Isi Artikel Utama
Abstrak
Mata Pelajaran Kimia masih kurang familiar di kalangan siswa SMP karena mata pelajaran ini masih menjadi bagian dari Mata Pelajaran IPA yang diajarkan di SMP. Begitupula di SMPN 28 Bengkulu Utara yang siswanya masih asing dengan kimia. Untuk mengenalkan kimia dan memberi kesan menarik siswa terhadap kimia di SMPN 28 Bengkulu Utara, maka dilakukan sosialisasi tentang fenomena kimia yang menarik, dalam hal ini adalah tentang fenomena quantum fluorosensi. Pada kegiatan ini dijelaskan tentang pengertian fluorensi, penyebab timbulnya fluorensi dan aplikasi fluorosensi pada kehidupan sehari hari. Kegiatan sosialisasi tentang fluorosensi juga disertai kegiatan demonstrasi mengenai fenomena fluorosensi. Peserta mengikuti kegiatan ini dengan antusias yang terlihat dari partisipasi aktif siswa dalam kegiatan ini. Dari kegiatan ini peserta diharapkan menjadi akrab dengan kimia yang selama ini memiliki kesan mata pelajaran yang sulit, menakutkan dan bersifat abstrak.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2025 I Nyoman Candra, Arsela Eko Listiono, Muhammad Febriansyah, Anggun T. Nabila

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.