Isi Artikel Utama
Abstrak
Budaya Literasi digital belum melekat kuat dalam budaya masyarakat Indonesia. Hal tersebut tentunya dapat menimbulkan sebuah permasalahan untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Permasalahan tersebut harus diperhatikan secara serius untuk menyelesaikannya. Berdasarkan hasil observasi tim pengabdian ke SMPN 02 Bengkulu Tengah diketahui bahwa banyak guru dan siswa belum memanfaatkan internet guna mencari referensi dalam menunjang proses pembelajaran sehingga berdampak kepada hasil belajar yang kurang memuaskan. Literasi digital dapat memberikan dampak yang signifikan pada pencapaian pembelajaran. Literasi digital telah menjadi komponen penting dalam memfasilitasi penggunaan teknologi komunikasi dalam pendidikan, organisasi kegiatan pembelajaran, penilaian kinerja pembelajaran, dan distribusi informasi. Literasi digital dapat membantu siswa mengatasi tantangan pembelajaran dan meningkatkan proses pembelajaran. Tingkat literasi digital yang lebih tinggi dapat meningkatkan interaksi dan metode pembelajaran baru. Dengan literasi digital yang tepat, siswa dapat memperoleh banyak informasi pembelajaran dari platform pembelajaran online dan menjaga interaksi interpersonal dengan teman sebaya dan guru. Kompetensi literasi digital berperan penting dalam menunjang keberhasilan dan perkembangan pembelajaran. Tingkat literasi digital dan penggunaan teknologi dalam pembelajaran masih dalam taraf rendah sampai sedang, belum sampai menyentuh taraf tinggi.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Fadlul Amdhi Yul Amdhi, Yenni Fitria; Yosi Ayu Ahsari, Dzaky Al Khairy

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dipersilahkan mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Abdi Reksa yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC-BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Abdi Reksa bersifat akademik. Jurnal Abdi Reksa tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.
Referensi
- Akhmad, F. A. P. (2022). Efektivitas Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Dalam Meningkatkan
- Kompetensi Profesional Guru PAI SD di Kecamatan Tambun Selatan. PARAMETER, 7(1), 26–40.
- Alamdhani, C. D. A. A. C., & Hariyati, N. (n.d.). Implementasi Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan
- Profesionalisme Guru.
- Ashlan, S. (2017). Implementing the teaching supervision by principals in improving the performance of
- teachers in Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 5(1), 25–36.
- Azwardi, A. (2020). Efforts to improve teacher competency in developing learning materials through
- collaborative academic supervision. Indonesian Educational Administration and Leadership
- Journal, 2(1), 1–12.
- Budiyanti, N., Aziz, A. A., Sunandar, D., & Erihadiana, M. (2021). Supervisi Kepala Sekolah Untuk
- Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Spiritual Pendidik. Islamic Management: Jurnal
- Manajemen Pendidikan Islam, 4(01), 188–201.
- Fathurrahman, A., Sumardi, S., Yusuf, A. E., & Harijanto, S. (2019). Peningkatan Efektivtas Pembelajaran
- Melalui Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dan Teamwork. Jurnal Manajemen
- Pendidikan,7(2), 843–850.
- Fatmayani, F. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pengintegrasian
- Keterampilan Abad Ke-21 melalui Sepervisi Akademik di SMAN 2 Pinggir Kabupaten Bengkalis.
- Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 3468–3484.
- Fikriyah, M., & Riyanto, Y. (2018). The Principals’ Leadership As Academic Supervisor In Elementary
- School. In 2nd International Conference on Education Innovation (ICEI 2018) (pp. 157–161).
- Atlantis Press.
- Guntoro, D., & RC, A. R. (2016). Pengembangan Model Supervisi Akademik Berbantuan ESupervision
- Berbasis Web. Educational Management, 5(2), 122–128.
- Hardono, H., Haryono, H., & Yusuf, A. (2017). Kepemimpinan kepala sekolah, supervisi akademik, dan
- motivasi kerja dalam meningkatkan kinerja guru. Educational Management, 6(1), 26–33.
- Haug, B. S., & Mork, S. M. (2021). Taking 21st century skills from vision to classroom: What teachers
- highlight as supportive professional development in the light of new demands from educational
- reforms. Teaching and Teacher Education, 100, 103286.
- Indonesia. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala
- Sekolah/Madrasah. Sekretariat Kabinet RI. Jakarta.
- Indonesia. Undang-undang No. 20 tahun 2003 pasal 1 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sekretariat
- Negara. Jakarta.
- Indonesia. Undang-Undang RI No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Sekretariat Negara. Jakarta. Izhar, M., Zakaria, Z., & Djuwita, P. (2017). Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan
- Kinerja Mengajar Guru. Manajer Pendidikan, 11(1).
- Karnati, N. (2019). Academic Supervision To Improve The Competence Of Elementary School Teachers.
- Australasian Journal of Educational Technology, 35(1), 36–46.
- Kasirin, K. (2020). The Efforts To Improve Teacher Performance Through Academic Supervision By The
- Principal In Primary School. JP2D (Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar) UNTAN, 3(3), 112–121.
