Main Article Content
Abstract
Anggapan guru-guru di sekolah mitra bahwa menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi sesuatu yang sulit dan harus meluangkan waktu yang banyak sebelum mengajar. Tujuan pengabdian masyarakat ini yaitu melakukan pelatihan aplikasi Samwell Essay untuk mengembangkan literasi digital berbasis Artificial Intelligence. Metode dalam pelaksanaan program pengabdian masyarakat ini yaitu pelatihan dan pendampingan yang bersifat partisipatif. Hasil pengabdian masyarakat yang telah dilaksanakan diantaranya; memberikan pelatihan aplikasi Samwell Essay. Pogram selanjutnya memberikan penyuluhan aplikasi berasis Artificial Intelligence (AI). Program terakhir memberikan sosialisasi mengenai pentingnya penerapan literasi digital. Setelah melaksanakan program pengabdian masyarakat, maka para peserta yang teridiri dari 23 siswa-siswi dan 4 guru-guru mengisi kuesioner kategori penilaian (feedback). Penilaian yang diperoleh rata-rata menjawab 100% program pengabdian masyarakat ini sudah sesuai dengan tujuan dan kebutuhan mitra yaitu SMKN 12 Kabupaten Tangerang. Hanya saja ada beberapa peserta yang mengisi kuesioner yang menyatakan tidak setuju sebanyak 2% waktu pelaksanaan program pengabdian masyarakat yang kurang sesuai. Hal tersebut sebagai evaluasi tim pengabdian masyarakat dalam melaksanakan pelatihan selanjutnya.
Article Details
Copyright (c) 2023 Ezik Syah, Irma Damayantie, Oktian Fajar Nugroho
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.