Main Article Content

Abstract

Media pembelajaran merupakan peralatan yang membawa pesan-pesan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Media pembelajaran sangat beragam jenisnya dan serta mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing. Tujuan dilaksanakan pengabdian ini adalah untuk melakukan pendampingan dan bimbingan teknis media pembelajaran berbasis web D’Volleyball Learning Application bagi guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Kabupaten Lahat. Mitra pengabdian pada masyarakat yaitu Dinas Pendidikan Kabupaten Lahat dan Guru PJOK yang tergabung dalam MGMP kabupaten Lahat. Metode Yang digunakan yaitu dengan pendampingan, ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang disebar melalui google form pada whatsapp grup. Kegiatan pengabdian ini memberikan pemahaman yang mendalam pada guru PJOK dalam menggunakan media pembelajaran berbasis web. Pemahaman tersebut sehingga dapat diterapkan guru PJOK pada sekolahnya masing-masing.

Keywords

Learning Media, Web Based, Physical Education, Sports and Health

Article Details

References

  1. Destriani, D., Destriana, D., Switri, E., & Yusfi, H. (2019). The development of volleyball games learning for students. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 5(1), 16. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v5i1.12605
  2. Dirmawansyah, Gazali, N., & Nanda, F. A. (2022). Physical education learning during the covid-19 pandemic: Analysis of students and teachers’ responses in using google classroom. Edu Sportivo, 1(1), 25–32.
  3. Handoyo, A. S., Hadi, H., & Zahraini, D. A. (2023). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Berbasis Pada Android Sekolah Menengah Atas Kelas XI Kabupaten Kudus. Journal of Physical Activity and Sports (JPAS), 4(1), 34–39. https://doi.org/10.53869/jpas.v4i1.189
  4. Jelantik, K. A., & Gunawan, G. (2023). Gradasi model inovasi pembelajaran pendidikan jasmani dengan flipped clasroom. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 22(4), 85. https://doi.org/10.20527/multilateral.v22i4.16586
  5. Kustantri, O. F., Sukamti, E. R., & Nanda, F. A. (2022). Implementation and indicator of limited face-to-face physical education in covid-19. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 7(4), 1–14. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v7i4.17385
  6. Marsuki, Widyanto, Z., Maniagasi, M. P., Hidayah, Muhaemin, I. A., Syaiful, A., & Ilham. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Strategi Untuk Meningkatkan Technological Knowledge Guru Penjas Di Kota Jayapura. ADM: Jurnal Abdi Dosen Dan Mahasiswa, 1(2), 229–234.
  7. Pratama, I. G., Hanif, M., Ramly, R. A., Khotimah, D. K., Surabaya, U. N., Nahdlatul, U., & Blitar, U. (2023). Pengembangan media belajar pjok berbasis aplikasi smart learning di masa pandemi. PROSIDING SEMINAR NASIONAL, 1–11.
  8. Santoso, A. D. R., & Winarno, M. . (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Tiktok Mata Pelajaran Pjok Materi Semester Ganjil Pada Siswa Kelas XI Sma Negeri 1 Lawang. Jurnal Master Penjas & Olahraga, 1(2), 8–17.
  9. Sulistianta, H., Siswoyo, J., & Nanda, F. A. (2022). Implementation Of Video-Based Learning Media On Short Distance Education , Faculty of Teacher Training and Education , University of Lampung . Indonesia. 1–5.
  10. Vai, A., Agung Nanda, F., Saputro, D. P., Ramadi, & Rahmatullah, M. I. (2021). Lectora inspire software development in the learning of pencak silat. Journal Sport Area, 6(1), 136–147. https://doi.org/10.25299/sportarea.2021.vol6(1).5895