Main Article Content
Abstract
Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah : (1) Untuk memberi pengetahuan (Knowledge), tentang pendekatan pembelajaran BCCT (Beyond Center and Circle Time);kepada guru-guru PAUDNI Dharma Wanita Kota Bengkulu; (2) Untuk memberi keterampilan (Skills), tentang pendekatan pembelajaran BCCT (Beyond Center and Circle Time) kepada guru-guru PAUDNI Dharma Wanita Kota Bengkulu; (3) Untuk memberi nilai dan sikap (Values/Attitudes), tentang pendekatan pembelajaran BCCT (Beyond Center and Circle Time);kepada guru-guru PAUDNI Dharma Wanita Kota Bengkulu
Metode yang digunakan untuk menyampaikan materi pendekatan pembelajaran BCCT kepada guru PAUDNI Dharma Wanita Kota Bengkulu melalui : (1) Ekspositori; (2) Tanya Jawab; (3) Diskusi; (4) Demonstrasi; (4) Focus Group Discussion (FGD); (5) Metode bermain. Instrumen yang dipergunakan dalam pengabdian kepada masyarakat adalah : (1) Power Point; (2) Materi pendekatan pembelajaran BCCT; (3) Spanduk yang bertuliskan Pengabdian kepada Masyarakat dengan tema: Pendekatan pembelajaran BCCT pada guru-guru PAUDNI Dharma Wanita Kota Bengkulu; (4) Vide.
Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini sebagai berikut: (1) Guru-guru PAUDNI memiliki pengetahuan (Knowledges)yang berkenaan dengan pendekatan pembelajaran BCCT; (2) Guru-guru PAUDNI Dharma Wanita Kota Bengkulu akan memiliki keterampilan (Skills) yang berkenaan dengan pendekatan pembelajaran BCCT; (3) Guru-guru PAUDNI Dharma Wanita Kota Bengkulu memiliki nilai dan sikap (Values/Attitudes) yang berkenaan dengan pendekatan pembelajaran BCCTArticle Details
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Anita Yus. 2011. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
- Departemen Pendidikan Nasional. Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
- Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Pedoman Penerapan Pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT) (Pendekatan Sentra dan Lingkaran) dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
- Meri Hartati. 2019. Pengaruh Penerapan Metode BCCT (Beyond Center and Circle Time) terhadap Kemampuan Membaca (Studi pada PAUD Sayang Bunda) Bengkulu Tengah.
- Mansur. 2005. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
- Trianto. 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Prestasi Pustaka.
- Wiyani, Novan Ardy & Barnawi. 2012. Format PAUD Konsep, Karakteristik & Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
References
Anita Yus. 2011. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Departemen Pendidikan Nasional. Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Pedoman Penerapan Pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT) (Pendekatan Sentra dan Lingkaran) dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
Meri Hartati. 2019. Pengaruh Penerapan Metode BCCT (Beyond Center and Circle Time) terhadap Kemampuan Membaca (Studi pada PAUD Sayang Bunda) Bengkulu Tengah.
Mansur. 2005. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Trianto. 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Prestasi Pustaka.
Wiyani, Novan Ardy & Barnawi. 2012. Format PAUD Konsep, Karakteristik & Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media