Main Article Content

Abstract

Abstrak


Permasalahan utama yang dihadapi mitra adalah peserta didik SD Negeri 2 Kota Bengkulu adalah masih rendahnya tingkat pengetahuan permainan Sepak takraw. Peserta dalam kegiatan pelatihan inil adalah 21 peserta yang mana terdiri dari peserta didik laki-laki dan peserta didik perempuan yang berusia 10-12 tahun. Kegiatan pengabdiann ini dilaksanakan pada 14 Desember 2022, waktu 08.00–11.30 WIB. Tahapan dalam kegiatan ini adalah melakukan perizinan kepada pihak sekolah, presentasi dan pengisian angket untuk melihat tingkat pengetahuan permaian sepak takraw, praktek dan pendampingan, perlombaan sepak takraw melalui modifikasi permainan sepak takraw dan evaluasi. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah deskriptif kualitatif, diamana dalam kegiatan ini terdiri dari; ceramah, pengisian angket, diskusi, demonstrasi dan evaluasi. Berdasarkan hasil analisis pada kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa sosialisasi (pengabdian kepada masyarakat) diterima dengan baik dan bisa manjadi sarana bagi SD Negeri 2 Kota Bengkulu untuk memulai mengenal dan melakukan permainan sepak takraw.

Keywords

Sosialisasi Olahraga sepak takraw peserta didik

Article Details

Author Biography

Sulastri Sulastri, Universitas Bengkulu

Register as author

References

  1. Alfiandi, P., Ali, N., & Wardoyo, H. (2018). Pengembangan Model Latihan Sepak Sila Pada Permainan Sepak Takraw. Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education, 2(2), 111–126. https://doi.org/10.21009/JSCE.02205
  2. Bujang, J. S., Sulastri, S., & Pradita, I. A. (2021). Olahraga Voli Sebagai Sarana Mengurangi Aktivitas Game Online Bagi Remaja Di Desa Jambat Akar Kabupaten Seluma. Jurnal Dharma Pendidikan Dan Keolahragaan, 1(1), 7–18. https://doi.org/10.33369/dharmapendidikan.v1i1.15834
  3. Gufron, G. (2021). HUBUNGAN PENGETAHUAN DASH (DIETARYAPPROACH TO STOP HYPERTENSION) DENGAN KEJADIANHIPERTEN SISISTOLIK (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Burneh Kabupaten Bangkalan) [PhD Thesis]. STIKes Ngudia Husada Madura.
  4. Hanifah, H., Susanti, S., & Adji, A. S. (2020). Perilaku dan karateristik peserta didik berdasarkan tujuan pembelajaran. Manazhim, 2(1), 105–117. 10.36088/manazhim.v2i1.638
  5. Mardhiyana, D., & Sejati, E. O. W. (2016). Mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan rasa ingin tahu melalui model pembelajaran berbasis masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 672–688.
  6. Nesia, A. A., & eko Nopiyanto, Y. (2022). Pengaruh Latihan Menggunakan Media Audio visual Terhadap Peningkatan Teknik Dasar Passing Bawah Bola Voli Pada Ekstrakurikuler di SMA Negeri 7 Kota Bengkulu. SPORT GYMNASTICS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 3(2), 193-203. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v3i2.22957
  7. Nopiyanto, Y. E., & Raibowo, S. (2020). Pelatihan Olahraga Futsal sebagai Sarana Mengurangi Aktivitas Game Online pada Anak-Anak di Kelurahan Mangunharjo. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), 114–124. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v1i2.264
  8. Nurussilmah, R., Santi, V. M., & Aziz, T. A. (2020). Pengaruh Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Awal Matematika Siswa SMK. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 4(2), 26–34. https://doi.org/10.21009/jrpms.042.04
  9. Oktavrianto, D., & Noordia, A. (2020). Pengaruh Status Hidrasi terhadap Kemampuan VO2max Atlet Putra Cabang Olahraga Sepak Takraw SMAN Olahraga Jawa Timur. Jurnal Kesehatan Olahraga, 8(2).
  10. Pratama, D. P. A., & Sakti, N. C. (2020). Pengembangan media pembelajaran handout digital berbasis Android. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(1), 15–28. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpe.v12i1.25327
  11. Pritandhari, M., & Ratnawuri, T. (2015). Evaluasi penggunaan video tutorial sebagai media pembelajaran semester iv program studi pendidikan ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(2). http://dx.doi.org/10.24127/ja.v3i2.329
  12. Setiawan, F. R., Sugihartono, T., & Nopiyanto, Y. E. (2022). Kontribusi Daya Ledak Otot Tungkai Terhadap Kemampuan Smash Atlet Sepak Takraw Pada Ekstrakurikuler di Smp Negeri 12 Kota Bengkulu. SPORT GYMNASTICS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 3(2), 226-239. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v3i2.22734
  13. Sigid, P. (2014). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Sepak Takraw Melalui Permainan Krawnis Pada Siswa Kelas V SDN 01 Depok Kecamatan Siwalan Kabupatenpekalongan Tahun 2013. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 3(4).