Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) perbedaan prestasi belajar antara peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan TGT , (2) interaksi antara model pembelajaran dan partisipasi terhadap prestasi belajar, (3) perbedaan prestasi belajar antara peserta didik yang memiliki partisipasi tinggi yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan TGT, dan (4) perbedaan prestasi belajar antara peserta didik yang memiliki partisipasi rendah yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan TGT. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 67 Lebong tahun ajaran 2021/2022 yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian ditentukan secara purposive dan undian dengan peserta didik kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data untuk prestasi belajar menggunakan metode tes, dan untuk partisipasi menggunakan angket. Uji hipotesis penelitian menggunakan anava dua jalur dengan bantuan SPSS. Hasil pengolahan data disimpulkan: (1) prestasi belajar peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih tinggi dari TGT, (2) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan partisipasi terhadap prestasi belajar, (3) prestasi belajar peserta didik dengan partisipasi tinggi yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih tinggi dari TGT dan (4) prestasi belajar peserta didik dengan partisipasi rendah yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih rendah dari TGT.

Keywords

Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT dan TGT partisipasi prestasi belajar

Article Details

Author Biographies

Riska Malini

SD Negeri 67 Lebong

Bayu Insanistyo

Universitas Bengkulu

How to Cite
Riska Malini, & Bayu Insanistyo. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN PARTISIPASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 13(2), 291–303. https://doi.org/10.33369/diadik.v13i2.31541

References

  1. Djamarah, Syaiful B. 2017. Prestasi Belajar Dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional
  2. Efendi, Oky. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MTs. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
  3. Habibi, Yuvardita & M Fachri Adnan. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU Vol 5 No 5 Halaman 3399-3412
  4. Hasibuan & Moedjiono. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  5. Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
  6. Huda, Miftahul. 2011. COOPERATIVE LEARNING: Metode, Teknik, Struktur Dan Model Terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  7. Kusumaningtias, Anyta. dkk. 2013. Pengaruh Problem Based Learning Dipadu Strategi Numbered Head Together Terhadap Kemampuan Metakognitif, Berpikir Kritis, Dan Kognitif Biologi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 2(1):33-47
  8. Muhibbin syah. 2010. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
  9. Nainiyati, Enis. 2021. Pembelajaran Inkuiri & NHT. Jawa Tengah: CV. Amerta Media
  10. Panggabean, Ichsan. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dan Aktivitas Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol 10 No 2 Hal 153-163
  11. Ramdani, Y. 2006. Kajian Pemahaman Matematika Melalui Etika Pemodelan Matematika. Jurnal Sosial dan Pembangunan , Volume XXII No. 1: 01 - 14.
  12. Restati, Nani. 2017. Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan Pada Siswa Yang Menyenangi Game. Jurnal Universitas Islam Sultan Agung
  13. Rochimawati, Nur & Kusmanto. 2016. Studi Komparasi Pembelajaran TGT dan NHT Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa Kelas VII SMPN 9 Yogyakarta. Union: Jurnal Pendiidikan Matematika Vol 4 No 1
  14. Rosyid, dkk. 2019. Prestasi Belajar. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.
  15. Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
  16. Soekisno, R. Bambang Aryan. 2009. Membangun Kemampuan Komunikasi Matematik dan Nilai Karakter Siswa melalui Benteng Pangajen Berbantuan Phet interactive simulation. Bandung: STKIP Siliwangi Bandung
  17. Suherman, Erman. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA Universitas Pendidikan Indonesia