Main Article Content

Abstract

Perkembangan teknologi memberikan dampak terhadap penurunan aktivitas. Generasi Z yang memiliki karakter akrab dengan teknologi dan memiliki kecenderungan lebih nyaman bermain ponsel dari pada melakukan aktivitas fisik di lapangan. Hal tersebut membuat gaya hidup menjadi sedenter yang cenderung malas melakukan ktivitas fisik. Sementara kurangnya aktivitas fisik berdampak pada penurunan kesehatan. Tujuan kegiatan adalah peningkatan pengetahuan pola hidup sehat (gizi, aktivitas fisik dan istirahat) serta praktiknya dengan memanfaatkan teknologi. Solusi yang ditawarkan adalah program zitasi generasi z melalui aplikasi fatsecret. ZITASI merupakan program yang dirancang terkait penerapan hidup sehat meliputi gizi seimbang, aktivitas fisik dan istirahat. Metode kegiatan adalah memberikan edukasi, pendampingan dan evaluasi. Peserta memperoleh informasi tentang gizi dan aktivitas fisik. Kegiatan praktik dipantau selama kegiatan pendampingan. Evaluasi dilakukan untuk mengetahui keberhasilan program. Peningkatan pengetahuan tentang hidup sehat serta penerapan yang menyenangkan karena melibatkan teknolog, menunjukkan bahwa teknologi dapat digunakan untuk kegiatan positif dan bermanfaat bagi kesehatan.

Keywords

Aktivitas Fisik Gizi Hidup Sehat.

Article Details

References

  1. Alamsyah, D. A. N., Hestiningsih, R., & Saraswati, L. D. (2017). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kebugaran Jasmani pada Remaja Siswa Kelas XI SMK Negeri 11 Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5(3), 77–86. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jkm
  2. Effendi, A., & Prihanto, J. B. (2014). Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi terhadap Aktivitas Fisik (Studi pada SMK Negeri 8 Surabaya Kelas X). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 02(03), 605–608.
  3. Ekadinata, N., & Widyandana, D. (2017). Promosi kesehatan menggunakan gambar dan teks dalam aplikasi WhatsApp pada kader posbindu. Berita Kedokteran Masyarakat, 33(11), 547. https://doi.org/10.22146/bkm.26070
  4. Fitriyani, P. (2018). Pendidikan Karakter Bagi Generasi Z. Knappptma, 7(Maret), 307–314. http://www.appptma.org/wp-content/uploads/2019/08/34.-Pendidikan-Karakter-Bagi-Generasi-Z.pdf
  5. Kardi, I. S., Nasri, N., Ibrahim, I., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Penerapan Aktivitas Fungsional Rekreasi Pada Masa New Normal Untuk Menjaga Kesehatan Lanjut Usia. Jurnal EMPATI (Edukasi Masyarakat, Pengabdian dan Bakti), 1(1), 62-70.
  6. Kemenkes. (2020). Panduan Gizi Seimbang pada Masa Pandemi Covid-19. In Kementerian Kesehatan RI.
  7. Kementerian Kesehatan RI. (2016). Profil Kesehatan Indonesia 2015. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. www.kemkes.go.id
  8. Kementerian Kesehatan RI. (2019). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2018. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. http://www.kemkes.go.id
  9. Nopiyanto, Y. E., & Raibowo, S. (2020). Pelatihan Olahraga Futsal sebagai Sarana Mengurangi Aktivitas Game Online pada Anak-Anak di Kelurahan Mangunharjo. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), 114-124.
  10. Nopiyanto, Y. E., Raibowo, S., Sugihartono, T., & Yarmani, Y. (2020). Pola Hidup Sehat Dengan Olahraga dan Asupan Gizi Untuk Meningkatkan Imun Tubuh Menghadapi Covid-19. Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS, 18(2), 90-100.
  11. Wijianto, B., Fahrurroji, A., Kurniawan, H., & Nugraha, F. (2021). Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Edukasi Peningkatan Pengetahuan Kader Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19. Al-Khidmah, 4, 25–30. http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/alkhidmah/article/view/3041/pdf