Main Article Content

Abstract

Kebugaran merupakan aspek penting dalam perkembangan anak-anak, khususnya bagi siswa sekolah dasar. Di masa pertumbuhan ini, aktivitas fisik tidak hanya membantu mereka dalam membentuk tubuh yang sehat, tetapi juga berkontribusi terhadap perkembangan mental dan emosional yang optimal. Program siswa bugar ini merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan untuk menanamkan pembiasaan aktivitas fisik di sekolah melalui kegiatan senam pagi bersama secara rutin serta kegiatan ekstrakurikuler sepak takraw. Mitra pada kegiatan ini adalah SDN 79 Ujung Tanah, yang terletak di Kelurahan Ujung Tanah, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan. Kegiatan ini berlangsung selama 16 minggu yang juga merupakan bagian dari program kerja mahasiswa kampus mengajar di sekolah ini. Kegiatan ini berdampak positif pada siswa dan guru. Siswa melaporkan mereka lebih bugar dan lincah dalam bergerak setelah program ini dilaksanakan. Mereka juga merasa lebih akrab dan intens dalam berkomunikasi dan bekerja sama dengan teman-teman mereka di sekolah. Para guru juga melaporkan sikap positif mereka terhadap program aktivitas fisik yang dilaksanakan. Mereka memahami pentingnya mengembangkan aspek kesehatan fisik dan mental siswa secara menyeluruh. Mereka berkomitmen untuk tetap melanjutkan kegiatan dan bahkan akan menambah jika memungkinan.

Keywords

aktivitas fisik kebugaran jasmani sekolah dasar

Article Details

References

  1. Anwar, N. I. A., Mappanyukki, A. A., Hamzah, A., & Zulfikar, M. (2024). Pembiasaan Aktivitas Fisik melalui Program Kampus Mengajar Sekolah Dasar di Kabupaten Bone. Jurnal Dharma Pendidikan Dan Keolahragaan, 4(1), 9–16. https://doi.org/https://ejournal.unib.ac.id/dharmapendidikan/article/view/34286
  2. Aphamis, G., Giannaki, C. D., Tsouloupas, C. N., Ioannou, Y., & Hadjicharalambous, M. (2015). The relationship between physical fitness and obesity among a sample of adolescents in Cyprus. International Journal of Adolescent Medicine and Health, 27(4), 369–375. https://doi.org/10.1515/ijamh-2014-0054
  3. Carson, V., Hunter, S., Kuzik, N., Gray, C. E., Poitras, V. J., Chaput, J.-P., Saunders, T. J., Katzmarzyk, P. T., Okely, A. D., Connor Gorber, S., Kho, M. E., Sampson, M., Lee, H., & Tremblay, M. S. (2016). Systematic review of sedentary behaviour and health indicators in school-aged children and youth: an update. Applied Physiology, Nutrition, and Metabolism, 41(6 (Suppl. 3)), S240–S265. https://doi.org/10.1139/apnm-2015-0630
  4. Koščak Tivadar, B. (2017). Physical activity improves cognition: possible explanations. Biogerontology, 18(4), 477–483. https://doi.org/10.1007/s10522-017-9708-6
  5. Lewis, L., Maher, C., Katzmarzyk, P., & Olds, T. (2016). Individual and School‐Level Socioeconomic Gradients in Physical Activity in Australian Schoolchildren. Journal of School Health, 86(2), 105–112. https://doi.org/10.1111/josh.12357
  6. Myers, J., Kokkinos, P., & Nyelin, E. (2019). Physical Activity, Cardiorespiratory Fitness, and the Metabolic Syndrome. Nutrients, 11(7), 1652. https://doi.org/10.3390/nu11071652
  7. Neil-Sztramko, S. E., Caldwell, H., & Dobbins, M. (2021). School-based physical activity programs for promoting physical activity and fitness in children and adolescents aged 6 to 18. Cochrane Database of Systematic Reviews, 2021(9). https://doi.org/10.1002/14651858.CD007651.pub3
  8. Russ, L. B., Webster, C. A., Beets, M. W., & Phillips, D. S. (2015). Systematic Review and Meta-Analysis of Multi-Component Interventions Through Schools to Increase Physical Activity. Journal of Physical Activity and Health, 12(10), 1436–1446. https://doi.org/10.1123/jpah.2014-0244
  9. Saputra, A., Syaputra, W., Wanuddin, E., Basten, R. M., Dino, M. A. R., & Setiawan, R. B. (2024). Mengenalkan Teknik Dasar Sepak Takraw Melalui Sosialisasi Olahraga Sepak Takraw di SMP Negeri 20 Kota Bengkulu. Jurnal Dharma Pendidikan Dan Keolahragaan, 4(1), 24–29. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/dharmapendidikan.v4i1.34613
  10. Street, S. J., Wells, J. C. K., & Hills, A. P. (2015). Windows of opportunity for physical activity in the prevention of obesity. Obesity Reviews, 16(10), 857–870. https://doi.org/10.1111/obr.12306
  11. Sulastri, S., Indrawati, A., Delvina, R., Permana, D., Setiawan, D., & Sumardi, R. (2023). Meningkatkan Pengetahuan Sepak Takraw Siswa di SD Negeri 2 Kota Bengkulu Melalui Sosialiasi Permainan Sepak Takraw. Jurnal Dharma Pendidikan Dan Keolahragaan, 3(1), 30–36. https://doi.org/https://ejournal.unib.ac.id/dharmapendidikan/article/view/28815
  12. Zulfikar, M., Rahman, A., Anwar, N. I. A., & Mappanyukki, A. A. (2023). Sosialisasi Revitalisasi Keterampilan Gerak Dasar untuk Guru dan Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Bone melalui Program Kampus Mengajar. Jurnal Dharma Pendidikan Dan Keolahragaan, 3(1), 7–13. https://doi.org/https://ejournal.unib.ac.id/dharmapendidikan/article/view/27366