Main Article Content

Abstract

Pelatihan LKPD elektronik berbasis virtual laboratory PhET yang dilakukan pada
kegiatan ini akan membantu guru kimia dalam hal meningkatkan keterampilan praktikum siswa. Keterampilan praktikum siswa ditingkatkan melalui Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan sesuai dengan materi kimia sehingga proses pembelajaran praktikum tetap berlangsung menjadi lebih inovatif dan dapat mewujudkan pembelajaran inovatif abad 21. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini yakni metode pendekatan dimana dilakukan pelatihan dan pengenalan LKPD elektronik berbasis virtual laboratory PhET kepada guru-guru kimia yang tergabung dalam MGMP Kimia Kota Bengkulu. Kegiatan ini dihadiri
oleh guru-guru Kimia sebanyak 23 Orang dan dilaksanakan di SMAN 5 Kota Bengkulu. Tahap Pelaksaan kegiatan dimulai dengan pengenalan virtual laboratory PhET, pembuatan LKPD elektronik menggunakan aplikasi PDF Professional. Peserta pengabdian antusias terhadap kegiatan yang dilakukan. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru, kegiatan ini diharapkan dapat dilanjutkan dengan waktu yang lebih banyak, sehingga kegiatan praktikum dapat tetap dilaksanakan walau dalam bentuk virtual, bisa dilakukan dimana dan kapan saja serta sesuai
dengan petunjuk praktikum yang ada

Article Details

How to Cite
Amir, H., Amida, N., Elvia, R., & Wiwit, W. (2021). Pelatihan LKPD Elektronik Berbasis Virtual Laboratory PhET Bagi Guru Kimia Kota Bengkulu. Andromeda: Jurnal Pengabdian Masyarakat Rafflesia, 1(2), 36–39. https://doi.org/10.33369/andromeda.v1i2.19237

References

  1. Amarlita, Dhamas Mega., dan Sarfan,
  2. Ernawati. 2014. Analisis Kemampuan
  3. Makroskopis, Mikroskopis dan
  4. Simbolik Pada Materi Kesetimbangan
  5. Kimia. Jurnal Bimafika, 4(6): 677-680.
  6. Ekawati, Y., Haris, A., & Amin, B. 2015.
  7. Penerapan Media Simulasi
  8. Menggunakan PHET (Physics
  9. Education And Technology) Terhadap
  10. Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas
  11. X SMA Muhammadiyah Limbung.
  12. Jurnal Pendidikan Fisika Unismuh.3(1):
  13. -393.
  14. Indrayani, P. 2013. Understanding Analysis
  15. Macroscopic, microscopic, and AcidBase Titration Symbolic Student Class
  16. XI Science High School and
  17. Improvement Efforts Microscopy
  18. Approach. Jurnal Pendidikan Sains.
  19. (2): 208-216.
  20. Junaidi, E., Hadisaputra, S., & Al Idrus, S. W.
  21. Kajian Pelaksanaan Praktikum
  22. Kimia Di Sekolah Menengah Atas
  23. Negeri Se Kabupaten Lombok Tengah.
  24. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan.2(1):
  25. –111.
  26. Mansyur, A. R. 2020. Dampak COVID-19
  27. Terhadap Dinamika Pembelajaran Di
  28. Indonesia. Education and Learning
  29. Journal.1(2): 113
  30. Neti, Z. A. Imam S., Erman. 2016.
  31. Pengembangan Perangkat
  32. Pembelajaran Inkuiri Terbimbing
  33. Berbantuan PhET pada Materi Listrik
  34. Dinamis untuk Meningkatkan
  35. Keterampilan Berpikir Kritis Peserta
  36. didik. Jurnal Penelitian Pendidikan
  37. Sains.6 (1): 1100-1106
  38. Perkins, K, & Wendy. 2006. PhET:
  39. Interactive Simulations for Teaching
  40. and Learning Physics. Journal The
  41. Physics Teacher. 44(2) : 75-81
  42. Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat
  43. Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA
  44. Press. ISBN: 9786029789893.
  45. Suranti, N. 2016. Pengaruh Model Project
  46. Based Learning Berbantuan Media
  47. Virtual Terhadap Penguasaan Konsep
  48. Peserta didik pada Materi Alat-alat
  49. Optik. Jurnal Pendidikan Fisika dan
  50. Teknologi. 2(2): 73-79.
  51. Swandi, A., Nurul Hidayah, S., & Irsan, L. J.
  52. Pengembangan Media
  53. Pembelajaran Laboratorium Virtual
  54. untuk Mengatasi Miskonsepsi Pada
  55. Materi Fisika Inti di SMAN 1
  56. Binamu.Jurnal Fisika Indonesia.18(52):
  57. –24
  58. Zulaiha., Hartono., & Ibrahim, A. R. 2014.
  59. Pengembangan Buku Panduan
  60. Praktikum Kimia Hidrokarbon
  61. Berbasis Keterampilan Proses Sains di
  62. SMA. Jurnal Pendidikan Kimia.1(1): 87-