Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi untuk mengetahui kemampuan menulis cerita pendek melalui “Antologi Cerpen” siswa kelas XI SMK Negeri 7 Kota Bengkulu. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini untuk 1) Mengembangkan keterampilan menulis siswa, 2) Membuka peluang bagi siswa untuk mengenalkan karya sastra dalam tulisan dan 3) Menjadi bahan literasi pada antologi cerpen. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Eksperimen. Penulis melakukan pengamatan langsung di kelas dan eksperimen. Subjek penelitian tindakan kelas adalah siswa kelas XI SMK Negeri 7 Kota Bengkulu Tahun Pelajaran 2024 semester 1 berjumlah 45 siswa. Hasil menulis siswa dapat dinilai melalui empat aspek yaitu 1) Kelengkapan Aspek Formal, 2) Kesesuaian EYD, 3) Penentuan Penulisan Karya dalam Fiksi dan NonFiksi dan 4) Penentuan Unsur Pembangun Cerita Pendek. Dari seluruh rangkaian penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan dari hasil penilaian menulis teks cerita pendek siswa kelas XI SMK Negeri 7 Kota Bengkulu. Dengan melakukan penelitian ini, diharapkan dapat meningkatkan keterampilan menulis serta meningkatkan pemahaman literasi pada siswa kelas XI SMK Negeri 7 Kota Bengkulu tentang teks cerita pendek.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Glarita Citra Veronika Panjaitan, Nova Kurnia, Sheilfia Destary, Deni Parlindungan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.