Isi Artikel Utama
Abstrak
Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam pembuatan sabun padat dengan penambahan ekstrak daun serai wangi (Cymbopogon nardus) sebagai bentuk pembelajaran kontekstual berbasis sains dan kewirausahaan. Serai wangi dipilih karena kandungan senyawa antibakterinya serta aromanya yang khas, sehingga dapat memberikan nilai tambah pada produk sabun. Kegiatan dilaksanakan di lingkungan sekolah dengan melibatkan siswa sebagai peserta utama. Metode yang digunakan meliputi pemberian materi tentang manfaat serai wangi, teknik ekstraksi, dan proses saponifikasi. Hasil sosialisasi menunjukkan bahwa siswa tidak hanya memahami teori dasar kimia dalam pembuatan sabun, tetapi juga mampu mengaplikasikan teknik tersebut untuk menghasilkan sabun padat dengan tekstur, aroma, dan kualitas yang sesuai. Selain memberikan wawasan praktis dalam bidang kimia, kegiatan ini juga membangun jiwa kreatif dan kewirausahaan siswa dengan memperkenalkan peluang usaha berbasis produk alami. Kegiatan ini relevan sebagai upaya mendorong pembelajaran yang inovatif dan aplikatif di sekolah, sekaligus meningkatkan kesadaran siswa akan pemanfaatan sumber daya lokal secara berkelanjutan.
Kata kunci: sabun padat, ekstrak serai wangi, pembelajaran kontekstual, saponifikasi
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Trisia Monica Zeles, Khusnun Fatinah, Meida Sari Meida, Yayang Andiani Nauli, Sura Menda Ginting

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.