Main Article Content
Abstract
This study aims to describe the application of the task-based demonstration method and to describe the effectiveness of the application of the task-based demonstration method to increase creativity and learning achievement in the tenth grade Chemistry subject at SMA Negeri 1 Kikim Timur. The research method used is Classroom Action Research (CAR) and quasi-experimental. The subjects of this study were students of class X at SMA Negeri 1 Kikim Timur in the second semester of the 2019/2020 academic year. The data collection method in this study used a task-based demonstration method observation sheet, creativity observation sheet, and learning outcomes test. The results of the study indicate that the application of the task-based demonstration method can increase creativity, learning achievement and effectively improve student learning outcomes in class X Chemistry at SMA Negeri 1 Kikim Timur.
PENERAPAN METODE DEMONSTRASI BERBASISTUGAS UNTUK MENINGKATKANKREATIVITAS DANPRESTASI BELAJAR
(Studi pada Mata PelajaranKimia Kelas X di SMA Negeri 1 KikimTimur)
Keywords
Article Details
References
- Bandung: PT Remaja.
- Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Penerbit Bumi Aksara.
- Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar- dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta : Penerbit Bumi Aksara.
- Daryanto. 2009. Demonstrasi sebagai Metode Belajar.Jakarta. Depdikbud.
- Djamarah, Bahri, Syaiful. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
- Gagne, Robert M. terj. Abdillah Hanafi. Prinsip-Prinsip Belajar untuk Pengajaran. Surabaya: Usaha Offset Printing, 1988.
- Gunarso Arif.2012. Pengertian Prestasi Belajar Menurut Beberapa Ahli(Artikel). Jakarta.
- Hurlock, E.B. 1992. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan(terjemahan: Istiwijayanti dan Soedjarwo). Jakarta:Erlangga
- Munandar, Utami. 1990. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Grasindo
- Muslich, Masnur. 2011. Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.
- Nurgayah. 2010. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Aspek Akhlak Dengan Metode Demonstrasi Dan bermain peran di Kelas X 1 SMA Negeri 1Siantan. Tesis. Medan: Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Sumatera Utara.
- Republik Indonesia, Undang-undang Dasar 1945 , hasil Amandemen dan Proses Amandemen UUD 1945, Cet V; Jakarta: Sinar Grafika, 2008.
- Sanjaya, Wina. 2009.Kurikulum dan Pembelajaran, Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP),Edisi. I; Cet. II; Jakarta: Penerbit, Kencana Prenada Media Group
- Sukmadinata, Nana Syaodih. 2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Sugiyono. 2007. Model Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Syah, Muhibbin. 1995. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdikarya.
- Tu?u,Tulus. 2013. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa.Jakarta:Rineka Cipta.
- Winkel, W.S. 1991. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Grasindo
References
Bandung: PT Remaja.
Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Penerbit Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar- dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta : Penerbit Bumi Aksara.
Daryanto. 2009. Demonstrasi sebagai Metode Belajar.Jakarta. Depdikbud.
Djamarah, Bahri, Syaiful. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Gagne, Robert M. terj. Abdillah Hanafi. Prinsip-Prinsip Belajar untuk Pengajaran. Surabaya: Usaha Offset Printing, 1988.
Gunarso Arif.2012. Pengertian Prestasi Belajar Menurut Beberapa Ahli(Artikel). Jakarta.
Hurlock, E.B. 1992. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan(terjemahan: Istiwijayanti dan Soedjarwo). Jakarta:Erlangga
Munandar, Utami. 1990. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Grasindo
Muslich, Masnur. 2011. Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurgayah. 2010. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Aspek Akhlak Dengan Metode Demonstrasi Dan bermain peran di Kelas X 1 SMA Negeri 1Siantan. Tesis. Medan: Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Sumatera Utara.
Republik Indonesia, Undang-undang Dasar 1945 , hasil Amandemen dan Proses Amandemen UUD 1945, Cet V; Jakarta: Sinar Grafika, 2008.
Sanjaya, Wina. 2009.Kurikulum dan Pembelajaran, Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP),Edisi. I; Cet. II; Jakarta: Penerbit, Kencana Prenada Media Group
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2007. Model Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syah, Muhibbin. 1995. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdikarya.
Tu?u,Tulus. 2013. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa.Jakarta:Rineka Cipta.
Winkel, W.S. 1991. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Grasindo