Main Article Content

Abstract

Budaya Literasi digital belum melekat kuat dalam budaya masyarakat Indonesia. Hal tersebut
tentunya dapat menimbulkan sebuah permasalahan untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.
Permasalahan tersebut harus diperhatikan secara serius untuk menyelesaikannya. Berdasarkan
hasil observasi tim pengabdian ke SMPN 02 Bengkulu Tengah diketahui bahwa banyak guru dan
siswa belum memanfaatkan internet guna mencari referensi dalam menunjang proses
pembelajaran sehingga berdampak kepada hasil belajar yang kurang memuaskan. Literasi
digital dapat memberikan dampak yang signifikan pada pencapaian pembelajaran. Literasi
digital telah menjadi komponen penting dalam memfasilitasi penggunaan teknologi komunikasi
dalam pendidikan, organisasi kegiatan pembelajaran, penilaian kinerja pembelajaran, dan
distribusi informasi. Literasi digital dapat membantu siswa mengatasi tantangan pembelajaran
dan meningkatkan proses pembelajaran. Tingkat literasi digital yang lebih tinggi dapat
meningkatkan interaksi dan metode pembelajaran baru. Dengan literasi digital yang tepat, siswa
dapat memperoleh banyak informasi pembelajaran dari platform pembelajaran online dan
menjaga interaksi interpersonal dengan teman sebaya dan guru. Kompetensi literasi digital
berperan penting dalam menunjang keberhasilan dan perkembangan pembelajaran. Tingkat
literasi digital dan penggunaan teknologi dalam pembelajaran masih dalam taraf rendah sampai
sedang, belum sampai menyentuh taraf tinggi.

Article Details

References

    Akhmad, F. A. P. (2022). Efektivitas Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Dalam Meningkatkan
    Kompetensi Profesional Guru PAI SD di Kecamatan Tambun Selatan. PARAMETER, 7(1), 26–40.
    Alamdhani, C. D. A. A. C., & Hariyati, N. (n.d.). Implementasi Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan
    Profesionalisme Guru.
    Ashlan, S. (2017). Implementing the teaching supervision by principals in improving the performance of
    teachers in Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 5(1), 25–36.
    Azwardi, A. (2020). Efforts to improve teacher competency in developing learning materials through
    collaborative academic supervision. Indonesian Educational Administration and Leadership
    Journal, 2(1), 1–12.
    Budiyanti, N., Aziz, A. A., Sunandar, D., & Erihadiana, M. (2021). Supervisi Kepala Sekolah Untuk
    Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Spiritual Pendidik. Islamic Management: Jurnal
    Manajemen Pendidikan Islam, 4(01), 188–201.
    Fathurrahman, A., Sumardi, S., Yusuf, A. E., & Harijanto, S. (2019). Peningkatan Efektivtas Pembelajaran
    Melalui Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dan Teamwork. Jurnal Manajemen
    Pendidikan,7(2), 843–850.
    Fatmayani, F. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pengintegrasian
    Keterampilan Abad Ke-21 melalui Sepervisi Akademik di SMAN 2 Pinggir Kabupaten Bengkalis.
    Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 3468–3484.

    Fikriyah, M., & Riyanto, Y. (2018). The Principals’ Leadership As Academic Supervisor In Elementary
    School. In 2nd International Conference on Education Innovation (ICEI 2018) (pp. 157–161).
    Atlantis Press.
    Guntoro, D., & RC, A. R. (2016). Pengembangan Model Supervisi Akademik Berbantuan ESupervision
    Berbasis Web. Educational Management, 5(2), 122–128.
    Hardono, H., Haryono, H., & Yusuf, A. (2017). Kepemimpinan kepala sekolah, supervisi akademik, dan
    motivasi kerja dalam meningkatkan kinerja guru. Educational Management, 6(1), 26–33.
    Haug, B. S., & Mork, S. M. (2021). Taking 21st century skills from vision to classroom: What teachers
    highlight as supportive professional development in the light of new demands from educational
    reforms. Teaching and Teacher Education, 100, 103286.
    Indonesia. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala
    Sekolah/Madrasah. Sekretariat Kabinet RI. Jakarta.
    Indonesia. Undang-undang No. 20 tahun 2003 pasal 1 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sekretariat
    Negara. Jakarta.
    Indonesia. Undang-Undang RI No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Sekretariat Negara. Jakarta. Izhar, M., Zakaria, Z., & Djuwita, P. (2017). Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan
    Kinerja Mengajar Guru. Manajer Pendidikan, 11(1).
    Karnati, N. (2019). Academic Supervision To Improve The Competence Of Elementary School Teachers.
    Australasian Journal of Educational Technology, 35(1), 36–46.
    Kasirin, K. (2020). The Efforts To Improve Teacher Performance Through Academic Supervision By The
    Principal In Primary School. JP2D (Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar) UNTAN, 3(3), 112–121.
    Laubeka, H. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Menerapkan TIK Dalam Proses Pembelajaran Melalui
    Kegiatan Supervisi Akademik Di SMP Negeri 4 Buko Selatan Satap Pada Semester Genap Tahun
    Pelajaran 2019/2020. Jurnal Edukasi Gemilang (JEG), 6(3), 17–21.
    Mujiono, H. (2020). Supervisi Akademik Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru. JDMP (Jurnal
    Dinamika Manajemen Pendidikan), 4(2), 113–121.
    Murniati, A. R., & Harun, C. Z. (2015). Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Di Sd Negeri
    1 Peukan Bada Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 3(3).
    Mustabsyiroh, N., Prestiadi, D., & Imron, A. (2021). Implementation of Virtual Academic Supervision as
    an Effort to Increase Teacher Competence in The Covid-19 Pandemic. In 1st International
    Conference on Continuing Education and Technology (ICCOET 2021) (pp. 112–115). Atlantis Press. Noor, I. H. M., & Sofyaningrum, E. (2020). The academic supervision of the school principal: a case in
    indonesia. Journal of Educational and Social Research, 10(4), 81.