Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan dari kegiatan pengabdian diantaranya adalah guru SDN 59 Bengkulu Tengah memiliki bekal ilmu khusus tentang media pembelajaran khususnya tentang pembuatan video pembelajaran menggunakan aplikasi Screencast -O-Matic. Selanjutnya diharapkan guru dapat membuat dan mengembangkan media pembelajaran yang tepat untuk di sajikan kepada peserta didik. Metode pengabdian yang digunakan pada kegiatan ini menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan praktik pembuatan media pembelajaran secara langsung. Pada tahap akhir juga dilakukan kegiatan monitoring dan evaluasi untuk melihat keberhasilan program yang telah dilakukan. Dari kegiatan yang telah dilakukan, respon para peserta sangat bagus. Hal ini dikarenakan aplikasi pembuatan video presentasi Screencast-O-Matic ini masih baru dan belum dikembangkan di sekolah. Keingintahuan peserta sangat besar. Untuk penerapan langsung ke materi pelajaran dan dimasukkan kedalam aplikasinya sebagian dikerjakan pada saat praktek penggunaan aplikasi, sebagian lagi dikerjakan di rumah. Secara umum, berdasarkan instrumen hasil yang diperoleh peserta mulai dari persiapan, pelaksanaan sampai pasca produksi hasilnya Baik.
Kata Kunci : Screencast-O-Matic, Media Pembelajaran, Video Presentasi
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2023 Dewi Handayani, Wiwit Wiwit, Sura Menda Ginting, Muzanip Alperi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.