Isi Artikel Utama

Abstrak

The purpose of this research was to determine Bengkulu MSEs strategy in digital economy era. The most of MSEs were conventional management. Its due to not only the millennial businessmen, but the most of them is from the baby boomer generation. The use of technology has not yet become a culture, so the challenge more difficult with millennial consumers and more competitive with millennial businessman. The result from SWOT analysis is the weakness more than the strenghts and the opportunities has more than the threats. The strategy to develop MSEs is stability strategy (turn around). The strategies are: easier access to financial institution (bank), increasing socialization and simplification of lending requirements, conduct training of tehnology, digital payment system and e-commerce, provide assistance in administrative completeness, implementation of promotion events regularly.


Keywords:  Micro Small Enterprises, Strategy, digital economy


 


Abstrak


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi UMK Bengkulu di era ekonomi digital. Sebagian besar UMK adalah manajemen konvensional. Hal ini disebabkan tidak hanya oleh para pebisnis milenial, namun sebagian besar dari mereka adalah generasi baby boomer. Pemanfaatan teknologi belum menjadi budaya sehingga tantangannya semakin sulit bagi konsumen milenial dan lebih kompetitif bagi pebisnis milenial. Hasil analisis SWOT adalah kelemahan lebih banyak dibandingkan kekuatan dan peluang lebih banyak dibandingkan ancaman. Strategi pengembangan UMK adalah strategi stabilitas (turn around). Strategi yang dilakukan adalah: kemudahan akses terhadap lembaga keuangan (bank), meningkatkan sosialisasi dan penyederhanaan persyaratan peminjaman, melakukan pelatihan teknologi, sistem pembayaran digital dan e-commerce, memberikan bantuan kelengkapan administrasi, melaksanakan event promosi secara berkala.


Kata Kunci: Usaha Mikro Kecil, Strategi, Ekonomi Digital.

Kata Kunci

Micro Small Enterprises Strategy Digital Economy Usaha Mikro Kecil Strategi Ekonomi Digital

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Indraswanti, B. I. E., & Sunoto, S. (2024). Strategi Pengembangan UMKM Kota Bengkulu Di Era Ekonomi Digital. Convergence: The Journal of Economic Development, 6(1), 50–69. https://doi.org/10.33369/convergencejep.v6i1.35227

Referensi

  1. Adam, N. A., & Ghadah, A. (2021). Innovation practices for survival of small and medium enterprises (SMEs) in the Covid-19 times: the role of external
  2. support. Journal of Innovation and Entrepreneurship (2021) 10:15
  3. https://doi.org/10.1186/s13731-021-00156-
  4. Ariani, A., & Utomo, M. N. (2017). Kajian Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kota Tarakan. Jurnal Organisasi Dan Manajemen, 13(2), 99–118. https://doi.org/10.33830/jom.v13i2.55.2017.
  5. Ayodya, W. (2020). UMKM 4.0: Strategi UMKM Memasuki Era Digital. Elex Media Komputindo. Jakarta.
  6. Bank Indonesia Institute. (2021). Technology 4.0 in Economic & Finance. Bahan TOT Kebanksentralan. Tidak dipublikasikan.
  7. Budiarto, R., dkk. (2016). Pengembangan UMKM: Antara Konseptual dan Pengalaman Praktis / Rachmawan Budiarto. Gadjah Mada University Press: Yogyakarta, 2016.
  8. Diskominfo Beltim. (2023). Pelaku UMKM Meningkat Drastis di Tahun 2022. https://portal.beltim.go.id.
  9. Fathan, M.A. (2023). 7 Jenis Inovasi Teknologi untuk Bisnis, UMKM Wajib Tahu. Wawasan Bisnis. ukmindonesia.id. 17 Juli 2023
  10. Hadiyanto. (2022). Ekosistem Fiskal untuk Kebangkitan UMKM. MTI Vol. 2. Tahun 2022. www.djpb.kemenkeu.go.id
  11. Hanim, L.E.S., & Maryanto. (2021). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai Tahun 2021
  12. Karadag, Hande. (2015). The Role and Challenges of Small and Medium-sized Enterprises (Smes) in Emerging Economies: An Analysis from Turkey. Business and Management Studies 1(2). August 2015. DOI:10.11114/bms.v1i2.1049
  13. Lin, D., Sruthi, N.R., Karim, N., & Rebecca Y. (2022). Beyond financials: Helping small and medium-size enterprises thrive. McKindsey and Company.
  14. Megawati, I. A. P. . (2022). Digitalization Of Smes In Indonesia For Post Covid-19 Economic Recovery. International Conference Faculty of Economics and Business, 1(1), 143-164. https://journal.undiknas.ac.id/index.php/icfeb/article/view/3548.
  15. Mone, R. (2022). Naik Lebih dari 300 Persen, Jumlah UMKM di Solo Tumbuh Signifikan Selama 2022. MNEWS.co.id. 31 December 2022.
  16. Primiana, I. (2009). Menggerakkan sektor UKM & industry. Bandung: Alfabeta.
  17. Rangkuti, F. (2015). Analisa SWOT Tehnik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia
  18. Riskita, A. (2022). Perkembangan UMKM di Indonesia dan Perannya, Seperti Apa? https://store.sirclo.com. June 7, 2022
  19. Rizaty, M.A. (2022). 20,76 juta UMKM di Indonesia Masuk Ekosistem Digital pada 2022. https://dataindonesia.id
  20. Sasongko, D. (2020). UMKM Bangkit, Ekonomi Indonesia Terungkit. https://www.djkn.kemenkeu.go.id
  21. Singh, R.K.., Garg, S.K.., & Deshmukh, S.G. (2008), Strategy development by SMEs for competitiveness: a review, Benchmarking: An International Journal, 15(5). 525-547. https://doi.org/10.1108/14635770810903132
  22. Sugiarto, A. (2022). Mengenal Ekonomi Digital. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.
  23. Tambunan, T.TH . (2012). Peran Usaha Mikro dan Kecil dalam Pengentasan Kemiskinan di Daerah. Jurnal Bina Praja Vol.4 No.2 (2012). https://doi.org/10.21787/jbp.04.2012.73-92
  24. Undang-undang No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.
  25. www.ekon.go.id. (2022). Perkembangan UMKM sebagai Critical Engine Perekonomian Nasional Terus Mendapatkan Dukungan Pemerintah. Siaran Pers HM.4.6/553/SET.M.EKON.3/10/2022.
  26. Widiyanto., & Sumarno. (2010). Strategi Pembangunan UMKM di Jawa Tengah. Jurnal Eksplanasi, 5(1): 54-68
  27. Wijoyo, H., & Widiyanti. (2020). Digitalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Era Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Kahuripan I Tahun 2020.