Main Article Content

Abstract

Kegiatan pelatihan renang dan keselamatan renang sangat bermanfaat untuk anak berkebutuhan khusus dengan tujuan untuk mengedukasi dalam meningkatkan kompetensi dan pengetahuan terhadap keterampilan berenang dan keselamatan saat berenang, selain itu, dapat menjaga kesehatan tubuh, meningkatkan kebugaran, meningkatkan kemampuan fisik anak, menjaga keselamatan dan menunjang kesehatan mental anak. Mitra dalam kegiatan ini ialah SLB Negeri Pembina Provinsi Papua yang bersedia bekerja sama dalam menyelenggarakan pelatihan ini. Metode dalam pelatihan ini berupa ceramah atau pemaparan materi dan praktek melalui tiga tahap: 1) tahap persiapan, tim menyipkan kebutuhan pelatihan, 2) tahap pelaksanaan yaitu penyajian materi keterampilan renang (gaya bebas, gaya punggung, gaya dada dan gaya kupu-kupu)., pemaparan materi keselamatan saat berenng, dan pelaksanaan praktek, dan 3) tahap report dan present yaitu penyajian hasil pelatihan ini digunakan teknik pengumpulan data berupa angket untuk mengetahuipemahaman peserta terhadap pelatihan ini dan menyampaikan hasil pelatihan dalam bentuk laporan kepada pihak sekolah. Hasil dalam pelatihan ini, memberikan pemahaman mendalam terkait teori dan implementasi secara praktek keterampilan renang dan keselamatan saat berenang berdasarkan analisis jawaban peserta, keseluruhan peserta dapat memahami dengan baik materi pelatihan dan sebagian besar peserta dapat melakukan praktek keterampilan renang dan keselamatan saat berenang.


 

Keywords

Pelatihan Renang, Kselamatan saat berenang, Anak disabilitas.

Article Details

References

  1. Haris, F., Taufan, J., & Nelson, S. (2021). Peran Guru Olahraga bagi Perkembangan Pendidikan Jasmani Adaptif di Sekolah Luar Biasa. Jurnal Basicedu, 5(5), 3883–3891. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1469
  2. Komprehensif, L., Anak, B., Khusus, B., Inklusif, S., Nur, A., Jurs, C., Luar, P., & Fak, B. (n.d.). "Pelatihan.
  3. Nilawati, I., Amin, N., Putri, R. A., & Wardani, A. K. (2022). Pelatihan Pelatih Renang Tentang Keselamatan Berenang Anak Penyandang Disabilitas di Klub Tirta Gemilang Semarang. In Indonesian Journal of Community Empowerment (IJCE) Fakultas Ilmu Kesehatan (Vol. 4).
  4. Santi, D. G., Soegiyanto, W. , Prodi, N., Olahraga, P., & Semarang, N. (2016). Journal of Physical Education and Sport. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpes
  5. UUD SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. (n.d.).
  6. Yudha Prawira, A., Prabowo, E., & Febrianto, F. (2021). Model Pembelajaran Olahraga Renang Anak Usia Dini: Literature Review. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 300–308. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.995