Main Article Content

Abstract

Penerapan 3R atau reuse, reduce dan recycle sampah merupakan salah satu program terbaik dalam rangka pelestarian lingkungan hidup karena mengedepankan penanganan sampah dari sumbernya. Akan tetapi ternyata pengolahan sampah dengan sistem pemilahan sampah belum terlaksana secara terpadu. Sampah yang sudah dipilah sejak level rumah tangga belum tentu akan ditangani secara terpisah ketika telah sampai di tempat pembuangan akhir (TPA). Inilah yang terjadi pada kebanyakan TPA di Indonesia. Pemotongan alur distribusi sampah menuju TPA adalah cara yang efektif dan mempercepat pemrosesan sampah menjadi produk yang lebih bermanfaat. Cara efektif tersebut dapat direalisasikan melalui pembuatan eco-enzyme yang dapat diterapkan pada level rumah tangga. Dengan adanya pembuatan eco-enzyme maka akan mewujudkan eco-enzyme yang merupakan kelompok masyarakat yang sadar lingkungan. Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini dilakukan melalui 2 (dua) kegiatan utama: 1) Pelatihan pengolahan sampah melalui pembuatan eco-enzyme, 2) Focus Group Discussion pembentukan eco-community guru-guru Kimia Kota Bengkulu. Kegiatan dilakukan di SMAN 5 Kota Bengkulu yang diikuti oleh 23 Orang Guru Kimia yang tergabunga dalam MGMP Kimia Kota Bengkulu. Para peserta kegiatan sangat antusias dengan kegiatan yang dilakukan, karena sampah organic yang selama ini dibiarkan begitu saja. Namun dengan adanya kegiatan pengabdian ini, guru-guru kimia terutama Ibu-Ibu dapat memanfaatkan limbah tersebut dan menjadikannya eco-enzym. Manfaat yang bisa diperoleh dengan adanya eco enzyme yakni untuk mencuci pakaian, pembersih kamar mandi, hand sanitizer, pembersih lantai serta pembersih pestisida pada buah dan sayur.

Article Details

How to Cite
Nurhamidah, N., Amida, N., Rohiat, S., & Elvinawati, E. (2021). Pengolahan Sampah Organik Menjadi Eco-Enzyme pada Level Rumah Tangga menuju Konsep Eco-Community. Andromeda: Jurnal Pengabdian Masyarakat Rafflesia, 1(2), 43–46. https://doi.org/10.33369/andromeda.v1i2.19241

References

  1. Kementrian Negara Lingkungan Hidup. 2008. Statistik Persampahan Indonesia Tahun 2008. Jakarta : KNLH & JICA (Japan International Coorporation Agency)
  2. LPPM, 2017. .Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata Unrika Batam 2017. Batam: Unrika Press.
  3. Slamet J,S, 2002. Kesehatan Lingkungan. Gadjah Mada Universty Press, Yogyakarta.
  4. Syafrudin,2004. Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat.Prosiding Diskusi .Interaktif Pengelolaan Sampah Terpadu, Program Magister Ilmu Lingkungan Universitas Diponegoro.
  5. Yusuf, Guntur. 2008. Bioremediasi Limbah Rumah Tangga Dengan Sistem Simulasi Tanaman Air. Jurnal Bumi Lestari, Vol. 8 No. 2, Agustus 2008. Hal. 136-144