- Laubeka, H. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Menerapkan TIK Dalam Proses Pembelajaran Melalui
- Kegiatan Supervisi Akademik Di SMP Negeri 4 Buko Selatan Satap Pada Semester Genap Tahun
- Pelajaran 2019/2020. Jurnal Edukasi Gemilang (JEG), 6(3), 17–21.
- Mujiono, H. (2020). Supervisi Akademik Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru. JDMP (Jurnal
- Dinamika Manajemen Pendidikan), 4(2), 113–121.
- Murniati, A. R., & Harun, C. Z. (2015). Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Di Sd Negeri
- Peukan Bada Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 3(3).
- Mustabsyiroh, N., Prestiadi, D., & Imron, A. (2021). Implementation of Virtual Academic Supervision as
- an Effort to Increase Teacher Competence in The Covid-19 Pandemic. In 1st International
- Conference on Continuing Education and Technology (ICCOET 2021) (pp. 112–115). Atlantis Press. Noor, I. H. M., & Sofyaningrum, E. (2020). The academic supervision of the school principal: a case in
- indonesia. Journal of Educational and Social Research, 10(4), 81.
Referensi
Akhmad, F. A. P. (2022). Efektivitas Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Dalam Meningkatkan
Kompetensi Profesional Guru PAI SD di Kecamatan Tambun Selatan. PARAMETER, 7(1), 26–40.
Alamdhani, C. D. A. A. C., & Hariyati, N. (n.d.). Implementasi Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan
Profesionalisme Guru.
Ashlan, S. (2017). Implementing the teaching supervision by principals in improving the performance of
teachers in Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 5(1), 25–36.
Azwardi, A. (2020). Efforts to improve teacher competency in developing learning materials through
collaborative academic supervision. Indonesian Educational Administration and Leadership
Journal, 2(1), 1–12.
Budiyanti, N., Aziz, A. A., Sunandar, D., & Erihadiana, M. (2021). Supervisi Kepala Sekolah Untuk
Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Spiritual Pendidik. Islamic Management: Jurnal
Manajemen Pendidikan Islam, 4(01), 188–201.
Fathurrahman, A., Sumardi, S., Yusuf, A. E., & Harijanto, S. (2019). Peningkatan Efektivtas Pembelajaran
Melalui Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dan Teamwork. Jurnal Manajemen
Pendidikan,7(2), 843–850.
Fatmayani, F. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pengintegrasian
Keterampilan Abad Ke-21 melalui Sepervisi Akademik di SMAN 2 Pinggir Kabupaten Bengkalis.
Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 3468–3484.
Fikriyah, M., & Riyanto, Y. (2018). The Principals’ Leadership As Academic Supervisor In Elementary
School. In 2nd International Conference on Education Innovation (ICEI 2018) (pp. 157–161).
Atlantis Press.
Guntoro, D., & RC, A. R. (2016). Pengembangan Model Supervisi Akademik Berbantuan ESupervision
Berbasis Web. Educational Management, 5(2), 122–128.
Hardono, H., Haryono, H., & Yusuf, A. (2017). Kepemimpinan kepala sekolah, supervisi akademik, dan
motivasi kerja dalam meningkatkan kinerja guru. Educational Management, 6(1), 26–33.
Haug, B. S., & Mork, S. M. (2021). Taking 21st century skills from vision to classroom: What teachers
highlight as supportive professional development in the light of new demands from educational
reforms. Teaching and Teacher Education, 100, 103286.
Indonesia. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala
Sekolah/Madrasah. Sekretariat Kabinet RI. Jakarta.
Indonesia. Undang-undang No. 20 tahun 2003 pasal 1 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sekretariat
Negara. Jakarta.
Indonesia. Undang-Undang RI No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Sekretariat Negara. Jakarta. Izhar, M., Zakaria, Z., & Djuwita, P. (2017). Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan
Kinerja Mengajar Guru. Manajer Pendidikan, 11(1).
Karnati, N. (2019). Academic Supervision To Improve The Competence Of Elementary School Teachers.
Australasian Journal of Educational Technology, 35(1), 36–46.
Kasirin, K. (2020). The Efforts To Improve Teacher Performance Through Academic Supervision By The
Principal In Primary School. JP2D (Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar) UNTAN, 3(3), 112–121.
Laubeka, H. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Menerapkan TIK Dalam Proses Pembelajaran Melalui
Kegiatan Supervisi Akademik Di SMP Negeri 4 Buko Selatan Satap Pada Semester Genap Tahun
Pelajaran 2019/2020. Jurnal Edukasi Gemilang (JEG), 6(3), 17–21.
Mujiono, H. (2020). Supervisi Akademik Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru. JDMP (Jurnal
Dinamika Manajemen Pendidikan), 4(2), 113–121.
Murniati, A. R., & Harun, C. Z. (2015). Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Di Sd Negeri
Peukan Bada Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 3(3).
Mustabsyiroh, N., Prestiadi, D., & Imron, A. (2021). Implementation of Virtual Academic Supervision as
an Effort to Increase Teacher Competence in The Covid-19 Pandemic. In 1st International
Conference on Continuing Education and Technology (ICCOET 2021) (pp. 112–115). Atlantis Press. Noor, I. H. M., & Sofyaningrum, E. (2020). The academic supervision of the school principal: a case in
indonesia. Journal of Educational and Social Research, 10(4), 81.