https://ejournal.unib.ac.id/dharmapendidikan/issue/feedJurnal Dharma Pendidikan dan Keolahragaan2023-08-04T02:24:44+00:00Yahya Eko Nopiyantoyahyaekonopiyanto@unib.ac.idOpen Journal Systems<p><strong>Jurnal Dharma Pendidikan dan Keolahragaan</strong> merupakan sarana bagi para guru, dosen, pelatih, praktisi olahraga, dan semua orang yang terlibat dalam pendidikan jasmani dan olahraga untuk mempublikasikan hasil pengabdian. Jurnal ini memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu-ilmu di bidang pengabdian kepada masyarakat. Kami mengundang dan menyambut baik kepada penulis yang akan mempublikasikan hasil pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan pelayanan dan pengembangan masyarakat, dengan format penulisan yang telah ditetapkan. Artikel yang masuk akan direview oleh reviewer sesuai dengan bidang ilmunya dan dipublikasikan pada bulan Mei dan Desember. <strong>Jurnal </strong><strong>Dharma Pendidikan dan Keolahragaan</strong> telah terindeks di Google Scholar.</p>https://ejournal.unib.ac.id/dharmapendidikan/article/view/25470Penerapan Tactical Periodization Bagi Pelatih Sepakbola di KPSI Jember untuk Meningkatkan Pemahaman dalam Membuat Program Latihan Mingguan 2023-05-03T23:12:16+00:00Rizki Apriliyantorizkiapriliyanto@unmuhjember.ac.idBahtiar Hari Hardovi bahtiarharihardovi@unmuhjember.ac.id<p>Upaya pengembangan performa pemain sepakbola harus dirancang sesuai dengan situasi dalam permainan, sehingga dalam pengambilan keputusan akan jauh lebih efektif berdasarkan pada kondisi dan konteks dalam permainan sepakbola. Pengambilan keputusan dalam bermain, cara menyerang dan bertahan, transisi adalah istilah dalam pengetahuan dan pemahaman taktik sepakbola. Konsep <em>tactical periodization</em> sendiri menganut konsep siklus mingguan dimana terbagi menjadi prinsip besar, sub prinsip, dan sub-sub prinsip dalam pelatihan sepakbola. Dari hasil sebaran angket melalui aplikasi <em>google form</em> sebanyak 78% pelatih tidak memahami periodisasi; 92,8% tidak pernah membuat program latihan; 96,5% belum pernah mengetahui istilah <em>tactical periodization</em>, dan sebanyak 83,9% pelatih menginginkan adanya kegiatan pelatihan <em>tactical periodization</em>. Melihat permasalahan tersebut, penulis melakukan kegiatan pengabdian dengan memberikan pelatihan dan <em>workshop</em> <em>tactical periodization</em> bagi pelatih sepakbola di Kabupaten Jember. Hasil pengabdian kepada masyarakat dapat diketahui sebanyak 83,6 % mampu membuat <em>tactical periodization</em> dan sebanyak 16,4 % belum bisa membuat <em>tactical periodization</em> secara utuh. Hal ini menjadi wajar mengingat peserta dari berbagai latar belakang yang berbeda sehingga dalam membuat <em>tactical periodization</em> bergantung dari tingkat pemahaman masing-masing peserta.</p>2023-05-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 Rizki Apriliyanto, Bahtiar Hari Hardovi https://ejournal.unib.ac.id/dharmapendidikan/article/view/27366Sosialisasi Revitalisasi Keterampilan Gerak Dasar untuk Guru dan Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Bone melalui Program Kampus Mengajar2023-05-06T01:38:35+00:00Muhammad Zulfikarmuh.zulfikar@unm.ac.idHasmyatihasmyati@unm.ac.idAbdul Rahmanabd.rahman@unm.ac.idHaerilhaeril@unm.ac.idNur Indah Atifah Anwarnurindah@unm.ac.idAndi Atssam Mappanyukkiandi.atssam@unm.ac.id<p>Keterampilan gerak dasar merupakan pondasi penting bagi siswa sekolah dasar bagi keterlibatan mereka pada aktivitas fisik di masa depan mereka. