Main Article Content
Abstract
Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam tradisional di Indonesia memiliki peran
penting dalam mencetak generasi muda yang berakhlak mulia, berpengetahuan agama dan siap
menghadapi tantangan zaman. Namun, dalam banyak kasus, santri di pondok pesantren
cenderung kurang mendapatkan akses dan pelatihan yang memadai terkait teknologi informasi.
Padahal, penguasaan teknologi komputer dan informasi sangat diperlukan untuk mendukung
berbagai aspek kehidupan santri. Dengan literasi digital yang baik, santri dapat mengakses
informasi yang lebih luas dan terkini, meningkatkan efektivitas belajar mengajar, serta
memanfaatkan media digital untuk kegiatan dakwah dan penyebaran nilai-nilai Islam.
Berdasarkan hasil survei dan observasi di Pondok Pesantren Mambaul Ulum, menunjukkan
bahwa para santri kekurangan keterampilan dasar dalam menggunakan komputer dan internet.
Menanggapi hal ini, tim KKM 53 dari Universitas Bina Bangsa merancang program pelatihan
untuk meningkatkan literasi digital santri. Pelatihan mencakup pengoperasian komputer dasar,
penggunaan aplikasi perkantoran, dan keamanan digital. Setelah pelatihan, 86.67% peserta
menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan teknologi informasi. Keberhasilan
program ini menunjukkan pentingnya keterlibatan langsung tim pelaksana dan adanya kebutuhan
serta minat tinggi terhadap literasi digital di pesantren.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Mochammad Darip

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dipersilahkan mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Abdi Reksa yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC-BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Abdi Reksa bersifat akademik. Jurnal Abdi Reksa tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.
References
-
Dhuka, M. N. (2022). Perencanaan Strategis Mutu Pendidikan Agama Islam. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 3(5), 287–298. https://doi.org/10.7777/jiemar
Dwi Erwahyudin, D., & Khusnul Rois, A. (2023). Pendampingan Dakwah Digital Muhammadiyah Ngrayun Timur. Communnity Development Journal, 4(3), 5953–5957.
Rahayu, D. A., Mangsur, F. Al, & Anggia, A. A. (2022). Sosialisasi Pengenalan Seni Budaya Lokal kepada Masyarakat Desa Boyolangu Melalui Digitalisasi untuk Meningkatkan Nasionalisme. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(6), 1945–1952. https://doi.org/10.54082/jamsi.563
Rahmanto, A. N., Yuliarti, M. S., & Naini, A. M. I. (2023). Fact Checking dan Digital Hygiene: Penguatan Literasi Digital sebagai Upaya Mewujudkan Masyarakat Cerdas Anti Hoaks. PARAHITA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 77–85. https://doi.org/10.25008/parahita.v3i2.85
Ramadhani, I. W., Fahmawati, Z. N., & Affandi, G. R. (2021). Pelatihan Goal Setting Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Siswa Di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo. Altruis: Journal of Community Services, 2(3). https://doi.org/10.22219/altruis.v2i3.18044
Sri Winarni, A. F., & Suciptaningsih, A. O. (2024). Penerapan Microsite Berbasis PBL Pada Materi Uang, Pendapatan, Tabungan, Investasi Dan Literasi Keuangan Untuk Meningkatkan Literasi Digital Serta Literasi Finansial. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 4097–4110.
Vionita, A., Nduru, R., Herawati, H., & Arnova, I. (2024). Sosialisasi Dan Edukasi Pemanfaatan Marketplace Dalam Mengembangkan Minat Wirausaha Mahasiswa Guna Menunjang Ekonomi Mandiri. ADM: Jurnal Abdi Dosen Dan Mahasiswa, e2(2), 159–162. https://doi.org/10.61930/jurnaladm
Warsah, I., & Habibullah, H. (2022). Implementasi Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di Madrasah. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 213–225. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3595
References
Dwi Erwahyudin, D., & Khusnul Rois, A. (2023). Pendampingan Dakwah Digital Muhammadiyah Ngrayun Timur. Communnity Development Journal, 4(3), 5953–5957.
Rahayu, D. A., Mangsur, F. Al, & Anggia, A. A. (2022). Sosialisasi Pengenalan Seni Budaya Lokal kepada Masyarakat Desa Boyolangu Melalui Digitalisasi untuk Meningkatkan Nasionalisme. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(6), 1945–1952. https://doi.org/10.54082/jamsi.563
Rahmanto, A. N., Yuliarti, M. S., & Naini, A. M. I. (2023). Fact Checking dan Digital Hygiene: Penguatan Literasi Digital sebagai Upaya Mewujudkan Masyarakat Cerdas Anti Hoaks. PARAHITA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 77–85. https://doi.org/10.25008/parahita.v3i2.85
Ramadhani, I. W., Fahmawati, Z. N., & Affandi, G. R. (2021). Pelatihan Goal Setting Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Siswa Di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo. Altruis: Journal of Community Services, 2(3). https://doi.org/10.22219/altruis.v2i3.18044
Sri Winarni, A. F., & Suciptaningsih, A. O. (2024). Penerapan Microsite Berbasis PBL Pada Materi Uang, Pendapatan, Tabungan, Investasi Dan Literasi Keuangan Untuk Meningkatkan Literasi Digital Serta Literasi Finansial. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 4097–4110.
Vionita, A., Nduru, R., Herawati, H., & Arnova, I. (2024). Sosialisasi Dan Edukasi Pemanfaatan Marketplace Dalam Mengembangkan Minat Wirausaha Mahasiswa Guna Menunjang Ekonomi Mandiri. ADM: Jurnal Abdi Dosen Dan Mahasiswa, e2(2), 159–162. https://doi.org/10.61930/jurnaladm
Warsah, I., & Habibullah, H. (2022). Implementasi Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di Madrasah. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 213–225. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3595