Main Article Content

Abstract

Transformasi Digital UMKM menjadi prioritas penguatan fondasi ekonomi, serta upaya percepatan pemulihan dan peningkatan daya saing ekonomi nasional, termasuk dalam meningkatkan produktivitas dan kinerja UMKM. Dengan menggunakan teknologi digital secara optimal dalam menjalankan bisnisnya, UMKM bisa memperoleh sejumlah manfaat, antara lain mampu menjangkau basis konsumen yang lebih besar, meningkatkan pendapatan, memudahkan monitoring aktivitas usaha, serta menurunkan biaya, khususnya biaya pemasaran, logistik, dan pengiriman. Pada Kelurahan Sawah lebar Terdapat banyak UMKM, namun masih terbatas dengan pemasaran secara tradisional, hal ini dikarenakan pemahaman tentang Teknik digital marketing masih sangat terbatas, kemudian tidak memiliki media perantara digital marketing, banyak pelaku UMKM yang sudah berumur, terbilang rata-rata berumur 40 tahunan, sehingga perlu belajar ekstra untuk proses digitalisasi. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pelaku UMKM tentang  digitalisasi pemasaran dan manajemen produk, kegiatan ini dilakukan dengan metode PAR (Participatory Action Research) dimana kegiatan yang tahap pertama adalah  terlibat langsung dalam menggali informasi permasalahan yang dihadapi oleh mitra. Kemudian dilanjutkan tahap Refleksi, dan Pelaksanaan Program pelatihan manajemen produk dan pemasaran.

Keywords

Digitalisasi UMKM Pemasaran PAR Literasi Digitalisasi UMKM Pemasaran PAR Literasi

Article Details

References

    Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. In ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (Vol. 6, Issue 2).
    Dinarah, A., Rumestri, S., Firananta, Y., Atmono, S., & Campoko, D. (n.d.). Nomor 1. 2023 33 Agatha Dinarah | Jurnal Desain Universitas Pembangunan Jaya 2,3 Program Studi Desain Produk (Vol. 2).
    Evangeulista. (n.d.). Strategi Umkm Dalam Menghadapi Digitalisasi Evangeulista. Jurnal Oikos-Nomos, 16, 2023.
    Gunawan Wibowo, Y. (2021a). Analisa Literasi Digital Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) Makanan Islami Dalam Kemasan. In Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia (Vol. 7, Issue 1).
    Gunawan Wibowo, Y. (2021b). Analisa Literasi Digital Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) Makanan Islami Dalam Kemasan. In Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia (Vol. 7, Issue 1).
    Hadion Wijoyo. (2019). Digital Economy Dan Umkm. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/348150340
    Setya, G. (2021). Digitalisasi Proses Bisnis Penjualan Studi Kasus Pt Limas Indra Group.
    Nurul Qomar, M., Dara, L., Karsono, P., Aniqoh, F. Z., Aini, C. N., Anjani, Y., & Bisnis, F. E. (2022). PENINGKATAN KUALITAS UMKM BERBASIS DIGITAL DENGAN METODE PARTICIPATORY ACTION RESEARCH (PAR). Communnity Development Journal, 3(1), 74–81.
    Pamungkas, A. A., Suryaningrum, I. D., Arifin, B., Daryanto, H. M., Putra, A. N., Christin, S. I., & Pritalia, G. L. (2023). Pelatihan Digitalisasi untuk Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM Tempe (Vol. 2, Issue 2).
    Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. doi: 10.21009/jpmm.001.1.01
    Setya, G. (2021). Digitalisasi Proses Bisnis Penjualan Studi Kasus Pt Limas Indra Group.