Main Article Content

Abstract

This study aims to describe the application of the brainstorming learning method to improve students’ logical thinking skills and learning achievement in Indonesian language subjects in class XI IPA I SMA N I Pajar Bulan, Lahat Regency.  The research design used is classroom action research and quasi-experimental research.  The research subjects were students of class XI IPA I SMA N I Pajar Bulan in the odd semester of the 2020/2021 school year.  The quasi-experimental samples are class XI IPA 2 and class XI IPA 3 at SMA N I Pajar Bulan.  This research instrument uses observation sheets and tests.  Research data were analyzed by descriptive statistics, average (mean), percentage, and t-test.  The results showed that the application of the brainstorming learning method could improve logical thinking and student achievement in class XI IPA I at SMA N I Pajar Bulan, Lahat Regency.

Keywords

Brainstorming Learning Method Logical Thinking chievement Learn

Article Details

Author Biography

Ani Nopiarni, SMA N 1 Pajar Bulan Kabupaten Lahat

SMA N 1 Pajar Bulan Kabupaten Lahat

How to Cite
Ani Nopiarni. (2022). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING (CURAH PENDAPAT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS DAN PRESTASI BELAJAR. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 12(2), 340–352. https://doi.org/10.33369/diadik.v12i2.24755

References

  1. Akhadiah, Sabarti dkk.2012.Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia.Jakarta: Erlangga.
  2. Anitah, Sri dkk. 2011. Strategi Pembelajaran di SD.Jakarta: UniversitasTerbuka.
  3. Andriawan, B. 2014. Identifikasi kemampuan Berpikir Logis dalam Pemecahan Masalah matematika Pada Siswa Kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Sidoardjo Jurnal Mathedunesa, 3 (2).
  4. Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi 2010. Jakarta: PT Rineka Cipta.
  5. ________. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
  6. ________. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta : PT Rineka Cipta
  7. _______. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
  8. ________. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Jakarta: Rineka Cipta.
  9. Bakhri Djamarah, Syaiful. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional
  10. Buchori dan Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek, Jakarta: Prestasi Pustaka
  11. Chang, William. 2014. Metodologi Penulisan Ilmiah. Teknik Penulisan Esai, Skripsi, Tesis, dan Disertasi untuk Mahasiswa. Jakarta: Erlangga.
  12. Depdiknas, 2005.Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta ; Departemen Pendidikan Nasional
  13. Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta.
  14. Djunaidi Ghony,2008, Penelitian Tindakan Kelas, Malang: UIN-Malang.
  15. Ekawarna. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Selatan: REFERENSI (GP Press Group)Ernnis, R.H .2005. Critical Thinking.USA Bright Minds.
  16. FauzatulMa‟rufahRohmanurmeta,dkk, Pengaruh Metode Brainstorming Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Interaktif”.Jurnal Dimensi Pendidikandan Pembelajaran. Vol. 4 No 2 Juli 2016.
  17. Fauziyyah Amin, Diah Nur. 2016. Penerapan Metode Curah Gagasan (Brainstorming) Untuk meningkatkan Kemampuan Pendapat Siswa”.Pendidikan Sejarah. Vol. 5 No. 2 hal: 4
  18. Gunarso.1993.Prestasi Belajar. Yogyakarta: Gramedia
  19. Hamalik,.O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
  20. Hamdani.2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setis.
  21. Iriawan, Nur , Astuti, Septin Puji, 2006, Mengolah Data Statistik dengan mudah menggunakan Minitab 14, yogyakarta: ANDI, 2006
  22. Johnson, E. B. 2007. Conrextual Teaching And Learning (Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna). Mizan Learning Center (MLC). Bandung.
  23. Karli, H dan Yuliariatiningsih, M.S. 2004.Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung:BinaMedia Informasi.
  24. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  25. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Bahasa Indonesia untuk SMA/SMK Kelas XI (Edisi Revisi). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  26. Kunandar,2008, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta: Rajawali Pers.
  27. Masganti Sitorus, 2011, Metodologi Penelitian Pendidikan Islam, Medan: IAIN Press.
  28. Munandar, U. (1999). Kreativitas dan Keberbakatan: Strategi MewujudkanPotensi Kreatif dan Bakat.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama