Isi Artikel Utama

Abstrak

Konsep sains sangat potensial untuk dapat diekplor dalam menanamkan nilai spiritual. Kompetensi guru sains yang baik dapat menghadirkan kegiatan pembelajaran dengan meningtegrasikan pembelajaran sains dan penanaman nilai spiritual. Kegiatan PPM ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan meningkatkan kompetensi guru sains dalam menghadirkan kegiatan pembelajaran sains yang berfokus pada kemampuan kognitif sekaligus sikap spiritual. Kegiatan pengabdian pada masyarakat (PPM) akan dilakukan dalam bentuk pelatihan workshop melibatkan siswa dan guru sains di kabupaten Rejang Lebong  Provinsi Bengkulu. Berdasarkan hasil angket diketahui bahwa guru dan siswa setuju perlu adanya integrasi nilai spiritual melalui pembelajaran sains. Hasil kerja guru menunjukkan guru mampu mengaitkan konsep sains dengan  nilai spiritual tekait kebesaran Tuhan. Guru dapat menguraikan rencana penyajian nilai tersebut melalui bantuan media visual maupun contoh kontekstual. Siswa sangat antusias dengan pembelajaran sains bermuatan nilai spiritual dan siswa mampu mencontohkan berbagai fenomena yang terkait dengan konsep fisika serta nilai spiritual yang ada di dalamnya. Berdasarkan hasil angket respon dan kertas kerja dapat disimpulkan bahwa siswa dan guru sangat termotivasi dengan pembelajaran sains bermuatan nilai spiritual. Setelah mengikuti kegiatan workshop guru dapat mengintegrasikan nilai spiritual dalam kompetensi dasar pada pembelajaran sains sekaligus menunjukkan cara penyampaiannya. Siswa mampu menarik nilai spiritual dalam berbagai fenomena berkaitan dengan konsep sains.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Henny Johan, Agus Sundaryono, Bhakti Karyadi, & Umaya. (2024). INTEGRASI NILAI SPIRITUAL DALAM KONTEN PEMBELAJARAN SAINS SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN KARAKTER SISWA DARI JENJANG SEKOLAH. Andromeda: Jurnal Pengabdian Masyarakat Rafflesia, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.33369/andromeda.v4i1.34556