Isi Artikel Utama

Abstrak

Literasi tidak hanya mencakup kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga kemampuan berpikir kritis, kreativitas, dan akses terhadap informasi yang penting untuk partisipasi dalam pembangunan nasional. Di Indonesia, meskipun upaya peningkatan literasi terus dilakukan, tantangan sekolah di daerah pedesaan, khususnya desa tertinggal masih besar. Banyak siswa di daerah ini yang mengalami keterbatasan akses terhadap buku dan bahan bacaan lainnya karena keterbatasan fasilitas perpustakaan, contohnya Sekolah Dasar Negeri Kedung yang berlokasi Desa Cirumpak Kabupaten Tangerang. Menanggapi kondisi ini, mahasiswa dan dosen dari Universitas Bina Bangsa, melalui program Kuliah Kerja Mahasiswa yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat untuk menghadirkan perpustakaan keliling di sekolah tersebut. Metode pengabdian masyarakat dilakukan dengan beberapa langkah, dimulai dari mengidentifikasi sekolah yang kekurangan fasilitas perpustakaan, penilaian kebutuhan, koordinasi dengan dinas terkait, hinggga evaluasi. Hasil evaluasi kegiatan menunjukkan tingkat kepuasan siswa mencapai 85,56% dan dampak kegiatan sebesar 81,67%. Sebanyak 75,0% guru dan sekolah mengakui program kegiatan ini dapat mendukung dalam proses kegiatan belajar mengajar di kelas. Dan 82,99% responden menganggap perlu dilakukan keberlanjutan program kegiatan ini melalui peningkatan frekuensi kunjungan perpustakaan keliling serta penambahan jumlah dan variasi buku agar sesuai dengan kurikulum. Evaluasi ini menjadi dasar untuk pengembangan program kegiatan sehingga dapat diadaptasi oleh sekolah lain.

Kata Kunci

Desa, Literasi, Perpustakaan, Program, Sekolah Desa Literasi Perpustakaan Program Sekolah

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Ibnu, Universitas Bina Bangsa

Student

Puspa, Universitas Bina Bangsa

Student

Deni, Universitas Bina Bangsa

Student

Egi, Universitas Bina Bangsa

Student

Galuh, Universitas Bina Bangsa

Student

Ilham, Universitas Bina Bangsa

Student

Silfiana, Universitas Bina Bangsa

Student

Referensi

  1. Amdhi Yul, F., Fitria, Y., Ayu Ahsari, Y., & Al Khairy, D. (2024). Penguatan Literasi Digital Bagi Siswa dan Guru SMPN 02 Bengkulu Tengah. Abdi Reksa, 5(2), 64–71. www.ejournal.unib.ac.id/index.php/abdireksa
  2. Amri, S., & Rochmah, E. (2021). Pengaruh Kemampuan Literasi Membaca Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 13(1), 52–58.
  3. Arifin, N. Y., Veza, O., Setyabudhi, A. L., & Fernandes, A. L. (2024). Sosialisasi Pentingnya Cyber Security Untuk Menjaga Keamanan Online Studi Fakultas Teknik Informatika Universitas Ibnu Sina. Mars: Jurnal Teknik Mesin, Industri, Elektro Dan Ilmu Komputer, 2(4), 157–162.
  4. Cahyani, N., Hutagalung, E. N. H., & Harahap, S. H. (2024). Berpikir Kritis Melalui Membaca: Pentingnya Literasi Dalam Era Digital. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research, 2(1), 417–422.
  5. Muhajjirin, Yumiarty, Y., & Rizkyantha, O. (2024). Strategi Promosi Layanan perpustakaan Keliling di Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah kabupaten Rejang Lebong. https://e-theses.iaincurup.ac.id/information.html
  6. Najdah, T., Syahrabudin, H. E., & Umiyati, H. (2024). Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar Melalui Program Bimbingan Belajar dan Pengadaan Perpustakaan Keliling di Kota Merauke. PAPSEL: Jurnal Pengabdian Dan Inovasi, 01(01), 12–18.
  7. Odah, A., & Yuniarti, Y. (2023). Budaya Literasi Sekolah untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21. JURNAL BASICEDU, 7(6), 4193–4203. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6730
  8. Widyaningrum, T. F., Rahmawati, L. E., Dharojah, R. W., Fitria, C. N., & Darwis, D. (2024). Menggerakkan Roda Literasi: Inovasi Perpustakaan Keliling Sragen dalam Membangun Budaya Baca bagi Siswa Sekolah Dasar. JIKM: Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 4(1), 85–98. https://doi.org/10.56972/jikm.v4i1.119
  9. Yektyastuti, R., Mawardini, A., Amalia Novia, D., Assilmi Dewi, N., & Ramdani, A. (2024). Peningkatan Literasi Baca Anak Melalui Pojok Literasi Dan Pengelolaan Perpustakaan Di Sdn Pasir Muncang 02. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 22–33. https://doi.org/10.30997/ejpm.v5i1.10409
  10. Yurni Ulfa, A., Mutiah, H., & Azis, S. (2024). Penguatan Literasi Pada Anak-Anak Nelayan Usia Sekolah Dasar Melalui Perpustakaan Keliling di Kelurahan Mariorennu. J. A. I: Jurnal Abdimas Indonesia, 4(2), 189–197. https://dmi-journals.org/jai/