Main Article Content

Abstract

Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah : (1) Untuk memberi pengetahuan (Knowledge), tentang  pendekatan pembelajaran BCCT (Beyond Center and Circle Time);kepada guru-guru PAUDNI Dharma Wanita Kota Bengkulu; (2) Untuk memberi keterampilan (Skills), tentang  pendekatan pembelajaran BCCT (Beyond Center and Circle Time) kepada guru-guru PAUDNI Dharma Wanita Kota Bengkulu; (3) Untuk memberi nilai dan sikap (Values/Attitudes), tentang  pendekatan pembelajaran BCCT (Beyond Center and Circle Time);kepada guru-guru PAUDNI Dharma Wanita Kota Bengkulu

   Metode yang digunakan untuk menyampaikan materi  pendekatan pembelajaran BCCT kepada guru PAUDNI Dharma Wanita Kota Bengkulu melalui : (1) Ekspositori; (2) Tanya Jawab; (3) Diskusi; (4) Demonstrasi;  (4) Focus Group Discussion (FGD); (5) Metode bermain. Instrumen yang dipergunakan dalam pengabdian kepada masyarakat adalah : (1) Power Point; (2) Materi  pendekatan pembelajaran BCCT; (3) Spanduk yang bertuliskan Pengabdian kepada Masyarakat dengan tema: Pendekatan pembelajaran BCCT pada  guru-guru PAUDNI Dharma Wanita Kota Bengkulu; (4) Vide.

Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini sebagai berikut: (1) Guru-guru PAUDNI memiliki pengetahuan (Knowledges)yang berkenaan dengan  pendekatan pembelajaran BCCT; (2) Guru-guru PAUDNI Dharma Wanita Kota Bengkulu  akan memiliki keterampilan (Skills) yang berkenaan dengan  pendekatan pembelajaran BCCT; (3) Guru-guru PAUDNI Dharma Wanita Kota Bengkulu memiliki nilai dan sikap  (Values/Attitudes) yang berkenaan  dengan pendekatan pembelajaran BCCT

Article Details

How to Cite
Wachidi, W. (2021). Pendekatan Pembelajaran Beyond Center and Circle Time (BCCT) pada Guru-Guru PAUDNI Dharma Wanita Kota Bengkulu. Andromeda: Jurnal Pengabdian Masyarakat Rafflesia, 1(2), 32–35. https://doi.org/10.33369/andromeda.v1i2.19235

References

  1. Anita Yus. 2011. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  2. Departemen Pendidikan Nasional. Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
  3. Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Pedoman Penerapan Pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT) (Pendekatan Sentra dan Lingkaran) dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
  4. Meri Hartati. 2019. Pengaruh Penerapan Metode BCCT (Beyond Center and Circle Time) terhadap Kemampuan Membaca (Studi pada PAUD Sayang Bunda) Bengkulu Tengah.
  5. Mansur. 2005. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
  6. Trianto. 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Prestasi Pustaka.
  7. Wiyani, Novan Ardy & Barnawi. 2012. Format PAUD Konsep, Karakteristik & Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media