Main Article Content
Abstract
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk melatih guru dalam mengembangkan instrumen tes diagnosa berbasis four tier diagnostic test secara terampil dan memberikan pemahaman terhadap pentingnya mendiagnosa pemahaman konsep peserta didik. Adapun metode yang digunakan yaitu : (1) Penyampaian materi, (2) Diskusi dan tanya jawab, (3) Pelatihan pembuatan instrumen, (4) Evaluasi hasil pembuatan. Dengan dilakukannya kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat diharapkan dapat memberikan inovasi kepada guru untuk melakukan test diagnostic kepada siswa untuk mengukur pemahaman siswa terhadap suatu materi. Kegiatan ini diselenggarakan di MAN Rejang Lebong. Peserta dalam kegiatan ini sebanyak 19 guru dari berbagai bidang. Instrumen pengukuran yang digunakan adalah lembar kepuasan dan evaluasi kegiatan berjumlah 7 butir. Hasil yang didapatkan adalah sebesar 87,71% untuk tingkat kepuasan, dan 89,47% untuk tingkat pemahaman. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat mendapatkan respon dan hasil yang positif untuk guru MAN Rejang Lebong.
Article Details
Copyright (c) 2023 Nurhamidah, Febrian Solikhin, Resmareta, Ekwan Sukardi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.