Main Article Content

Abstract

This study aims to describe the influence of the lectora inspire media on the learning achievement of students in mathematics learning about measuring the angle of class IV public elementary school number 2 Pagaralam. This study used a Quasi Experimental Design method with a pretest-posttest control group design. The population in this study amounted to 41 students of class IV, with a sample of class IV A which was taken using the proportion sampling technique. The instruments used in this study were tests. The data analysis used in this research is normality test, homogeneity test and hypothesis test. The results of this study can be concluded that there is a significant effect of the use of lectora inspire-based media on the achievement learning of students

Keywords

Influence Media Lectora Inspire Learning Achievement

Article Details

Author Biography

Fathurrahman Wiranata, SD Negeri 02 Kota Pagaralam

SD Negeri 02 Kota Pagaralam

How to Cite
Fathurrahman Wiranata. (2022). PENGARUH MEDIA BERBASIS LECTORA INSPIRE TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 12(2), 444–452. https://doi.org/10.33369/diadik.v12i2.24775

References

  1. Handayani., 2013. Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Menggunakan Metode Role Playing pada Siswa Kelas V SD Negeri Playen III. Skripsi, Yogyakarta: FKIP Universitas Negeri Yogyakarta.
  2. Harismi, A., 2020. Indikator Prestasi Belajar Anak dan Faktor yang Mempengaruhinya.https://www.sehatq.com/artikel/indikato r-prestasi-belajar-anak-dan-faktor-yang- memengaruhinya, diunduh 23 Januari 2021.
  3. Indarti, L. H., 2019. Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SD Negeri 129
  4. Palembang pada Materi Penyajian Data dengan Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Power Point. Skripsi, Palembang: FKIP Universitas Negeri Sriwijaya.
  5. Laksono, S, E., 2009. Pengaruh Motivasi dan Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada Kelas XII IPS SMA Negeri 1
  6. Sulang Rembang. Skripsi, Semarang: Universitas Negeri Semarang.
  7. Nugraha, Y. C., 2019. Pengaruh Model Index Card Match terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika tentang Bangun Datar Kelas IV SD Negeri 140 Palembang. Skripsi, Palembang: FKIP Universitas Negeri Sriwijaya.
  8. Ovinka, V, T., 2019. Matematika Dianggap “Momok” vagi sebagian Siswa. https://www.kompasiana.com/vinesyata lia/5d4d0ad80d82302ae57592e2/matem atika-dianggap-momok-bagi-sebagian- siswa, diunduh 22 Januari 2021.
  9. Pasaribu, N. D. D., 2019. Penggunaan Media Berbasis Lectora Inspire untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Subtema Perubahan Kalor di Sekitar Kita di Kelas V SD Negeri129 Palembang. Skripsi, Palembang: FKIP Universitas Negeri Sriwijaya.
  10. Prahangi, T., 2019. Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasi Belajar Peserta Didik Kelas 4 Menggunakan Media Lectora Inspire Materi Pengukuran Sudut SD Negeri 24 Palembang. Skripsi, Palembang: FKIP Universitas Negeri Sriwijaya.
  11. Primadona, H; Nehru; Wawan Kurniawan.
  12. Perbandingan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Lectora Inspire dan Powerpoint pada Materi Momentum dan Impuls kelas X SMAN 3 Muaro Jambi. Jurnal Ilmiah. Univeristas Jambi.
  13. Putrin, D., 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Subtema Komponen Ekosistem terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 157 Palembang. Skripsi, Palembang: FKIP Universitas Negeri Sriwijaya.
  14. Rahayu, E, D., 2014. Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Kombinasi Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir dengan Game Jcross Pada Mapel IPS Kelas VIII di SMPN 1 Winong Pati Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi, Semarang: Universitas Negeri Semarang.
  15. Susanti; Zulfiana, A., Jenis-jenis Media dalam Pembelajaran. Jurnal, Sidoarjo: Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
  16. Zuhriya, A., 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Lectora Inspire untuk Melatih Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Skripsi, Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.