Isi Artikel Utama
Abstrak
Kegiatan PKM ditujukan kepada siswa-siswi SMK Ekonomika. Penelitian ini mengkaji dampak kecerdasan buatan (AI) pada profesi akuntan, dengan fokus pada adaptasi siswa SMK Akuntansi terhadap perkembangan teknologi. Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) mengidentifikasi kurangnya pemahaman dan pengetahuan tentang AI dan profesi akuntan sebagai permasalahan mitra. Tujuan kegiatan PKM adalah memberikan pemahaman dan meningkatkan motivasi siswa kelas XII SMK Ekonomika. Metode pengabdian melibatkan sosialisasi, penyampaian materi, tanya jawab, dan monitoring. Hasil post-test menunjukkan peningkatan pemahaman siswa terhadap implementasi kecerdasan buatan pada profesi akuntan. Kegiatan ini dipublikasikan melalui jurnal, video YouTube, dan media digital. Kesimpulan menyoroti manfaat program bagi sekolah mitra dan menegaskan pentingnya pemahaman AI untuk generasi Z. Saran termasuk kesadaran akan peran kecerdasan buatan dan peningkatan pemahaman melalui literatur. Oleh karena itu Tim Pengusul PKM memberikan Pelatihan dengan judul “Implementasi Kecerdasan Buatan Pada Profesi Akuntansi bagi Siswa-siswi SMK Ekonomika” sebagai upaya untuk membangun kesadaran mengenai kecerdasan buatan atau artificial intelligence.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Ade Maya Saraswati

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dipersilahkan mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Abdi Reksa yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC-BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Abdi Reksa bersifat akademik. Jurnal Abdi Reksa tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.
Referensi
- Barclays. (2018). Will robots take our jobs?Impact Series. https://www.investmentbank.barclays.com/content/dam/barclaysmicrosites/ibpublic/docume ts/our-insights/Robots-at-the-gate/Barclays-IB_Will- Robots-Take-Our-Jobs_Infographic-1.6MB.pdf.
- Barovih, G., & Sugara, E. P. A. (2020). Pemanfaatan aplikasi sebagai media bantu edukasi agama islam untuk anak usia dini. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 152-160.
- Singh, S., & Sukhvinder, S. (2010). Artificial Intelligence. International Journal of Computer Applications, 6 (pp), 21 – 211. http://www.ijcaonline.org/volume6/number6/pxc3871413.pdf
- Triatmaja, M. F., Acc, M., Acpa, A., Program, *, Akuntansi, S., Ekonomika, F., Bisnis, D., Muhammadiyah, U., & Pekalongan, P.(2019). Seminar Nasional dan The 6th Call for Syariah Paper Universitas Muhammadiyah Surakarta Dampak Artificial Intelligence (AI) Pada Profesi Akuntan. Seminar Nasional Dan The 6th Call For Syariah Paper (SANCALL) 2019, 6 (https//publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/11422), 1007–1019
- Saraswati, A. M., & Zidnia, R. (2022). Pelatihan Perencanaan dan Pengelolaan Keuangan Syariah untuk Generasi Z dalam Mewujudkan Kebebasan Keuangan. Jurnal Surya Masyarakat, 5(1), 10-17.
- Putra, N. E. (2019). Inilah yang Harus Disiapkan oleh Profesi Akuntan untuk Generasi Milenial Era Digital. Public Relation of Faculty of Economics & Business. https://www.feb.ui.ac.id/blog/2019/09/19/inilah-yang-harus-disiapkan-oleh-profesiakuntan-untuk-generasi-milenial-era-digital/
- Manyika, J. (2017). A future that work : Amazing progress in AI and Automation. Mckinsey, June
- WEF. (2018). The Future of Jobs Report 2018. In Economic Development Quarterly (Vol. 31, Issue 2).
Referensi
Barclays. (2018). Will robots take our jobs?Impact Series. https://www.investmentbank.barclays.com/content/dam/barclaysmicrosites/ibpublic/docume ts/our-insights/Robots-at-the-gate/Barclays-IB_Will- Robots-Take-Our-Jobs_Infographic-1.6MB.pdf.
Barovih, G., & Sugara, E. P. A. (2020). Pemanfaatan aplikasi sebagai media bantu edukasi agama islam untuk anak usia dini. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 152-160.
Singh, S., & Sukhvinder, S. (2010). Artificial Intelligence. International Journal of Computer Applications, 6 (pp), 21 – 211. http://www.ijcaonline.org/volume6/number6/pxc3871413.pdf
Triatmaja, M. F., Acc, M., Acpa, A., Program, *, Akuntansi, S., Ekonomika, F., Bisnis, D., Muhammadiyah, U., & Pekalongan, P.(2019). Seminar Nasional dan The 6th Call for Syariah Paper Universitas Muhammadiyah Surakarta Dampak Artificial Intelligence (AI) Pada Profesi Akuntan. Seminar Nasional Dan The 6th Call For Syariah Paper (SANCALL) 2019, 6 (https//publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/11422), 1007–1019
Saraswati, A. M., & Zidnia, R. (2022). Pelatihan Perencanaan dan Pengelolaan Keuangan Syariah untuk Generasi Z dalam Mewujudkan Kebebasan Keuangan. Jurnal Surya Masyarakat, 5(1), 10-17.
Putra, N. E. (2019). Inilah yang Harus Disiapkan oleh Profesi Akuntan untuk Generasi Milenial Era Digital. Public Relation of Faculty of Economics & Business. https://www.feb.ui.ac.id/blog/2019/09/19/inilah-yang-harus-disiapkan-oleh-profesiakuntan-untuk-generasi-milenial-era-digital/
Manyika, J. (2017). A future that work : Amazing progress in AI and Automation. Mckinsey, June
WEF. (2018). The Future of Jobs Report 2018. In Economic Development Quarterly (Vol. 31, Issue 2).