Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Empat Lawang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan metode kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Empat Lawang adalah 30 siswa sedangkan populasi dan sampelnya adalah kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen adalah 30 siswa dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol adalah 30 siswa. Penelitian ini menggunakan sampel total dengan metode observasi menggunakan lembar observasi aktivitas guru dalam menerapkan model pembelajaran, dan lembar observasi kemampuan berpikir kritis, serta tes tertulis untuk mengukur prestasi belajar siswa. Data yang diperoleh dianalisis berdasarkan jenis datanya dimana data kualitatif dianalis secara kualitatif dan data kuantitatif dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan rumus rata-rata dan uji-t sampel berpasangan untuk kelas PTK dan sampel independen untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan selama 3 siklus di kelas XI IPS 1, hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran, kemampuan berpikir kritis, dan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan selama penerapannya. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Empat Lawang

Keywords

Model snowball throwing berpikir kritis prestasi belajar

Article Details

Author Biographies

Sherly Paulina Sihite

SMA Negeri 1 Empat Lawang

Johanes Sapri

Universitas Bengkulu

How to Cite
Sherly Paulina Sihite, & Johanes Sapri. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 13(2), 271–279. https://doi.org/10.33369/diadik.v13i2.31539

References

  1. Aprianti.2011. Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dalam meningkatkan partisipasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Penelitian tindakan kelas peserta didik kelas XII.A di SMK 45 Lembang)
  2. Muhibbin, Syah. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Raya Grafindo Perkasa
  3. Rifa. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dalam meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Peneltian tindakan kelas pada peserta didik kelas X IPA-2 di SMA N 1 Tasikmalaya)
  4. Saminanto. 2010. Dalam Krisna.2012. Model Pembelajaran Snowball Throwing, [Online], tersedia: http://dataseverku.blogspot.com/2012/02/model- pembelajaran-snowball-throwing.html. [20/3/2022].
  5. Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
  6. Suprijono. 2009. Cooperative Learning. Surabaya: PSMS UNESA
  7. Surya, Hendra. 2011. Strategi Jitu Mencapai Kesuksesan Belajar. Jakarta: Gramedia