Main Article Content
Abstract
This study aims to describe the application of the brainstorming learning method to improve students’ logical thinking skills and learning achievement in Indonesian language subjects in class XI IPA I SMA N I Pajar Bulan, Lahat Regency. The research design used is classroom action research and quasi-experimental research. The research subjects were students of class XI IPA I SMA N I Pajar Bulan in the odd semester of the 2020/2021 school year. The quasi-experimental samples are class XI IPA 2 and class XI IPA 3 at SMA N I Pajar Bulan. This research instrument uses observation sheets and tests. Research data were analyzed by descriptive statistics, average (mean), percentage, and t-test. The results showed that the application of the brainstorming learning method could improve logical thinking and student achievement in class XI IPA I at SMA N I Pajar Bulan, Lahat Regency.
Keywords
Article Details
References
- Akhadiah, Sabarti dkk.2012.Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia.Jakarta: Erlangga.
- Anitah, Sri dkk. 2011. Strategi Pembelajaran di SD.Jakarta: UniversitasTerbuka.
- Andriawan, B. 2014. Identifikasi kemampuan Berpikir Logis dalam Pemecahan Masalah matematika Pada Siswa Kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Sidoardjo Jurnal Mathedunesa, 3 (2).
- Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi 2010. Jakarta: PT Rineka Cipta.
- ________. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
- ________. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta : PT Rineka Cipta
- _______. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
- ________. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Jakarta: Rineka Cipta.
- Bakhri Djamarah, Syaiful. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional
- Buchori dan Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek, Jakarta: Prestasi Pustaka
- Chang, William. 2014. Metodologi Penulisan Ilmiah. Teknik Penulisan Esai, Skripsi, Tesis, dan Disertasi untuk Mahasiswa. Jakarta: Erlangga.
- Depdiknas, 2005.Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta ; Departemen Pendidikan Nasional
- Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta.
- Djunaidi Ghony,2008, Penelitian Tindakan Kelas, Malang: UIN-Malang.
- Ekawarna. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Selatan: REFERENSI (GP Press Group)Ernnis, R.H .2005. Critical Thinking.USA Bright Minds.
- FauzatulMa‟rufahRohmanurmeta,dkk, Pengaruh Metode Brainstorming Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Interaktif”.Jurnal Dimensi Pendidikandan Pembelajaran. Vol. 4 No 2 Juli 2016.
- Fauziyyah Amin, Diah Nur. 2016. Penerapan Metode Curah Gagasan (Brainstorming) Untuk meningkatkan Kemampuan Pendapat Siswa”.Pendidikan Sejarah. Vol. 5 No. 2 hal: 4
- Gunarso.1993.Prestasi Belajar. Yogyakarta: Gramedia
- Hamalik,.O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
- Hamdani.2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setis.
- Iriawan, Nur , Astuti, Septin Puji, 2006, Mengolah Data Statistik dengan mudah menggunakan Minitab 14, yogyakarta: ANDI, 2006
- Johnson, E. B. 2007. Conrextual Teaching And Learning (Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna). Mizan Learning Center (MLC). Bandung.
- Karli, H dan Yuliariatiningsih, M.S. 2004.Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung:BinaMedia Informasi.
- Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Bahasa Indonesia untuk SMA/SMK Kelas XI (Edisi Revisi). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Kunandar,2008, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta: Rajawali Pers.
- Masganti Sitorus, 2011, Metodologi Penelitian Pendidikan Islam, Medan: IAIN Press.
- Munandar, U. (1999). Kreativitas dan Keberbakatan: Strategi MewujudkanPotensi Kreatif dan Bakat.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
References
Akhadiah, Sabarti dkk.2012.Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia.Jakarta: Erlangga.
Anitah, Sri dkk. 2011. Strategi Pembelajaran di SD.Jakarta: UniversitasTerbuka.
Andriawan, B. 2014. Identifikasi kemampuan Berpikir Logis dalam Pemecahan Masalah matematika Pada Siswa Kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Sidoardjo Jurnal Mathedunesa, 3 (2).
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi 2010. Jakarta: PT Rineka Cipta.
________. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
________. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta : PT Rineka Cipta
_______. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
________. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Jakarta: Rineka Cipta.
Bakhri Djamarah, Syaiful. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional
Buchori dan Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek, Jakarta: Prestasi Pustaka
Chang, William. 2014. Metodologi Penulisan Ilmiah. Teknik Penulisan Esai, Skripsi, Tesis, dan Disertasi untuk Mahasiswa. Jakarta: Erlangga.
Depdiknas, 2005.Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta ; Departemen Pendidikan Nasional
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta.
Djunaidi Ghony,2008, Penelitian Tindakan Kelas, Malang: UIN-Malang.
Ekawarna. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Selatan: REFERENSI (GP Press Group)Ernnis, R.H .2005. Critical Thinking.USA Bright Minds.
FauzatulMa‟rufahRohmanurmeta,dkk, Pengaruh Metode Brainstorming Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Interaktif”.Jurnal Dimensi Pendidikandan Pembelajaran. Vol. 4 No 2 Juli 2016.
Fauziyyah Amin, Diah Nur. 2016. Penerapan Metode Curah Gagasan (Brainstorming) Untuk meningkatkan Kemampuan Pendapat Siswa”.Pendidikan Sejarah. Vol. 5 No. 2 hal: 4
Gunarso.1993.Prestasi Belajar. Yogyakarta: Gramedia
Hamalik,.O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Hamdani.2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setis.
Iriawan, Nur , Astuti, Septin Puji, 2006, Mengolah Data Statistik dengan mudah menggunakan Minitab 14, yogyakarta: ANDI, 2006
Johnson, E. B. 2007. Conrextual Teaching And Learning (Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna). Mizan Learning Center (MLC). Bandung.
Karli, H dan Yuliariatiningsih, M.S. 2004.Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung:BinaMedia Informasi.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Bahasa Indonesia untuk SMA/SMK Kelas XI (Edisi Revisi). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kunandar,2008, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta: Rajawali Pers.
Masganti Sitorus, 2011, Metodologi Penelitian Pendidikan Islam, Medan: IAIN Press.
Munandar, U. (1999). Kreativitas dan Keberbakatan: Strategi MewujudkanPotensi Kreatif dan Bakat.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama