Main Article Content
Abstract
Mengembangkan keterampilan ilmu komputer pada siswa sekolah menengah merupakan salah satu inisiatif strategis kami untuk mempersiapkan generasi muda menghadapi tantangan dunia kerja. Namun masih banyak mahasiswa yang kesulitan dalam menulis proposal bisnis karena belum memahami elemen dasar seperti analisis pasar, perencanaan keuangan, dan strategi pemasaran. Pengabdian masyarakat ini dirancang untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam menulis proposal bisnis melalui pendekatan pendidikan kreatif berbasis proyek. Metode yang digunakan meliputi penyuluhan dan seluruh kegiatan dilaksanakan pada tanggal 21 November 2024 di SMK Media Informatika, salah satu SMK di kota Jakarta, untuk siswa kelas XII. Sebanyak 36 orang berpartisipasi sebagai relawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap unsur-unsur Google Sites meningkat. Kesimpulan dari layanan ini adalah metode pengajaran kreatif berbasis proyek telah terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan siswa dengan cara yang praktis dan dapat ditransfer. Kegiatan serupa di masa depan mencakup peningkatan jam konsultasi individu dan peningkatan fasilitas pendukung pelatihan. Kami juga merekomendasikan agar program ini dapat direplikasi di sekolah lain untuk meningkatkan efektivitasnya.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2025 Dika Andika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dipersilahkan mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Abdi Reksa yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC-BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Abdi Reksa bersifat akademik. Jurnal Abdi Reksa tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.
References
- Freeman, S., Eddy, S. L., McDonough, M., Smith, M. K., Okoroafor, N., Jordt, H., & Wenderoth, M. P. (2014). Active learning increases student performance in science, engineering, and mathematics. Proceedings of the National Academy of Sciences, 111(23), 8410–8415.
- Hakim, W. I. (2024). Dampak Program Kampus Mengajar terhadap motivasi belajar IPA siswa SMP: perspektif guru dan siswa. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran.
- Ismail, R., Slamat, T. A. H., & Wabula, V. (2024). The impact of Kampus Mengajar Program on teaching and learning at SD Negeri 84 Ambon. Huele: Journal of Applied Linguistics, Literature and Culture.
- Mulasiwi, C. M., Kholifaturrohmah, R., Najmudin, N., & Sukendro, N. D. W. (2025). The influence of the implementation of the Teaching Campus MBKM program on student learning agility and civic engagement. Dinamika Pendidikan, 19(2), 191–202.
- Putri, F. M., Swandi, A., & Rahmadhanningsih, S. (2024). Analisis efektivitas Kampus Mengajar Angkatan 5 dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Ilmiah Ecosystem.
- Suranto, S. et al. (2023). The contribution of Kampus Mengajar program to the students’ personal development and employability. Al Ishlah: Jurnal Pendidikan, 15(3), 2922–2934.
- Stang, J. B., & Roll, I. (2013). Interactions between teaching assistants and students boost engagement in physics labs. arXiv.
- Umami, L., Anggraeni, L., & Tanshzil, S. W. (2023). The effect of Campus Teaching Program on increasing student civic engagement. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial.
- Vanesa, W. H., Putra, M. J. A., & Otang, K. (2024). Evaluating the impact of the Kampus Mengajar Program on problem solving skills in primary school teacher education students. Alishlah.
- Wallace, C. S., Prather, E. E., & Milsom, J. A. (2020). Students taught by a first time instructor using active learning teaching strategies outperform students taught by a highly regarded traditional instructor. Journal of College Science Teaching.
References
Freeman, S., Eddy, S. L., McDonough, M., Smith, M. K., Okoroafor, N., Jordt, H., & Wenderoth, M. P. (2014). Active learning increases student performance in science, engineering, and mathematics. Proceedings of the National Academy of Sciences, 111(23), 8410–8415.
Hakim, W. I. (2024). Dampak Program Kampus Mengajar terhadap motivasi belajar IPA siswa SMP: perspektif guru dan siswa. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran.
Ismail, R., Slamat, T. A. H., & Wabula, V. (2024). The impact of Kampus Mengajar Program on teaching and learning at SD Negeri 84 Ambon. Huele: Journal of Applied Linguistics, Literature and Culture.
Mulasiwi, C. M., Kholifaturrohmah, R., Najmudin, N., & Sukendro, N. D. W. (2025). The influence of the implementation of the Teaching Campus MBKM program on student learning agility and civic engagement. Dinamika Pendidikan, 19(2), 191–202.
Putri, F. M., Swandi, A., & Rahmadhanningsih, S. (2024). Analisis efektivitas Kampus Mengajar Angkatan 5 dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Ilmiah Ecosystem.
Suranto, S. et al. (2023). The contribution of Kampus Mengajar program to the students’ personal development and employability. Al Ishlah: Jurnal Pendidikan, 15(3), 2922–2934.
Stang, J. B., & Roll, I. (2013). Interactions between teaching assistants and students boost engagement in physics labs. arXiv.
Umami, L., Anggraeni, L., & Tanshzil, S. W. (2023). The effect of Campus Teaching Program on increasing student civic engagement. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial.
Vanesa, W. H., Putra, M. J. A., & Otang, K. (2024). Evaluating the impact of the Kampus Mengajar Program on problem solving skills in primary school teacher education students. Alishlah.
Wallace, C. S., Prather, E. E., & Milsom, J. A. (2020). Students taught by a first time instructor using active learning teaching strategies outperform students taught by a highly regarded traditional instructor. Journal of College Science Teaching.