Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui : 1) Mengetahui besarnya harga pokok produksi pada industri rumah tangga brem di Desa Gebang, 2) Mengetahui besarnya kontribusi pendapatan usaha pengolahan brem terhadap penerimaan rumah tangga pengolah brem di desa Gebang, 3) Mengetahui bentuk saluran pemasaran dan marjin pemasaran brem di Desa Gebang. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja yaitu di Desa Gebang, penentuan responden dengan metode sensus dimana responden yang diambil sebanyak 20 orang pengolah brem. Sedangkan untuk lembaga pemasaran melalui penelusuran sebanyak 2 orang pedagang pengumpul desa (PPD),2 orang pedagang antar kota (PAK) dan 4 orang pedagang pengecer (PP). Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Analisis yang digunakan adalah analisis penentuan harga pokok produksi,analisis kontribusi penerimaan dan analisis pemasaran.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa harga pokok produksi rata-rata pengolahan brem per periode produksi adalah Rp 14.731,77 per kg, kontribusi pendapatan usaha pengolahan brem terhadap pendapatan rumah tangga adalah sebesar 32,28% termasuk kategori tinggi. Sedangkan saluran pemasaran brem di Desa Gebang terdiri dari 3 saluran , yaitu : 1 pengolah menjual brem ke PPD, PPD menjual ke PAK, PAK menjual ke PP, PP menjual ke konsumen. 2) PAK menjual brem ke PPL. 3) PAK menjual brem ke PB di Yogyakarta. Marjin pemasaran yang diterima PPD adalah sebesar Rp 2.000,00 per kg, PAK sebesar Rp 3.000,00 dan PP sebesar Rp 5.000,00
Keywords
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Azzaino, Z. (1983). Pengantar Tataniaga Pertanian. Departemen ilmu-ilmu Sosial. Fakultas pertanian Institut Pertanian Bogor: Bogor.
- Garrison. 2002. Akutansi Manajemen Jilid I. ITB: Bandung
- Kotler, P. 1987. Manajemen Pemasaran Jilid I. Erlangga: Jakarta.
- Nazir, M. 1998. Metodologi Penelitian. Ghalia Indonesia: Jakarta.
- Ningsih. G. M. Analisis Nilai Tambah Agroindustri Brem (Studi Kasus di Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun).
- Tropika Volume 10. No.02, hal. 169-175, 2002. Jurusan Agribisnis. Fakultas Pertanian. UMM: Malang.
- Soekartawi.1991. Agribisnis Teori dan Aplikasinya. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
References
Azzaino, Z. (1983). Pengantar Tataniaga Pertanian. Departemen ilmu-ilmu Sosial. Fakultas pertanian Institut Pertanian Bogor: Bogor.
Garrison. 2002. Akutansi Manajemen Jilid I. ITB: Bandung
Kotler, P. 1987. Manajemen Pemasaran Jilid I. Erlangga: Jakarta.
Nazir, M. 1998. Metodologi Penelitian. Ghalia Indonesia: Jakarta.
Ningsih. G. M. Analisis Nilai Tambah Agroindustri Brem (Studi Kasus di Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun).
Tropika Volume 10. No.02, hal. 169-175, 2002. Jurusan Agribisnis. Fakultas Pertanian. UMM: Malang.
Soekartawi.1991. Agribisnis Teori dan Aplikasinya. Raja Grafindo Persada: Jakarta.