Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran Bermain Peran untuk meningkatkan kepercayaan diri dan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Keperawatan Menjelang Ajal dan Paliatif semester V STIKes Bhakti Husada Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Peneliatian Tindakan Kelas (PTK) dan kuasi eksperimen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kombinasi (Mixed Method Research) yang merupakan gabungan penelitian kaji tindakan (Action Research) dan penelitain eksperimen (Eksperiment Research). Tahap penelitian adalah 1) Tahap Perencanaan, 2) Tahap Implementasi, 3) Tahap Observasi 4) Tahap Refleksi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa kelas VA semester ganjil tahun 2021/2022 STIKes Bhakti Husada Bengkulu. Jumlah mahasiswa dalam kelas PTK berjumlah 25 orang, kelas experimen 25 orang dan kelas kontrol 25 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi dan tes, analisis data menggunakan skor rata-rata dan uji- t yang terdiri dari uji beda antar siklus dan uji beda dua sampel yang tidak berhubungan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model Bermain Peran dapat meningkatkan kepercayaan diri, prestasi belajar pada mata kuliah Keperawatan Menjelang Ajal dan Paliatif Semester V STIKes Bhakti Husada Bengkulu

Keywords

Model pembelajaran Bermain Peran Kepercayaan Diri Prestasi Belajar Keperawatan Menjelang Ajal dan Paliatif

Article Details

Author Biographies

Yuliza Andriyani Siregar

STIKes Bhakti Husda Bengkulu

Riyanto

Universitas Bengkulu

How to Cite
Yuliza Andriyani Siregar, & Riyanto. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DAN PRESTASI BELAJAR. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 13(2), 280–290. https://doi.org/10.33369/diadik.v13i2.31540

References

  1. Anisatul, Mufarokah, 2009. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta
  2. Arifin, Zaenal, 2009 Evaluasi Pembelajaran Jakarta Dirjen Pendidikan Islam. Depag
  3. Depdiknas, 2008 Keperawatan dan perawatan lingkungan, Jakarta. Depdiknas
  4. Ghufron, 2010. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineke Cipta
  5. Hajeniati 2020 Penerapan model Bermain Peran untuk meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa kelas VII SMP Negeri 1 Jonggat. 2016/2017
  6. Lina dan Klara, 2010 Panduan Menjadi Remaja Percaya Diri, Jakarta, Nobel Edu Media
  7. Mu’awanah, Laila. 2022 Omplementasi Metode Role Playing dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak untuk meningkatkan hasil belajar Peserta Didilk pada Materi Pokok Akhlak Terpuji Kelas IV Semester Genap di SD Islam AL- Firdaus Magelang Tahun Pelajaran 2-17/2018. Prosiding Konfersi nasional Ke-7 Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiya Aisyoyah (APPPTMA) Jakrta 23-24 maret 2022
  8. Muhibbin, Syah. 2000Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
  9. Rosmala, 2018.Metode Penelitian Kuantitatif. Medan:Cipta Pustaka Media
  10. Sarofah, 2015. penerapan model Bermain Peran untuk meningkatkan prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial (IPS) mahasiswa kelas V (studi multi kasus di MI Bendiljatiwetan Sumber gempol dan SDN 2 Kendalbulur, Boyolangau kabupaten Tulunggagung
  11. Sudjana, Nana, 2009. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo
  12. Usman, 2011. Suatu Pengantaran Metodologi, Salatiga: C.V Saudara
  13. Yan Vita 2016 “Penguatan Sikap Percaya Diri Melalui Dreams Book bagi mahasiswa: Tegalombo I UPT Dinas Pendidikan ,Kali Jambe