Isi Artikel Utama

Abstrak

Aktivitas pengabdian ini bertujuan memberikan pengenalan, pengetahuan dan pemahaman kepada peserta didik tentang permainan sepak takraw di SMP Negeri 20 Kota Bengkulu. Tempat kegiatan dilakukan di SMPN 20 Kota Bengkulu dengan mengambil satu kelas sebagai sampel utama dengan jumlah siswa 15 peserta didik. Metode pengabdian ini menggunakan metode ceramah, observasi atau pengamatan secara langsung di lapangan dan wawancara kepada peserta didik. Untuk mendapatkan informasi tentang tingkat pengetahuan peserta didik mengenai olahraga Sepak Takraw maka digunakanlah angket. Pengabdian ini menggunakan analisis persentase untuk mengetahu tingkat pengetahuan peserta didik sebelum dan setalah pelaksanaan kegiatan. Hasil analisis data menggambarkan bahwa pada sebelum kegiatan sebanyak 15% peserta didik tidak mengetahui tentang teknik dasar sepak takraw. Sedangkan setelah kegiatan diketahui sebanyak 75% peserta didik mengetahui tentang teknik dasar Sepak Takraw. Disimpulkan bahwa peserta kegiatan mengalami peningkatan pengetahuan mengenai teknik dasar Sepak Takraw.

Rincian Artikel

Referensi

  1. Abduljabar, B. (2014). Memperkokoh Pendidikan Karakter Melalui Mediasi Aktivitas Jasmani Berbasis Nilai. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(2), 97–107. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.2180
  2. Atmaja, N. M. K., Anggorowati, K. D., Rudiansyah, E., Mutaqin, N. S., Suyatmin, S., & Susilawati, I. (2022). Sosialisasi Model Permainan Untuk Sepaktakraw Sebagai Pembelajaran Pendidikan Jasmani Bagi Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 43–58. https://doi.org/10.46368/dpkm.v2i1.540
  3. Basyiruddin, B., Hanif, A. S., Gani, A., Olahraga, F. I., Jakarta, U. N., Studi, P., Jasmani, P., Pahlawan, U., Tambusai, T., Keolahragaan, F. I., & Surabaya, U. N. (2021). Sosialisasi Sepak Takraw Kid ’ S di Lingkungan Dki Jakarta. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat 2021, 2021, 87–92.
  4. Gunadi, D. (2018). Peran Olahraga Dan Pendidikan JasmaniDalam Pembentukan Karakter. Jurnal Ilmiah SPIRIT, 18(3), 1–11. https://doi.org/10.36728/jis.v18i3.777
  5. Leppa, I., Ferawati, & Munandar, W. (2022). Survei minat siswa terhadap ekstrakurikuler sepaktakraw kelas IX SMP Negeri 1 Rindingallo Toraja Utara. Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), 114–120. https://doi.org/10.37289/kapasa.v2i2
  6. Nopiyanto, Y., & Pujianto, D. (2022). Pelatihan Olahraga Permainan Srampangan untuk Meningkatkan Aktivitas Fisik dan Nilai Kerja Sama bagi Anak-anak. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 198–204. https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i1.4808
  7. Nopiyanto, Y., Pujianto, D., Bagus Phambudi, K., Raibowo, S., Sari Kardi, I., Wibowo, C.. (2024). Meningkatkan Minat Berolahraga Melalui Sosialisasi Permainan Sepak Takraw di SD Negeri 106 Kota Bengkulu. Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(1), 226–233. https://doi.org/10.20956/pa.v8i1.24858
  8. Pradana, A. A. (2021). Strategi Pembentukan Karakter Siswa Pada Jenjang Pendidikan Dasar Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education, 3(1), 78–93. https://doi.org/10.51675/jp.v3i1.128
  9. Ramadhan, A., & Nopiyanto, Y. E. (2024). Development of Sepak Takraw Model Through TGFU to Improve Basic Athlete Junior in Playing Sepak Takraw. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 8(1), 131–138. https://doi.org/10.33369/jk.v8i1.33366
  10. Sulastri, S., Indrawati, A., Delvina, R., & ... (2023). Meningkatkan Pengetahuan Sepak Takraw Siswa di SD Negeri 2 Kota Bengkulu Melalui Sosialiasi Permainan Sepak Takraw. Jurnal Dharma Pendidikan dan Keolahragaan 3(1), 30–36. https://doi.org/10.33369/dharmapendidikan.v3i1.28815