Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan seperangkat asesmen kinerja untuk mengukur keterampilan proses sains siswa yang layak serta valid pada praktikum suhu dan perubahannya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian research and development dengan 2 kali uji lapangan yaitu uji coba terbatas dan uji luas. Subjek penelitian ini adalah siswa SMPN 05 Lebong kelas 7B sebagai sampel uji coba terbatas, SMPN 15 Lebong kelas 7B, SMPN 12 Lebong sebagai sampel uji luas. Validasi desain dilakukan dengan uji validasi oleh ahli ditinjau dari aspek materi, isi, bahasa dengan rata-rata kelayakan yang didapatkan sebesar 0,85 dan dinyatakan valid pada uji validasi. Hasil uji coba observasi keterampilan proses sains (KPS) pada uji coba terbatas dan uji luas mendapatkan persentase skor 81,11% untuk uji coba terbatas, dan 81,39% untuk uji luas. Adapun persentase performance asesssment (asesmen kinerja) di ketiga sekolah mendapatkan rata-rata presntase skor yang baik yaitu sebesar 80,25%.
Keywords
Article Details
References
- Ana Ratna Wulan. 2013. Penilaian Proses dan Hasil Belajar Kurikulum 2013: disajikan dalam Workshop pembahasan dan finalisasi naskah pendukung pembelajaran, direktorat sma, kemendikbud, 22 Agustus 2013
- Ari, dkk. 2015. Pengembangan Instrumen Performance Assessment Praktikum Bervisi Sets Untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains. Semarang: Universitas Negeri Semarang
- Dimyanti dan Mujiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta
- Nuryani. 1995. Pengembangan Keterampilan Proses dan Strategi Belajar Aktif (Makalah Penyuluhan dan Pengabdian Kepada Masyarakat). Bandung: IKIP Bandung
- Ramli, K. 2011. Skala Pengukuran dan Instrumen.
- Rustaman, 2004. Komponen Perancangan Arsitektur Lansekap. Jakarta: Bumi Aksara
- Sarwanto. 2009. Keteranampilan Proses Sains. Surakarta: Universitas Sebelas Maret
- Stiggins, R. J. 1994. Student-Centered Classroom Assessment. New York: Merrill
- Sudaryono. 2012. MetodePenelitia Pendidikan. Gramedia
- Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantittif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
- Susilawati. 2013. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatiha Wajib Pajak.Jurnal :Accunting and Management Innovation
- Uno, H. B. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
- Widya dan Noviyanti. 2016. Pengembangan Rubik Asesmen Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran IPA SMP. Lampung: IAIN Raden Intan
- Wren, D. G. 2009. Performance Assessment: A Key Component of Balanced Assessment System. Research Brief, Report From The Departement Research Evaluation, and Assessment, (2)
References
Ana Ratna Wulan. 2013. Penilaian Proses dan Hasil Belajar Kurikulum 2013: disajikan dalam Workshop pembahasan dan finalisasi naskah pendukung pembelajaran, direktorat sma, kemendikbud, 22 Agustus 2013
Ari, dkk. 2015. Pengembangan Instrumen Performance Assessment Praktikum Bervisi Sets Untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Dimyanti dan Mujiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Nuryani. 1995. Pengembangan Keterampilan Proses dan Strategi Belajar Aktif (Makalah Penyuluhan dan Pengabdian Kepada Masyarakat). Bandung: IKIP Bandung
Ramli, K. 2011. Skala Pengukuran dan Instrumen.
Rustaman, 2004. Komponen Perancangan Arsitektur Lansekap. Jakarta: Bumi Aksara
Sarwanto. 2009. Keteranampilan Proses Sains. Surakarta: Universitas Sebelas Maret
Stiggins, R. J. 1994. Student-Centered Classroom Assessment. New York: Merrill
Sudaryono. 2012. MetodePenelitia Pendidikan. Gramedia
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantittif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Susilawati. 2013. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatiha Wajib Pajak.Jurnal :Accunting and Management Innovation
Uno, H. B. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Widya dan Noviyanti. 2016. Pengembangan Rubik Asesmen Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran IPA SMP. Lampung: IAIN Raden Intan
Wren, D. G. 2009. Performance Assessment: A Key Component of Balanced Assessment System. Research Brief, Report From The Departement Research Evaluation, and Assessment, (2)