Main Article Content
Abstract
Tujuan pengabdian pada masyarakat untuk menyajikan materi sains bermakna dan menyenangkan. Materi sains yang dibahas mengenai konep listrik dinamis. Kegiatan dilakukan dalam 2 langkah, yaitu: 1) melakukan eksplorasi pemahaman terkait konsep listrik dinamis, dan 2) melakukan percobaan sederhana untuk mengukur variabel fisis kuat arus, Tegangan dan daya menggunakan pemanfaat sayur dan buah. Materi disampaikan dengan ceramah, diskusi, demonstrasi dan Eksperimen. Peserta berjumlah 16 siswa di SMP N 2 Kota Bengkulu. Kegiatan dilaksanakan di laboratorium SMP N 2 Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan antara lain angket respon siswa terhadap proses pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini antara lain : 1) siswa memperoleh wawasan dan pengetahuan bahwa sayur dan buah dapat menghantarkan arus listrik 2) penguatan konsep Listrik dinamis, dan 3) Siswa termotivasi belajar sains berbasis percobaan. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah siswa termotivasi dan menambah pengetahuan dalam belajar sains pada konsep abstrak melalui percobaan sederhana yang bermakna dan menyenangkan
Article Details
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Asmani, J.M. 2011. 7 Tips Aplikasi PAKEM. Jogjakarta: Diva Press
- Jauhar, Mohamad. 2011. Implementasi PAIKEM dari Behavioristik sampai Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya
- Kartawidjaja, M., Abdurrocman, A., dan Rumeksa, E. 2008. Pencarian Parameter Bio-Baterai Asam Sitrat (C6H8O7).Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi-II : 105-115
- Masrukhi dan Rahayuningsih, M. (2010). Universitas Konservasi: Wahana Pembangun Karakter Bangsa (Sebuah Renungan Dies Natalies Unnes ke-45). Semarang: Unnes.
- Morar, F., and A. Peterlicean. (2012). The role and importance of educating youth regarding biodiversity conservation in protected natural areas. Procedia Economics and Finance 3, 1117-1121
- Ramadoss, A., and G. Poyyamoli. (2011). Biodiversity conservation through environmental education for sustainable development – A case study from Puducherry, India. International Electronic Journal of Environmental Education 1(2), 97-111
- Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada
References
Asmani, J.M. 2011. 7 Tips Aplikasi PAKEM. Jogjakarta: Diva Press
Jauhar, Mohamad. 2011. Implementasi PAIKEM dari Behavioristik sampai Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya
Kartawidjaja, M., Abdurrocman, A., dan Rumeksa, E. 2008. Pencarian Parameter Bio-Baterai Asam Sitrat (C6H8O7).Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi-II : 105-115
Masrukhi dan Rahayuningsih, M. (2010). Universitas Konservasi: Wahana Pembangun Karakter Bangsa (Sebuah Renungan Dies Natalies Unnes ke-45). Semarang: Unnes.
Morar, F., and A. Peterlicean. (2012). The role and importance of educating youth regarding biodiversity conservation in protected natural areas. Procedia Economics and Finance 3, 1117-1121
Ramadoss, A., and G. Poyyamoli. (2011). Biodiversity conservation through environmental education for sustainable development – A case study from Puducherry, India. International Electronic Journal of Environmental Education 1(2), 97-111
Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada