Main Article Content

Abstract

Mitra Pengabdian adalah MGMP tingkat SMP Kota Palembang. Metode yang dilaksanakan menggunakan metode pendekatan ceramah dan demonstrasi kegiatan. Berdasarkan potensi masing-masing pihak terkait dalam kegiatan pelatihan ini, maka bentuk pendampingan dan kerjasama ini diharapkan akan menghadirkan sinergisme yang amat strategis dan positif antara lembaga perguruan tinggi dengan guru-guru penjasorkes yang akan mendapatkan pelatihan dari tenaga edukatif terlatih profesional perguruan tinggi untuk meningkatkan kompetensinya dalam penulisan artikel ilmiah sekolah dan wahana strategis untuk menyebarluaskan ilmu pengetahuan pendidikan dengan sasaran dan jangkauan yang lebih luas yaitu guru-guru penjaskes di kota Palembang. Rancangan dan evaluasi dibuat untuk dilaksanakan selama proses maupun akhir dari suatu proses. Rancangan kegiatan dibuat sebagai gambaran skenario yang akan dilaksanakan mulai dari temuan suatu permasalahan sampai dengan akhir suatu kegiatan, sedangkan  evaluasi adalah suatu rencana penilaian terhadap aspek pelatihan seperti evaluasi proses dan evaluasi hasil. Evaluasi proses meliputi pencapaian tujuan pelatihan yang dilakukan dengan angket tanya jawab dan observasi, sedangkan evaluasi aspek penyelenggaraan pelatihan meliputi pemberian angket untuk melihat indikator keberhasilan dalam pelaksanaan pelatihan pemahaman pelaksanaan TKJI Penjaskes di kota Palembang melalui evaluasi selama proses pelatihan, dan evaluasi pascapelatihan.

Keywords

Keywords Fitness TKJI Laboratory Physical Education

Article Details

References

  1. Fenanlampir, A., & Faruq, M. M. (2015). Tes dan pengukuran dalam olahraga. Penerbit Andi.
  2. Giriwijoyo & Zafar. (2012). Ilmu Faal Olahraga (Fisiologi Olahraga). Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
  3. Hartati, H., Victoriand, A. R., Yusfi, H., & Destriani, D. (2019). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Tes Fisik Untuk Pelatih Sekolah Sepakbola Di Bawah Binaan KONI Ogan Ilir. Journal Of Sport Education (JOPE), 1(2), 43-48.
  4. Lengkana, A. S., & Sofa, N. S. N. (2017). Kebijakan pendidikan jasmani dalam pendidikan. Jurnal Olahraga, 3(1),1-12.
  5. Nopiyanto, Y. E., & Raibowo, S. (2019). Filsafat Pendidikan Jasmani & Olahraga. Bengkulu: Zara Abadi.
  6. Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko melalui Pendekatan Model Context, Input, Process & Product (CIPP). Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 146-165.
  7. Satria, M. N. D., Mahfud, I., & Surahman, A. (2021). Pelatihan Penerapan Aplikasi Tes Kebugaran Jasmani Pada Ekstrakurikuler Olahraga Smk Pelita Pesawaran. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 2(2), 108-112.
  8. Sugihartono, T., Yarmani, Y., & Sutisyana, A. (2021). Pengukuran dan Analisis Kondisi Fisik Berbasis Labor Kelas Olahraga. Jurnal Dharma Pendidikan dan Keolahragaan, 1(1), 37-46.
  9. Susilawati, D. (2018). Tes dan pengukuran. Bandung: UPI Sumedang Press.
  10. Utomo, A. A. B. (2018, August). Peranan tes dan pengukuran olahraga sebagai sport industry dalam bidang jasa evaluasi kondisi fisik atlet. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Keolahragaan UNIPMA (Vol. 1, No. 1, pp. 51-59).
  11. Yusfi, H., Destriana, D., & Destriani, D. (2020). Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru-Guru Penjas Di Belitang Kabupaten Oku Timur. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan, 9(1), 57-63