Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PPPW kelas XII UPW di SMKN 1 Kota Bengkulu . Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilanjutkan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII UPW 1 SMKN 1 Kota Bengkulu yang berjumlah berjumlah 32 siswa, sedangkan kelas XII UPW 2 sebagai kelas eksperimen berjumlah 32 siswa dan kelas XII UPW 3 sebagai kelas kontrol berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktifitas guru dalam menerapkan model pembelajaran, kemampuan berpikir kritis, dan tes tertulis untuk mengukur prestasi belajar siswa. Tehnik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi dan tes, analisis data menggunakan skor rata-rata dan uji-t yang terdiri dari uji beda antar siklus dan uji beda dua sampel yang tidak berhubungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar serta efektifitas prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Perencanaan pengelolaan perjalanan wisata kelas XII UPW SMKN 1 Kota Bengkulu
Keywords
Article Details
References
- Aunurrahman, 2009. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
- Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineke Cipta
- Ennis, 2012. Critical Thinking. New York: Prentice Hail. Inc.
- Fisher, Glaser. 2008. Berpikir Kritis. Sebuah Pengantar. Terjm. Benyamin Hadinata. Jakarta.: Erlangga
- Husnidar, Ennis, R.H. 2014. Critical Thinking. New York: Prentice Hail. Inc
- Karuniasih. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Pelajaran Geografi Siswa Kelas XII IPS 2 SMAN 8 Malang.Tesis, Malang, Universitas Negeri Malang
- Muhlis. 2005. Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Materi Realsitik Pokok Perbandingan: Bandung: Tesis Pps Unesa
- Nafiah. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Smk Kelas X Tkj. Tesis Unm. Malang
- Niema, 2016. Transpormasi Pendidikan Abad 21. Malang. Jurnal Universitas Negeri Malang
- Rusman, 2010. Tahap-Tahap Dalam Model Problem Based Learning
- Sanjaya, 2007. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
- Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana
- Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Belajar Dan Mengajar. Bandung: Rineka Cipta
- Suprijono, Agus. 2009. Cooverative Learning: Teori Dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.Tahun Pelajaran
- Susanti. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI IPS 1 SMA Batik Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013, Tesis, Surakarta, Universitas Sebelas Maret
References
Aunurrahman, 2009. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineke Cipta
Ennis, 2012. Critical Thinking. New York: Prentice Hail. Inc.
Fisher, Glaser. 2008. Berpikir Kritis. Sebuah Pengantar. Terjm. Benyamin Hadinata. Jakarta.: Erlangga
Husnidar, Ennis, R.H. 2014. Critical Thinking. New York: Prentice Hail. Inc
Karuniasih. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Pelajaran Geografi Siswa Kelas XII IPS 2 SMAN 8 Malang.Tesis, Malang, Universitas Negeri Malang
Muhlis. 2005. Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Materi Realsitik Pokok Perbandingan: Bandung: Tesis Pps Unesa
Nafiah. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Smk Kelas X Tkj. Tesis Unm. Malang
Niema, 2016. Transpormasi Pendidikan Abad 21. Malang. Jurnal Universitas Negeri Malang
Rusman, 2010. Tahap-Tahap Dalam Model Problem Based Learning
Sanjaya, 2007. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Belajar Dan Mengajar. Bandung: Rineka Cipta
Suprijono, Agus. 2009. Cooverative Learning: Teori Dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.Tahun Pelajaran
Susanti. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI IPS 1 SMA Batik Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013, Tesis, Surakarta, Universitas Sebelas Maret