Main Article Content
Abstract
Indonesia berada pada revolusi industri 4.0, dimana semua aktivitas bergerak dengan teknologi yang disesuaikan dengan kebutuhan manusia.Termasuk dunia pendidikan, yang menjadi salah satu tantangan terbesar pada revolusi industri 4.0. Kegiatan pengabdian ini dilakukan secara daring bagi guru-guru SMAN 4Kabupaten Seluma yang berjumlah 20 orang. Kegiatan berupa sosialisasi dan pembuatan soal berbasis digital menggunakan aplikasi quiziz & google form. Metode pendekatan yang digunakan adalah pembekalan/workshop,praktek terbimbing dan evaluasi.Kegiatan sosialisasi yang dilakukan via zoom dilanjutkan dengan praktek secara langsung oleh peserta. Kegiatan pembimbingan dan finalisasi produk dilakukan secara intensif melalui tatap muka secara langsung dan aplikasi WhatsApp. Peserta sangat tertarik terhadap kegiatan ini, karena termasuk baru bagi guru di SMAN 4 Seluma. Sebanyak 16 orang peserta telah berhasil membuat soal digital dalam bentuk quizizz maupun google form.Media yang dibuat oleh peserta ini sangat bermanfaat karena dapat digunakan di kelas dan sebagai upaya mendukung era industri 4.0, dimana guru dan siswa harus melek teknologi.Peserta berharap kegiatan sejenis dapat dilanjutkan dengan topik yang berbeda.
Keywords
Article Details
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Batubara, H.H. (2016). Penggunaan google form sebagai alat penilaian kinerja dosen di Prodi PGMI Uniska Muhammad Arsyad Al Banjari. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1), 39-50.
- Bulan, S., & Zainiyati, H.S. Pembelajaran Online Berbasis Media Google Formulir dalam Tanggap Work From Home Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Paser. Syamil: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 15-34.
- Darmaningrat, E. W. T., Ali, A. H. N., Wibowo, R. P., & Astuti, H. M. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Digital Learning Untuk Pembelajaran Pengayaan Di Sekolah Menengah Kota Surabaya. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, November, 85–95. http://is.its.ac.id/pubs/oajis/index.php/file/download_file/1828
- Dewi, C. K. (2018). Pengembangan alat evaluasi menggunakan Aplikasi Kahoot pada pembelajaran Matematika Kelas X. Diss. UIN Raden Intan Lampung.
- Fitria, F. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Quiziz Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Kelas XI IPS 1 SMA Islam Al Azhar 7 Solo Baru Tahun Ajaran 2020/2021. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 4(1), 80. https://doi.org/10.20961/habitus.v4i1.45714
- Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran daring melalui media game edukasi quiziz pada masa pencegahan penyebaran covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(3), 145-150.
- Permendikbud Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
- Purba, Leony Sanga Lamsari. (2019). "Peningkatan konsentrasi belajar mahasiswa melalui pemanfaatan evaluasi pembelajaran quizizz pada mata kuliah kimia fisika I." Jurnal Dinamika Pendidikan 12.1: 29-39.
- Purnanto, A. W., & Mahardika, A. (2016). Pelatihan Pembuatan Soal Interaktif Dengan Program Wondershare Quiz Creator Bagi Guru Sekolah Dasar Di Kota Magelang. WARTA LPM, 19(2), 141–148. https://doi.org/10.23917/warta.v19i2.2748
- Putri, A. R., & Muzakki, M. A. (2019). Implemetasi Kahoot sebagai Media Pembelajaran Berbasis Digital Game Based Learning dalam Mengahadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Universitas Muria Kudus, 217–223.
References
Batubara, H.H. (2016). Penggunaan google form sebagai alat penilaian kinerja dosen di Prodi PGMI Uniska Muhammad Arsyad Al Banjari. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1), 39-50.
Bulan, S., & Zainiyati, H.S. Pembelajaran Online Berbasis Media Google Formulir dalam Tanggap Work From Home Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Paser. Syamil: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 15-34.
Darmaningrat, E. W. T., Ali, A. H. N., Wibowo, R. P., & Astuti, H. M. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Digital Learning Untuk Pembelajaran Pengayaan Di Sekolah Menengah Kota Surabaya. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, November, 85–95. http://is.its.ac.id/pubs/oajis/index.php/file/download_file/1828
Dewi, C. K. (2018). Pengembangan alat evaluasi menggunakan Aplikasi Kahoot pada pembelajaran Matematika Kelas X. Diss. UIN Raden Intan Lampung.
Fitria, F. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Quiziz Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Kelas XI IPS 1 SMA Islam Al Azhar 7 Solo Baru Tahun Ajaran 2020/2021. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 4(1), 80. https://doi.org/10.20961/habitus.v4i1.45714
Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran daring melalui media game edukasi quiziz pada masa pencegahan penyebaran covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(3), 145-150.
Permendikbud Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
Purba, Leony Sanga Lamsari. (2019). "Peningkatan konsentrasi belajar mahasiswa melalui pemanfaatan evaluasi pembelajaran quizizz pada mata kuliah kimia fisika I." Jurnal Dinamika Pendidikan 12.1: 29-39.
Purnanto, A. W., & Mahardika, A. (2016). Pelatihan Pembuatan Soal Interaktif Dengan Program Wondershare Quiz Creator Bagi Guru Sekolah Dasar Di Kota Magelang. WARTA LPM, 19(2), 141–148. https://doi.org/10.23917/warta.v19i2.2748
Putri, A. R., & Muzakki, M. A. (2019). Implemetasi Kahoot sebagai Media Pembelajaran Berbasis Digital Game Based Learning dalam Mengahadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Universitas Muria Kudus, 217–223.