Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PPPW kelas XII UPW di SMKN 1 Kota Bengkulu . Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilanjutkan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII UPW 1 SMKN 1 Kota Bengkulu yang berjumlah berjumlah 32 siswa, sedangkan kelas XII UPW 2 sebagai kelas eksperimen berjumlah 32 siswa dan kelas XII UPW 3 sebagai kelas kontrol berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktifitas guru dalam menerapkan model pembelajaran, kemampuan berpikir kritis, dan tes tertulis untuk mengukur prestasi belajar siswa. Tehnik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi dan tes, analisis data menggunakan skor rata-rata dan uji-t yang terdiri dari uji beda antar siklus dan uji beda dua sampel yang tidak berhubungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar serta efektifitas prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Perencanaan pengelolaan perjalanan wisata kelas XII UPW SMKN 1 Kota Bengkulu

Keywords

Model Problem Based Learning Kemampuan Berpikir Kritis Prestasi Belajar

Article Details

Author Biographies

Alyna

SMK Negeri 1 Kota Bengkulu

Buyung

Universitas Bengkulu

How to Cite
Alyna, & Buyung. (2023). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 13(2), 261–270. https://doi.org/10.33369/diadik.v13i2.31537

References

  1. Aunurrahman, 2009. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
  2. Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineke Cipta
  3. Ennis, 2012. Critical Thinking. New York: Prentice Hail. Inc.
  4. Fisher, Glaser. 2008. Berpikir Kritis. Sebuah Pengantar. Terjm. Benyamin Hadinata. Jakarta.: Erlangga
  5. Husnidar, Ennis, R.H. 2014. Critical Thinking. New York: Prentice Hail. Inc
  6. Karuniasih. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Pelajaran Geografi Siswa Kelas XII IPS 2 SMAN 8 Malang.Tesis, Malang, Universitas Negeri Malang
  7. Muhlis. 2005. Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Materi Realsitik Pokok Perbandingan: Bandung: Tesis Pps Unesa
  8. Nafiah. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Smk Kelas X Tkj. Tesis Unm. Malang
  9. Niema, 2016. Transpormasi Pendidikan Abad 21. Malang. Jurnal Universitas Negeri Malang
  10. Rusman, 2010. Tahap-Tahap Dalam Model Problem Based Learning
  11. Sanjaya, 2007. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
  12. Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana
  13. Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Belajar Dan Mengajar. Bandung: Rineka Cipta
  14. Suprijono, Agus. 2009. Cooverative Learning: Teori Dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.Tahun Pelajaran
  15. Susanti. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI IPS 1 SMA Batik Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013, Tesis, Surakarta, Universitas Sebelas Maret