelatih Kader Kesehatan. Pusat Pelatihan SDM Kesehatan Badan Pengembangan Dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan, 1–497.
  3. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2016). Kemenkes RI.
  4. Mario, C.R.& Richard, J. O. (2016). Tuberculosis. Dalam: Kasper, D., L., Et Al. Harrison Principles Of Internal Medikine. Ed 16. Mc Graw-Hill.
  5. Suriadi. (2015). Tuberculosis Paru. Agung Seto.
  6. Werdhani RA. (2019). Patofisiologi, diagnosis, dan klasifikasi tuberkulosis departemen ilmu kedokteran komunitas, okupasi, dan keluarga. UI Press.
  7. WHO. (2017). Global Tuberculosis Report 2017.