Isi Artikel Utama
Abstrak
Konsep sains sangat potensial untuk dapat diekplor dalam menanamkan nilai spiritual. Kompetensi guru sains yang baik dapat menghadirkan kegiatan pembelajaran dengan meningtegrasikan pembelajaran sains dan penanaman nilai spiritual. Kegiatan PPM ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan meningkatkan kompetensi guru sains dalam menghadirkan kegiatan pembelajaran sains yang berfokus pada kemampuan kognitif sekaligus sikap spiritual. Kegiatan pengabdian pada masyarakat (PPM) akan dilakukan dalam bentuk pelatihan workshop melibatkan siswa dan guru sains di kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Berdasarkan hasil angket diketahui bahwa guru dan siswa setuju perlu adanya integrasi nilai spiritual melalui pembelajaran sains. Hasil kerja guru menunjukkan guru mampu mengaitkan konsep sains dengan nilai spiritual tekait kebesaran Tuhan. Guru dapat menguraikan rencana penyajian nilai tersebut melalui bantuan media visual maupun contoh kontekstual. Siswa sangat antusias dengan pembelajaran sains bermuatan nilai spiritual dan siswa mampu mencontohkan berbagai fenomena yang terkait dengan konsep fisika serta nilai spiritual yang ada di dalamnya. Berdasarkan hasil angket respon dan kertas kerja dapat disimpulkan bahwa siswa dan guru sangat termotivasi dengan pembelajaran sains bermuatan nilai spiritual. Setelah mengikuti kegiatan workshop guru dapat mengintegrasikan nilai spiritual dalam kompetensi dasar pada pembelajaran sains sekaligus menunjukkan cara penyampaiannya. Siswa mampu menarik nilai spiritual dalam berbagai fenomena berkaitan dengan konsep sains.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Henny Johan, Agus Sundaryono, Bhakti Karyadi, Umaya

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.