Main Article Content
Abstract
Guru adalah komponen penting dalam menciptakan pembelajaran yang inovatif, kreatif dan menyenangkan di sekolah. Salah satu upaya menciptakan guru yang professional dan berkualitas yaitu dengan kemampuannya untuk meneliti yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Observasi ke SMAN 4 Kota Bengkulu, masih ditemukan guru yang belum mengetahui prosedur, pembuatan proposal dan implementasi PTK di kelas. Kegiatan pengabdian ini ditujukan bagi guru- SMAN 4 Kota Bengkulu yang berjumlah 16 orang (khusus guru MIPA) dengan metode ceramah dan praktek langsung dalam pembuatan proposal PTK. Setelah dilakukan pelatihan pembuatan proposal PTK, peserta pengabdian memahami bahwa PTK sangat penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan bimbingan teknis pembuatan proposal PTK dan sebanyak 85% peserta berhasil membuat proposal PTK. Beberapa tahapan umum dari PTK diantaranya yaitu kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan kegiatan refleksi untuk perbaikan di siklus berikutnya.
Article Details
Copyright (c) 2024 Dewi Handayani, Nadia Amida, Hermansyah Amir, Wiwit
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.