Main Article Content
Abstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memainkan peran penting dalam perkembangan ekonomi Indonesia karena dapat memberikan banyak manfaat seperti kontribusi positif terhadap perekonomian nasional dan penyerapan tenaga kerja. Kendala utama dalam pengembangan UMKM adalah tingkat kemampuan, keterampilan, keahlian, manajemen sumber daya manusia, kewirausahaan, pemasaran, dan keuangan. Dalam mengatasi kendala tersebut, pengembangan UMKM melalui optimalisasi media sosial menjadi salah satu strategi yang sangat relevan dan efektif dalam meningkatkan traffic penjualan dan brand awareness UMKM. Kelurahan Sawah Lebar Baru Kota Bengkulu merupakan contoh di mana UMKM yang ada di sana belum memanfaatkan platform digital untuk meningkatkan penjualan dan sumber daya manusia pada UMKM tersebut masih belum terlatih untuk mengelola media sosial sebagai kakas untuk meningkatkan penjualan secara daring. Melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, tim pengabdian melakukan pelatihan dalam rangka memberikan keterampilan sumber daya manusia UMKM dalam mengoptimalkan media sosial untuk meningkatkan traffic dan brand awareness UMKM. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan 7 tahapan yaitu persiapan, observasi lapangan, penentuan target pasar, membuat akun sosial media dan konten berkualitas, promosi, pelatihan optimalisasi sosial media, dan rencana lanjutan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini telah memberikan kontribusi yang berarti dalam meningkatkan potensi dan daya saing UMKM di Kelurahan Sawah Lebar Baru.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Yusran Panca Putra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dipersilahkan mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Abdi Reksa yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC-BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Abdi Reksa bersifat akademik. Jurnal Abdi Reksa tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.
References
- Achmad, Z. A., Azhari, Z. T., Esfandiar, N. W., Nuryaningrum, N., Syifana, F. D. A., & Cahyaningrum, I. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 17–31. https://doi.org/10.15642/jik.2020.10.1.17-31
- Al Hafiz, M. P. (2015, August 2). Masalah Utama UKM Indonesia? Ini Kata Ketua IMA. Https://Www.Marketeers.Com/Masalah-Utama-Ukm-Indonesia-Ini-Kata-Ketua-Ima/.
- Frisdiantara, C., & Mukhlis, I. (2016). Ekonomi Pembangunan: Sebuah Kajian Teoretis dan Empiris. Lembaga Penerbitan Universitas Kanjuruhan Malang.
- Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Erlangga.
- Putri, E. A. N., Grahita, F. A., Rahma, F., Sekartiara, H., Nisa, K., Witanti, M., & Suryana, M. (2021). Optimalisasi dan Pengembangan UKM Di Wilayah Kelurahan Teluk Pucung Berbasis Media Digital dalam Meningkatkan Ketahanan Ekonomi dan Sosial. In Jurnal Pengabdian Masyarakat Fikom UBJ (Vol. 1, Issue 1).
- Sagita, N. G., Kartikasari, M., Asyrofi, M. H., & Hayati, K. R. (2022). Optimalisasi Digital Marketing untuk Pengembangan UMKM Kelurahan Kebonsari Kecamatan Jambangan Kota Surabaya. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(4), 1325–1332. https://doi.org/10.54082/jamsi.430
- Yuniarti, T., Rizal, M. A., Bani, F. C. D. B., & Fujiyah, F. (2022). Digitalisasi Pemasaran dalam Upaya Peningkatan Penjualan Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Wilayah Jakarta Selatan. Jurnal Pustaka Mitra, 2(2), 121–126.
References
Achmad, Z. A., Azhari, Z. T., Esfandiar, N. W., Nuryaningrum, N., Syifana, F. D. A., & Cahyaningrum, I. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 17–31. https://doi.org/10.15642/jik.2020.10.1.17-31
Al Hafiz, M. P. (2015, August 2). Masalah Utama UKM Indonesia? Ini Kata Ketua IMA. Https://Www.Marketeers.Com/Masalah-Utama-Ukm-Indonesia-Ini-Kata-Ketua-Ima/.
Frisdiantara, C., & Mukhlis, I. (2016). Ekonomi Pembangunan: Sebuah Kajian Teoretis dan Empiris. Lembaga Penerbitan Universitas Kanjuruhan Malang.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Erlangga.
Putri, E. A. N., Grahita, F. A., Rahma, F., Sekartiara, H., Nisa, K., Witanti, M., & Suryana, M. (2021). Optimalisasi dan Pengembangan UKM Di Wilayah Kelurahan Teluk Pucung Berbasis Media Digital dalam Meningkatkan Ketahanan Ekonomi dan Sosial. In Jurnal Pengabdian Masyarakat Fikom UBJ (Vol. 1, Issue 1).
Sagita, N. G., Kartikasari, M., Asyrofi, M. H., & Hayati, K. R. (2022). Optimalisasi Digital Marketing untuk Pengembangan UMKM Kelurahan Kebonsari Kecamatan Jambangan Kota Surabaya. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(4), 1325–1332. https://doi.org/10.54082/jamsi.430
Yuniarti, T., Rizal, M. A., Bani, F. C. D. B., & Fujiyah, F. (2022). Digitalisasi Pemasaran dalam Upaya Peningkatan Penjualan Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Wilayah Jakarta Selatan. Jurnal Pustaka Mitra, 2(2), 121–126.