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan upaya memberikan pengetahuan mendalam terkait pentingya keterampilan gerak dasar untuk masa depan siswa serta integrasinya ke dalam kehidupan sekolah. Permasalahan mitra di dalam kegiatan ini yaitu masih kurangnya pemahaman dan minimnya integrasi keterampilan gerak dasar dalam kegiatan sekolah tentang keterampilan gerak dasar baik oleh guru pendidikan jasmani serta seluruh elemen sekolah lainnya. Mitra dalam kegiatan ini yaitu SDN 198 Cinennung, Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan. Kegiatan sosialisasi berlangsung melalui 4 tahapan yaitu: (1) Pemaparan materi terkait urgensi keterampilan gerak dasar, (2) pemaparan materi terkait keterampilan gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif berbasis teori keterampilan gerak dasar (3) pemaparan materi terkait integrasi pembelajaran keterampilan gerak dasar dalam kehidupan sekolah, dan (4) praktik implementasi pembelajaran keterampilan gerak dasar kepada siswa. Kegiatan ini memberikan hasil berupa pemahaman mendalam seluruh elemen sekolah terhadap pentingya keterampilan gerak dasar. Pemahaman tersebut selanjutnya dioptimalkan dengan pelaksanaan contoh implementasi pengetahuan ke dalam praktik kegiatan sekolah.</p>2023-05-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 Muhammad Zulfikar, Hasmyati, Abdul Rahman, Haeril, Nur Indah Atifah Anwar, Andi Atssam Mappanyukkihttps://ejournal.unib.ac.id/dharmapendidikan/article/view/27374PkM Pola Hidup Sehat dan Aktivitas Fisik Sebagai Upaya Penurunan Angka dan Pencegahan Stunting Pada Anak2023-05-05T15:49:57+00:00Haeril Haerilhaeril@unm.ac.idAbdul Rahmanabd.rahman@unm.ac.idIchsani IchsaniIchsani@unm.ac.idMuhammad Zulfikarmuh.zulfikar@unm.ac.idDarul Husnuldarulhusnul@unm.ac.id<p>Stunting pada anak merupakan masalah gizi kronis yang umum terjadi di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Untuk mencapai standar kesehatan yang baik maka diperlukan adanya proses pengelolaan lingkungan sekitar dan aktivitas harian yang tercermin dalam gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat merupakan gaya hidup masyarakat yang menjunjung tinggi aspek-aspek kesehatan seperti pengelolaan kebersihan dan kesehatan lingkungan, menjaga kebugaran fisik dan psikis dan pemberian asupan nutrisi yang cukup, sehingga tercapai standar kesehatan yang baik. Tujuan dari pengabdian pengabdian kepada masyarakat untuk memberikan pengetahuan serta pemahaman pola hidup sehat dan aktivitas fisik yang teratur untuk penurunan angka dan pencegahan stunting. Metode yang dilakukan dalam pengabdian kepada masyarakat yaitu <em>workshop</em>, sosialisasi, demonstrasi, dan media sosial. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat juga dilakukan pengukuran indeks massa tubuh siswa untuk mengetahui status gizi. Peningkatan pengetahuan stunting, poa hidup sehat dan perilaku aktivitas fisik pada anak merupakan dua hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Stunting adalah masalah gizi kronis pada anak yang dapat menyebabkan pertumbuhan tubuh yang tidak optimal dan berdampak pada kesehatan dan perkembangan anak yang buruk. Sedangkan perilaku aktivitas fisik yang kurang pada anak dapat meningkatkan risiko terjadinya stunting dan masalah kesehatan lainnya.