Main Article Content

Abstract

Tujuan pengabdian pada masyarakat adalah untuk memberikan motivasi bagi guru IPA dalam mengembangkan bahan ajar berbasis lingkungan melalui Ecovegefruit dan eksperimen dalam mengatasi permasalahan terkait terbatasnya alat dan bahan kegiatan praktikum IPA di sekolah. Kegiatan dilakukan melalui tiga langkah, yakni: 1) Praktikum sederhana mengenai Ecoenzym, 2) Praktikum sederhana mengenai daya hantarb listrik oleh bahan Ecovegefruit, dan 3) menggali Respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Materi disampaikan melalui ceramah, diskusi, demonstrasi dan Eksperimen sederhana. Peserta kegiatan berjumlah 16 siswa di SMP N 8 Rejang Lebong. Kegiatan dilaksanakan di salah satu kelas VIII SMP N 8 Rejang Lebong. Instrumen yang digunakan antara lain Panduan praktikum dan angket respon siswa terhadap proses pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah pembelajaran sains yang bermakna, berbasis fenomena, berwawasan lingkungan dan konservasi dapat meningkatkan pemahaman, keterampilan dan sikap siswa dalam mempelajari sains. Pemanfaatan limbah sayur dan buah tentunya dapat dimanfaatkan baik sebagai cairan organik yang kaya manfaat (Ecoenzym) maupun sebagai sumber energi alternatif bio Energi listrik. Respon siswa selama mengikuti kegiatan menunjukkan sikap positif yang terlihat dari interaksi dan keaktifan siswa dalam mempraktikan maupun kreatifitas dalam menggunakan alat. Hal tersebut menunjukkan bahwa pengemasan konten yang berbasis lingkungan dan konservasi dapat memberikan makna dan kebermanfaatan bagi siswa dalam belajar sains.

Article Details

Author Biography

Rendy Wikrama Wardana, Universitas Bengkulu

Google Scholar
How to Cite
Wardana, R. W., Mayub, A., & Firdaus, M. L. (2022). Optimalisasi pembelajaran IPA berbasis Ecovegefruit untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap konservasi siswa SMP N 8 Rejang Lebong. Andromeda: Jurnal Pengabdian Masyarakat Rafflesia, 2(2), 1–8. https://doi.org/10.33369/andromeda.v2i2.19340

References

  1. Ibrahim, Wasir, R. Mutia, Nurhayati, Nerwida, dan Berliana. 2016. Penggunaan Kulit nanas Fermentasi Dalam Ransum yang Mengandung Gulma Berkhasiat Obat Terhadap Konsumsi Nutrient Ayam Broiler. Agripet vol 16(2): 190.
  2. Kartawidjaja, M., Abdurrocman, A., dan Rumeksa, E. 2008. Pencarian Parameter
  3. Bio-Baterai Asam Sitrat (C6H8O7). Prosiding Seminar Nasional Sains dan
  4. Teknologi-II : 105-115.
  5. Kholida, Hana dan Pujayanto. 2015. Hubungan Kuat Arus Listrik dengan Keasaman Buah Jeruk dan Mangga. Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika (SNFPF) Ke-6. Vol. 6 No.1.
  6. Masrukhi dan Rahayuningsih, M. (2010). Universitas Konservasi: Wahana Pembangun Karakter Bangsa (Sebuah Renungan Dies Natalies Unnes ke-45). Semarang: Unnes.
  7. Morar, F., dan A. Peterlicean. The role and importance of educating youth regarding biodiversity conservation in protected natural areas. Procedia Economics and Finance 3, 1117-1121 (2012)
  8. Ramadoss, A., dan G. Poyyamoli. Biodiversity conservation through environmental education for sustainable development – A case study from Puducherry India ,International Electronic Journal of Environmental Education 1(2), 97-111 (2011)
  9. Utomo, Pramono Putro. 2011. Pemanfaatan Nanas (Ananas comosus) sebagai Bahan Baku Pembuatan Bioetanol dengan Metode Sakarifikasi dan Fermentasi Serentak. Biopropal Industri. 2(1).