Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi untuk mengetahui kemampuan menulis cerita pendek melalui “Antologi Cerpen” siswa kelas XI SMK Negeri 7 Kota Bengkulu. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini untuk 1) Mengembangkan keterampilan menulis siswa, 2) Membuka peluang bagi siswa untuk mengenalkan karya sastra dalam tulisan dan 3) Menjadi bahan literasi pada antologi cerpen. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Eksperimen. Penulis melakukan pengamatan langsung di kelas dan eksperimen. Subjek penelitian tindakan kelas adalah siswa kelas XI SMK Negeri 7 Kota Bengkulu Tahun Pelajaran 2024 semester 1 berjumlah 45 siswa. Hasil menulis siswa dapat dinilai melalui empat aspek yaitu 1) Kelengkapan Aspek Formal, 2) Kesesuaian EYD, 3) Penentuan Penulisan Karya dalam Fiksi dan NonFiksi dan 4) Penentuan Unsur Pembangun Cerita Pendek. Dari seluruh rangkaian penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan dari hasil penilaian menulis teks cerita pendek siswa kelas XI SMK Negeri 7 Kota Bengkulu. Dengan melakukan penelitian ini, diharapkan dapat meningkatkan keterampilan menulis serta meningkatkan pemahaman literasi pada siswa kelas XI SMK Negeri 7 Kota Bengkulu tentang teks cerita pendek.




Rincian Artikel

Cara Mengutip
Panjaitan, G. C. V., Kurnia, N., Destary, S., & Deni Parlindungan. (2024). KETERAMPILAN MENULIS SISWA DALAM ANTOLOGI CERPEN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TERHADAP ASPEK PENULISAN CERPEN. Andromeda: Jurnal Pengabdian Masyarakat Rafflesia, 4(2), 13–24. https://doi.org/10.33369/andromeda.v4i2.38744