</p>2023-05-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 Haeril Haeril, Abdul Rahman, Ichsani Ichsani, Muhammad Zulfikar, Darul Husnulhttps://ejournal.unib.ac.id/dharmapendidikan/article/view/27216Sosialisasi Permainan Tradisional Gobak Sodor Pada Anak-Anak Di Desa Pekik Nyaring2023-05-03T23:19:58+00:00Mas'ullah Andriyanimasullahandriyani@gmail.comAnnisa Pramadanitaannisapramadanita@gmail.comNurhidayaninurhidayani@gmail.comYahya Eko Nopiyantoyahyaekonopiyanto@unib.ac.id<p>Pengabdian di Desa Pekik Nyaring Kec. Pondok Kelapa Kab. Bengkulu Tengah ini mempunyai tujuan untuk mengetahui sejauh mana anak-anak di Desa pekik nyaring mengenal permainan tradisional gobak sodor. Pengetahuan mereka tentang permainan tradisional gobak sodor awalnya kurang tetapi setelah dilakukannya sosialisasi anak-anak menjadi terampil dalam melakukan permainan tradisional gobak sodor. Pada sosialisasi ini tim pengabdi menggunakan metode ceramah, demonstrasi, diskusi dan evaluasi. Sosialisasi ini dilakukan pada tanggal 16 Mei 2022. Peserta yang mengikuti kegiatan sosialisasi ini berjumlah 31 orang dari seluruh jumlah anak-anak yang ada didesa Pekik Nyaring. Sosialisasi dilakukan pada sore hari yaitu pada pukul 16:00-17:30 WIB. Bentuk kegiatan yang dilakukan yaitu berupa Modifikasi permainan Gobak Sodor yang berada di Desa Pekik Nyaring Kabupaten Bengkulu Tengah. Pada kegiatan sosialisasi ini tim Pengabdi menggunakan 4 indikator yaitu Keterampilan, Kerja Sama, Belajar dan Displin. Hasil sosialisasi yang sudah dilakukan tim pengabdi terhadap anak-anak di desa Pekik Nyaring Berhasil sehingga berjalan dengan lancar dan baik.</p>2023-05-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 Mas'ullah Andriyani, Annisa Pramadanita, Nurhidayani, Yahya Eko Nopiyantohttps://ejournal.unib.ac.id/dharmapendidikan/article/view/28815Meningkatkan Pengetahuan Sepak Takraw Siswa di SD Negeri 2 Kota Bengkulu Melalui Sosialiasi Permainan Sepak Takraw2023-08-04T02:24:44+00:00Sulastri Sulastrisulastriiphsl@gmail.comAsri Indrawatiasri@gmail.comRiska Delvinariska@gmail.comDiki Permanadiki@gmail.comDoni Setiawandoni@gmail.comRholan Sumardirholan@gmail.com<p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Permasalahan utama yang dihadapi mitra adalah peserta didik SD Negeri 2 Kota Bengkulu adalah masih rendahnya tingkat pengetahuan permainan Sepak takraw. Peserta dalam kegiatan pelatihan inil adalah 21 peserta yang mana terdiri dari peserta didik laki-laki dan peserta didik perempuan yang berusia 10-12 tahun. Kegiatan pengabdiann ini dilaksanakan pada 14 Desember 2022, waktu 08.00–11.30 WIB. Tahapan dalam kegiatan ini adalah melakukan perizinan kepada pihak sekolah, presentasi dan pengisian angket untuk melihat tingkat pengetahuan permaian sepak takraw, praktek dan pendampingan, perlombaan sepak takraw melalui modifikasi permainan sepak takraw dan evaluasi. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah deskriptif kualitatif, diamana dalam kegiatan ini terdiri dari; ceramah, pengisian angket, diskusi, demonstrasi dan evaluasi. Berdasarkan hasil analisis pada kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa sosialisasi (pengabdian kepada masyarakat) diterima dengan baik dan bisa manjadi sarana bagi SD Negeri 2 Kota Bengkulu untuk memulai mengenal dan melakukan permainan sepak takraw.</p>2023-05-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 Sulastri Sulastri, Asri Indrawati, Riska Delvina, Diki Permana, Doni Setiawan, Rholan Sumardi