Main Article Content

Abstract

Guru adalah komponen penting dalam menciptakan pembelajaran yang inovatif, kreatif dan menyenangkan di sekolah. Salah satu upaya menciptakan guru yang professional dan berkualitas yaitu dengan kemampuannya untuk meneliti yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Observasi ke SMAN 4 Kota Bengkulu, masih ditemukan guru yang belum mengetahui prosedur, pembuatan proposal dan implementasi PTK di kelas. Kegiatan pengabdian ini ditujukan bagi guru- SMAN 4 Kota Bengkulu yang berjumlah 16 orang (khusus guru MIPA) dengan metode ceramah dan praktek langsung dalam pembuatan proposal PTK. Setelah dilakukan pelatihan pembuatan proposal PTK, peserta pengabdian memahami bahwa PTK sangat penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan bimbingan teknis pembuatan proposal PTK dan sebanyak 85% peserta berhasil membuat proposal PTK. Beberapa tahapan umum dari PTK diantaranya yaitu kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan kegiatan refleksi untuk perbaikan di siklus berikutnya.

Article Details

Author Biography

Dewi Handayani, Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Bengkulu

Pendidikan Kimia, Lektor

How to Cite
Dewi, Amida, N., Amir, H., & Wiwit. (2024). BIMBINGAN TEKNIS PENELITIAN TINDAKAN KELASBAGI GURU MATEMATIKA DAN IPA DI SMAN 4 KOTA BENGKULU. Andromeda: Jurnal Pengabdian Masyarakat Rafflesia, 4(1), 27–31. https://doi.org/10.33369/andromeda.v4i1.35081