Main Article Content
Abstract
kegiatan ini akan membantu guru kimia dalam hal meningkatkan keterampilan praktikum siswa. Keterampilan praktikum siswa ditingkatkan melalui Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan sesuai dengan materi kimia sehingga proses pembelajaran praktikum tetap berlangsung menjadi lebih inovatif dan dapat mewujudkan pembelajaran inovatif abad 21. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini yakni metode pendekatan dimana dilakukan pelatihan dan pengenalan LKPD elektronik berbasis virtual laboratory PhET kepada guru-guru kimia yang tergabung dalam MGMP Kimia Kota Bengkulu. Kegiatan ini dihadiri
oleh guru-guru Kimia sebanyak 23 Orang dan dilaksanakan di SMAN 5 Kota Bengkulu. Tahap Pelaksaan kegiatan dimulai dengan pengenalan virtual laboratory PhET, pembuatan LKPD elektronik menggunakan aplikasi PDF Professional. Peserta pengabdian antusias terhadap kegiatan yang dilakukan. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru, kegiatan ini diharapkan dapat dilanjutkan dengan waktu yang lebih banyak, sehingga kegiatan praktikum dapat tetap dilaksanakan walau dalam bentuk virtual, bisa dilakukan dimana dan kapan saja serta sesuai
dengan petunjuk praktikum yang ada
Article Details
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Amarlita, Dhamas Mega., dan Sarfan,
- Ernawati. 2014. Analisis Kemampuan
- Makroskopis, Mikroskopis dan
- Simbolik Pada Materi Kesetimbangan
- Kimia. Jurnal Bimafika, 4(6): 677-680.
- Ekawati, Y., Haris, A., & Amin, B. 2015.
- Penerapan Media Simulasi
- Menggunakan PHET (Physics
- Education And Technology) Terhadap
- Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas
- X SMA Muhammadiyah Limbung.
- Jurnal Pendidikan Fisika Unismuh.3(1):
- -393.
- Indrayani, P. 2013. Understanding Analysis
- Macroscopic, microscopic, and AcidBase Titration Symbolic Student Class
- XI Science High School and
- Improvement Efforts Microscopy
- Approach. Jurnal Pendidikan Sains.
- (2): 208-216.
- Junaidi, E., Hadisaputra, S., & Al Idrus, S. W.
- Kajian Pelaksanaan Praktikum
- Kimia Di Sekolah Menengah Atas
- Negeri Se Kabupaten Lombok Tengah.
- Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan.2(1):
- –111.
- Mansyur, A. R. 2020. Dampak COVID-19
- Terhadap Dinamika Pembelajaran Di
- Indonesia. Education and Learning
- Journal.1(2): 113
- Neti, Z. A. Imam S., Erman. 2016.
- Pengembangan Perangkat
- Pembelajaran Inkuiri Terbimbing
- Berbantuan PhET pada Materi Listrik
- Dinamis untuk Meningkatkan
- Keterampilan Berpikir Kritis Peserta
- didik. Jurnal Penelitian Pendidikan
- Sains.6 (1): 1100-1106
- Perkins, K, & Wendy. 2006. PhET:
- Interactive Simulations for Teaching
- and Learning Physics. Journal The
- Physics Teacher. 44(2) : 75-81
- Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat
- Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA
- Press. ISBN: 9786029789893.
- Suranti, N. 2016. Pengaruh Model Project
- Based Learning Berbantuan Media
- Virtual Terhadap Penguasaan Konsep
- Peserta didik pada Materi Alat-alat
- Optik. Jurnal Pendidikan Fisika dan
- Teknologi. 2(2): 73-79.
- Swandi, A., Nurul Hidayah, S., & Irsan, L. J.
- Pengembangan Media
- Pembelajaran Laboratorium Virtual
- untuk Mengatasi Miskonsepsi Pada
- Materi Fisika Inti di SMAN 1
- Binamu.Jurnal Fisika Indonesia.18(52):
- –24
- Zulaiha., Hartono., & Ibrahim, A. R. 2014.
- Pengembangan Buku Panduan
- Praktikum Kimia Hidrokarbon
- Berbasis Keterampilan Proses Sains di
- SMA. Jurnal Pendidikan Kimia.1(1): 87-
References
Amarlita, Dhamas Mega., dan Sarfan,
Ernawati. 2014. Analisis Kemampuan
Makroskopis, Mikroskopis dan
Simbolik Pada Materi Kesetimbangan
Kimia. Jurnal Bimafika, 4(6): 677-680.
Ekawati, Y., Haris, A., & Amin, B. 2015.
Penerapan Media Simulasi
Menggunakan PHET (Physics
Education And Technology) Terhadap
Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas
X SMA Muhammadiyah Limbung.
Jurnal Pendidikan Fisika Unismuh.3(1):
-393.
Indrayani, P. 2013. Understanding Analysis
Macroscopic, microscopic, and AcidBase Titration Symbolic Student Class
XI Science High School and
Improvement Efforts Microscopy
Approach. Jurnal Pendidikan Sains.
(2): 208-216.
Junaidi, E., Hadisaputra, S., & Al Idrus, S. W.
Kajian Pelaksanaan Praktikum
Kimia Di Sekolah Menengah Atas
Negeri Se Kabupaten Lombok Tengah.
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan.2(1):
–111.
Mansyur, A. R. 2020. Dampak COVID-19
Terhadap Dinamika Pembelajaran Di
Indonesia. Education and Learning
Journal.1(2): 113
Neti, Z. A. Imam S., Erman. 2016.
Pengembangan Perangkat
Pembelajaran Inkuiri Terbimbing
Berbantuan PhET pada Materi Listrik
Dinamis untuk Meningkatkan
Keterampilan Berpikir Kritis Peserta
didik. Jurnal Penelitian Pendidikan
Sains.6 (1): 1100-1106
Perkins, K, & Wendy. 2006. PhET:
Interactive Simulations for Teaching
and Learning Physics. Journal The
Physics Teacher. 44(2) : 75-81
Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat
Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA
Press. ISBN: 9786029789893.
Suranti, N. 2016. Pengaruh Model Project
Based Learning Berbantuan Media
Virtual Terhadap Penguasaan Konsep
Peserta didik pada Materi Alat-alat
Optik. Jurnal Pendidikan Fisika dan
Teknologi. 2(2): 73-79.
Swandi, A., Nurul Hidayah, S., & Irsan, L. J.
Pengembangan Media
Pembelajaran Laboratorium Virtual
untuk Mengatasi Miskonsepsi Pada
Materi Fisika Inti di SMAN 1
Binamu.Jurnal Fisika Indonesia.18(52):
–24
Zulaiha., Hartono., & Ibrahim, A. R. 2014.
Pengembangan Buku Panduan
Praktikum Kimia Hidrokarbon
Berbasis Keterampilan Proses Sains di
SMA. Jurnal Pendidikan Kimia.1(1): 87-